Resep Membuat Bakso Kaget yang Super Nikmat

Bakso kaget adalah franchise dari Kingdom of meatball. Pusatnya terdapat di Bandung. Berbeda dengan bakso pada umumnya yang hanya berisi daging giling, bakso ini bisa membuat kalian kaget karena isinya bermacam-macam. Selain telur, ada udang, keju, jamur, jagung dan masih ada lagi yang lainnya. Bahkan, ada bakso yang isinya cabe. Benar-benar bikin kaget, bukan? Namun, justru keunikan inilah yang membuatnya semakin diminati. Tidak hanya di Bandung, bakso ini sudah dijual di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Jika kalian tertarik membuatnya, kami punya tips untuk membuat resepnya.


Baca: Belajar Membuat Bakso yang Sedap

Bahan yang Diperlukan untuk Bakso Kaget

Karena memiliki banyak sekali variasi isi, bakso ini juga memerlukan bahan yang lebih banyak dari bahan bakso pada umumnya. Kali ini, kita akan mencoba membuat rasanya sedikit pedas. Agar tidak penasaran, langsung saja persiapkan bahan-bahannya yaitu sebagai berikut:
- Daging giling sebanyak ½ kg
- Garam sebanyak 1 sendok
- Bubuk merica sebanyak ½ sendok
- Bawang putih sebanyak 5 biji
- Bawang merah sebanyak 10 biji
- Margarin sebanyak 3 sendok
- Bubuk pala sebanyak ¼ sendok
- Tepung maizena sebanyak 1 sendok
- Air sebanyak 250 ml
- Kaldu instan sebanyak ½ saset
- Tepung tapioca sebanyak 1 sendok (larutkan dengan air kira-kira 20 ml
- Udang sebanyak ¼ kg
- Jagung sebanyak ¼ kg
- Keju (bisa dikira-kira secukupnya, jika lebih bisa disimpan atau dimakan langsung)
- Cabe rawit sebanyak 1 ons

Bisa dilihat, betapa banyaknya bahan yang diperlukan. Setidaknya, ada 15 macam bahan untuk membuat resep bakso kaget ini. Setelah mempersiapkan semua bahan di atas, yang harus kalian lakukan adalah menghaluskan bumbu. Yang perlu dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih, dan garam.

Baca: Resep Rahasia Bakso Cuanki yang Super Enak

Langkah-langkah Membuat Bakso Kaget

Meskipun sepertinya terlihat rumit, namun bakso ini bisa dibuat dengan mudah. Jika sudah selesai dengan persiapan di atas, anda tinggal mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Pertama, panaskan air secukupnya ke panci, sambil dikira-kira seberapa banyak butuhnya.

2. Sambil menunggu matang, campur daging giling dengan tepung maizena, bubuk pala, garam dan bubuk merica. Campur hingga merata agar rasanya juga merata.

3. Setelah itu, masukkan isian bakso yang sudah dipersiapkan tadi. Kalian juga bisa menambahkan apa saja isiannya sesuai selera kalian, tapi tetap utamakan bahan di atas. Setelah semua dimasukkan, tutup dengan cara membuatnya menjadi bulatan bakso dan tunggu sampai air mendidih. Lalu, masukkan bakso tersebut ke dalam panci air tadi. Masukkan pelan-pelan agar air panas tidak mengenai tangan kalian.

4. Tunggu sampai semua bakso matang. Tandanya, jika bakso sudah mengapung artinya sudah matang. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan bakso tersebut semuanya.

5. Untuk membuat kuahnya, panaskan air di panci dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ditambah kaldu instan.

6. Jika sudah, tambahkan bawang goreng agar rasanya semakin sedap dan mantap.

Itulah cara membuat bakso kaget. Cukup simple dan mudah, bukan? Jadi, kalian bisa mempelajari dan mempraktekannya di rumah. Agar lebih nikmat, makanlah selagi masih panas atau hangat. Dengan bahan-bahan di atas, kita bisa membuat banyak bakso. Rinciannya adalah sebagai berikut.

Jumlah porsi : 15 hingga 25 porsi
Persiapan : 1 hingga 2 jam
Lama memasak : 2 hingga 3 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Bakar dengan Mudah


0 komentar