Resep Bakso Tenis

Bakso adalah salah satu menu hidangan berkuah yang paling banyak digemari khususnya bagi masyarakat yang ada di Indonesia. hal tersebut dikarenakan bakso memiliki rasa yang nikmat terlebih kuahnya yang juga memiliki rasa khas dilidah. Dari berbagai macam jenis bakso maka ada salah satu sajian kreasi bakso yang juga paling banyak diincar yaitu bakso tenis. Bakso tenis ini sendiri dapat dibuat dengan menggunakan daging ayam maupun daging sapi. Meski bakso ini mudah untuk dijumpai dimana saja dan bahkan anda pun dapat menemukannya disekitar rumah anda. Namun hal tersebut juga tidak menghalangi masyarakat untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan bakso tenis. Untuk anda yang ingin bisa membuat sajian ini dirumah anda maka anda dapat menyimak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang resep bakso tenis. Bakso tenis ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan bahan yang sederhana yang mudah untuk ditemukan dimana saja. Dan cara untuk membuatnya pun juga tergolong mudah sehingga siapa saja dapat untuk mencoba membuatnya. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsing saja simak ulasannya dibawah ini.


Baca: Resep Membuat Bakso Ikan Tengiri

Bahan Bakso Tenis :

- Daging sapi 1 kilo gram (digiling)
- Tepung tapioka ¼ kilo gram (sagu atau aci atau kanji)
- Garam 1 sendok makan
- Merica bubuk 1 sendok teh
- Bawang putih 6 siung (digoreng)
- Air es 1 mangkok kecil
- Baking powder 2 sendok teh
- Penyedap rasa 2 sendok teh

Bahan Kuah Bakso Tenis :
- Tulang Sapi atau Jeroan atau Tetelan Sapi
- Bawang putih
- Kemiri
- Garam
- Merica
- Penyedap rasa

Baca: Resep Bakso Goreng Kopong

Cara Pembuatan Bakso Tenis :

1. Untuk pembuatan bakso yang pertama campurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan kemudian haluskan hingga menjadi adonan bakso.

2. Jika sudah menjadi adonan maka dapat dibentuk menjadi bola bola dengan ukuran sesuai selera.

3. Setelah itu rebus air dan masukkan adonan bola bola kedalamnya.

4. Apabila bakso mengapung maka dapat diangkat dan ditiriskan.

5. Untuk pembuatan kuah bakso maka yang dilakukan yaitu dengan mencampurkan seluruh bahan yang diperlukan seperti bawang putih, kemiri, garam, penyedap rasa dan merica kemudian dihaluskan dan ditumis dengan menggunakan sedikit air.

6. Setelah itu dapat langsung ditambahkan tulang sapi atau jeroan atau tetelan sapi kemudian tambahkan air sebagai kuahnya secukupnya.

7. Setelah itu bakso dapat disantap bersama dengan kuahnya.
Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari resep bakso tenis. Kini bakso tenis tersebut dapat disantap dengan tambahan pelengkap seperti kecap, saus dan juga sambal. Untuk anda yang ingin menambahkan beberapa pelengkap lainnya maka anda pun juga dapat menyantap bakso tenis ini beserta dengan mie kuning, mie bihun, irisan daun bawang dan beberapa pelengkap lainnya. kini dengan adanya resep diatas maka anda pun dapat membuat sajian bakso didapur anda. Dengan membuat bakso sendiri maka anda dapat menakar porsi sesuai yang diinginkan sehingga keluarga dapat menyantapnya sesuai porsi yang diinginkan. Bakso kuah tenis ini dapat dibuat dengan sangat mudah sehingga anda pun dapat meluangkan beberapa waktu saja untuk dapat membuatnya. Kini anda pun juga dapat menjadikan bakso tenis ini sebagai hidangan spesial bagi keluarga anda tercinta. Khususnya jika ternyata seluruh keluarga anda pun juga gemar mengonsumsi menu yang satu ini. bakso tenis juga dapat disajikan sebagai menu untuk beberapa acara keluarga.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Sajian Bakso Tahu Goreng Menambah Keharmonisan Keluarga Anda

0 komentar