Cara Membuat Bakso Ayam Idaman Dan Mantap

Menu bakso memang merupakan salah satu menu yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Namun, meskipun tempat makan yang menyediakan menu ini sudah sangat banyak sekali namun menu ini tetap digemari oleh masyarakat kebanyakan. Nah, pernahkah anda berpikir untuk membuat bakso di rumah? Tentu ini merupakan salah satu tantangan tersendiri, terutama untuk ibu rumah tangga. Berikut kita akan membahas salah satu resep tentang cara membuat bakso ayam yang bisa anda coba. Pembuatan bakso ayam tentu saja sama dengan pembuatan bakso sapi hanya saja resep ini dipilih karena terbukti lebih sederhana untuk dibuat.


Bahan-bahan yang dibutuhkan

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat menu masakan ini. Bahan yang dibutuhkan tentu saja sangat sederhana dan bisa dengan mudah didapatkan di sekitar anda. Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- 1 kg daging ayam yang dipisahkan dari kulitnya
- 1 ons tepung kanji (bisa ditambahkan ketika kurang)
- Es batu secukupnya
- Bawang putih secukupnya
- 2 sdm bawang merah goreng
- Penyedap rasa
- ½ ons gula
- 1 sdt merica bubuk
- Telur ayam

Cara membuat bakso ayam

Setelah beberapa bahan sudah tersedia, selanjutnya adalah langkah untuk membuat bakso ayam. Ada beberapa poin yang harus dilakukan dengan berurutan seperti di bawah ini:

1. Iris lembut daging ayam. Campurkan daging tersebut dengan bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Campur hingga merata lalu masukkan ke dalam mesin penggilingan. Hasil penggilingan ini merupakan adonan utama untuk pembuatan bakso.

2. Setelah daging dengan bumbu yang lengkap tadi menjadi adonan, maka masukkan adonan tersebut ke dalam wadah yang cukup besar.

3. Uleni ulang adonan dan pastikan adonan kalis sehingga mudah untuk dibentuk.

4. Siapkan air hangat di dalam wadah panci untuk tempat bulatan bakso yang hendak dibuat.

5. Buatlah bulatan bakso dengan menggunakan sendok makan dengan ukuran sesuai dengan keinginan anda. Bulatan yang sudah jadi langsung dimasukkan ke dalam wadah berisi air hangat tersebut.

6. Setelah semua adonan selesai dibuat menjadi bulatan-bulatan bakso, maka panaskan air tersebut dengan api kompor yang tidak terlalu besar hingga mendidih dan bakso matang. Ciri bakso yang matang adalah bulatan yang telah mengapung di permukaan.

7. Jika bakso sudah matang, matikan api lalu tiriskan bakso dan biarkan hingga dingin.
Sembari menunggu bakso dingin, anda bisa membuat kuah untuk bakso tersebut.

bahan untuk membuat kuah adalah:

- 5 siung bawang putuh
- 3 buah bawang merah
- Daun bawang diiris halus
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya
- Kaldu ayam
- Gula secukupnya
- Air 1000 ml

Setelah bahan sudah siap, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan tersebut. Untuk mempermudah, anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender. Nah, setelah halus, sangrai bumbu sebentar hingga harum. Setelah itu, siapkan kaldu ayam.
Jika kaldu ayam sudah siap, masukkan bumbu ke dalam kaldu ayam tersebut dan tambahkan air secukupnya saja. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa secukupnya lalu masak dalam api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih, kuah siap untuk digunakan.

Untuk penyajian, ambil mangkok dan isi dengan mie bihun, mie kuning, tahu, dan pelengkap lain yang anda inginkan. Masukkan beberapa butir bakso ayam lalu guyur dengan kuah yang panas. Hidangkan dengan taburan bawang merah goreng dan daun bawang. Demikian cara membuat bakso ayam yang bisa anda praktekan di rumah!

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

0 komentar