Resep Dan Cara Membuat Bakso Titoti Yang Melegenda

Setujukah kalian bila bakso merupakan salah satu kuliner yang sangat mudah ditemukan diberbagai daerah di Indonesia ini? harganya yang terjangkau, membuatnya dapat dinikmati banyak kalangan. Rasa sedap, berkuah panas semakin menggiyurkan lidah. Wonogiri menjadi salah satu daerah yang terkenal akan kelezatan bakso serta mie ayamnya. Bahkan banyak orang Wonogiri merantau keberbagai daerah untuk mencoba peruntungan mereka berjualan bakso. Dari sekian banyak bakso Wonogiri yang ada tersebut, bakso Titoti menjadi warung bakso yang cukup melegenda. Bakso khas wonogiri ini menyajikan kualitas yang tidak berubah dan tetap sedap hingga saat ini. Ternyata kitapun dapat membuat bakso sendiri di rumah, ingin tahu caranya? Simak lebih lanjut.


Baca: Step By Step Membuat Bakso Bakar Sendiri Di Rumah, Praktis Banget!

Resep dan cara membuat bakso titoti

Bahan yang diperlukan untuk membuat bakso
- 2 kg daging sapi yang masih segar dan halus, jangan dicuci apalagi dimasukkan kedalam freezer.
- 16 butir telur ayam pisahkan antara kuning dan putih telurnya.
- 6 sdm tepung tapioka
- 2 sdt baking powder
- 2 sdt merica bubuk
- 10 siung bawang putih, kupas dan haluskan
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Bahan yang diperlukan untuk membuat kuah bakso
- 6 liter air
- 1 kg tetelan daging sapi, dapat ditambah sedikit lemak sapi dan tulang sapi
- 26 siung bawang putih
- 14 siung bawang merah
- 6 butir kemiri
- 2 sdt merica bubuk
- ½ sdt pala yang sudah dihaluskan
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Sedikit minyak goreng untuk menumis

Baca: Intip Yuk Resep Rahasia Bakso Boedjangan Yang Lumer Dimulut!

Cara membuat bakso khas Wonogiri

1. Pertama giling daging sapi hingga halus, kemudian tambahkan putih telur kedalamnya (kuning telur tidak dipakai). Bila adonan ini telah tercampur sempurna tambahkan tepung tapioka, merica bubuk dan baking powder.


2. Haluskan bawang merah dan bawang putih dan tumis hingga harum dan kecoklatan. Setelah itu angkat dan masukkan kedalam adonan tadi. Tak lupa masukkan garam serta penyedap rasa.

3. Uleni hingga merata menggunakan tangan, kurang lebih 1,5 jam. Semakin lama menguleni, semakin kenyal bakso yang dibuat.

4. Sementara menunggu selesai menguleni, didihkan air yang akan dibuat kuah tadi. Tak lupa masukkan pula tetelan dan tulang sapi tadi.

5. Proses selanjutnya adalah mencetak bakso, dapat menggunakan sendok atau menggunakan tangan. Berikan adonan ke tangan kiri lalu genggam, maka akan keluar pentol bakso dari sela ibu jari dan telunjuk, ambil menggunakan sendok dan masukkan kedalam air panas tadi.
6. Tunggu hingga bakso mengapung keatas permukaan air, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan proses tersebut hingga adonan habis.

Cara membuat kuah bakso

1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan (bawang merah, bawang putih dan kemiri) tumis hingga harum dan kecoklatan.

2. Masukkan bumbu tersebut kedalam air yang dipergunakan untuk membuat bakso tadi. Tak lupa tambahkan garam, penyedap rasa, pala dan merica bubuk.

3. Tes rasa dan matikan api

Membaca resep rahasia dari bakso asli Wonogiri ini membuat perut mendadak lapar ya. Banyak yang beranggapan bahwa bumbu yang diperlukan terlalu banyak, tapi semua tetap bergantung pada banyak sedikitnya daging sapi yang akan diolah menjadi bakso. Banyaknya bumbu inipula yang membuat bakso titoti lezat dengan rasa yang selalu terjaga.

Menghasilkan : 50 mangkok
Porsi : 50 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Waktu memasak : 3 jam

Baca: Resep Rahasia Cara Membuat Bakso Beranak Sendiri Di Rumah




0 komentar