Cara Membuat Bakso Mangkok Sendiri Di Rumah Anti Ribet!

Bakso merupakan kuliner merakyat yang juga sangat mudah ditemukan diberbagai sudut kota manapun. Masyarakat Indonesia memang sudah tidak asing dengan kuliner bakso, akan tetapi tahukah kamu bahwa bakso ini bukan makanan asli tanah air kita? Bakso adalah makanan asli dari negeri tirai bambu alias China, akan tetapi kepopuleran bakso tetap melekat dalam kehidupan masyarakat ini. Seiring perkembangan jaman, baksopun ikut terupgrade menjadi lebih kece dibandingkan sebelumnya. Beberapa waktu lalu, sempat booming inovasi bakso terbaru yakni bakso beranak. Belum lama kemunculannya sekarang digeser dengan bakso mangkok. Bakso yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari bakso lainnya. Jadi kita dapat memakan bakso sekaligus bersama mangkok baksonya. Nah ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? gampang kok, ikuti saja resepnya berikut ini.


Baca: Belum Banyak Yang Tahu Dengan Resep Rahasia Kelezatan Bakso Jawir

Resep bakso mangkok

Bahan untuk membuat bakso
- 500 gram daging sapi segar yang halus
- Es batu secukupnya
- 1 putih putih telur
- 4 sdm tepung tapioka
- 1 sdm baking powder

Bumbu untuk bakso
- 6 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 sdm garam
- 1 sdm Penyedap rasa
- 1 sdt merica bubuk

Baca: Resep Dan Cara Membuat Bakso Titoti Yang Melegenda

Cara membuat bakso mangkok sendiri dirumah

1. Haluskan daging sapi bersama dengan es batu (dapat dihaluskan menggunakan blender).

2. Selanjutnya haluskan bawang merah dan bawang putih, dan tumis hingga harum.

3. Campurkan tepung tapioka dengan baking powder, masukkan bumbu yang telah ditumis dilanjutkan dengan memasukkan daging yang telah dihaluskan tadi. Uleni semua adonan ini hingga merata, lebih baik menguleninya langsung menggunakan tangan.

4. Tak lupa masukkan putih telur dan terus uleni hingga kalis dan tercampur. Semakin lama diuleni akan semakin kenyal nanti hasilnya.

5. Bila sudah, persiapkan air dan didihkan, saatnya mencetak bakso. Ambil mangkok dan olesi dengan sedikit minyak, ini dilakukan agar adonan bakso tidak lengket dimangkok. Masukkan adonan kedalam mangkok dan bentuk hingga menutupi semua permukaan mangkok.

6. Langkah akhirnya adalah ambil adonan berbentuk mangkok tersebut dan masukkan kedalam air yang telah mendidih. Tunggu hingga bakso mengapung kepermukaan, tandanya bakso telah matang. Angkat dan tiriskan.

7. Buat mangkok bakso sesuai selera dengan mengulangi proses pembuatannya tersebut. Selain membentuknya menjadi bakso mangkok, dapat pula membuat bakso pentol sebagai isian didalamnya nanti.

Bahan kuah bakso
- 500 gram tetelan daging sapi dapat ditambah tulang sapi secukupnya
- 2 liter air
- 6 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- ½ sdt merica
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- 2 batang daun bawang iris halus

Cara membuat kuah bakso

1. Haluskan bawang merah dan putih, kemudian tumis hingga harum dan kecoklatan.

2. Didihkan 2 liter air bersama dengan tetelan sapi dan tulang sapi, tunggu hingga kaldu keluar.

3. Masukkan bumbu yang telah ditumis tadi, tambahkan pula dengan merica, gula, garam dan penyedap rasa. Terakhir masukkan daun bawang yang telah diiris halus.

Untuk menyajikannya siapkan bakso mangkok, dan isi didalamnya dengan mie, irisan tahu dan sayur, tambahkan pentol bakso kemudian siram dengan kuah. Bakalan kalap makan sekaligus mangkoknya sekalian ya, tak lupa tambahkan kecap, saus dan sambal. Ternyata membuat bakso berbentuk mangkok ini sangat mudah bukan? Yakin tidak tertarik membuatnya sendiri di rumah? selamat mencoba!

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 1/2 jam
Waktu memasak : 2 jam

Baca: Step By Step Membuat Bakso Bakar Sendiri Di Rumah, Praktis Banget!




0 komentar