Cara Buat Bakso Daging Ayam Goyang Lidah Dengan Mudah

Kalau mendengar bakso sapi pasti sudah biasa tapi kalau bakso ayam? Mungkin belum banyak yang tahu. Cara buat bakso ini sebenarnya sama seperti jika membuatnya dari daging sapi. Tapi ada sedikit perbedaan di bagian tekstur, warna, dan rasa. Menu ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi sebagian orang. Lantas, bagaimana cara agar bisa membuatnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.


Bahan-bahan:
- daging ayam
- es batu berukuran kecil
- putih telur
- bawang putih mentah
- garam halus
- lada bubuk
- baking powder
- tepung tapioka, bila tidak ada maka bisa menggunakan tepung sagu
- air

Cara Membuat Bakso

1. Selalu awali langkah memasak dengan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Tindakan ini akan membantu proses jalannya memasak menjadi lebih lancar. Kumpulkan semua hal yang dibutuhkan untuk memasak di atas meja dan atur secara rapi.

2. Ambillah panci ukuran besar. Isi air dan rebus hingga mendidih. Selama menunggu air mendidih, persiapkan daging ayam tanpa tulang di atas meja. Masukkan ke dalam wadah.

3. Ambil penghalus. Alat ini digunakan untuk menumbuk atau menggiling daging agar menjadi halus. Bila kebetulan sedang tidak memiliki alat penggiling maka bisa juga menggunakan cara manual.

4. Caranya, tumbuk dan uleni daging ayam bersih tanpa kulit dengan menggunakan tangan. Gunakanlah tumbukan dari batu yang telah dibungkus dengan plastik sebelumnya agar proses penumbukan jadi lebih mudah. Sebelumnya masukkan bumbu bahan agar terasa lebih lezat.

5. Lalu, cara membuat bakso daging ayam dilakukan dengan memasukkan gilingan daging ke dalam baskom. Tiriskan sebentar.

6. Ambil wadah berukuran sedang. Gunanya untuk menaruh adonan. Isi wadah tersebut dengan air. Buatlah bentuk bulat-bulat. Cara membuatnya bisa menggunakan tangan dan bantuan sendok atau menggunakan cetakan khusus.

7. Siapkan panci berukuran cukup besar. Isi air hingga hampir penuh. Rebus air sampai mendidih. Masukkan bulatan adonan ke dalam panci. Tunggu hingga semua matang lalu angkat, tiriskan.

8. Agar lebih cepat dingin, adonan bakso tersebut dapat ditaruh di atas nampan agar lebih cepat mendingin. Gunakan pula kipas angin untuk mempercepat prosesnya. Setelah itu, masukkan ke freezer pada lemari pendingin agar lebih tahan lama.

Cara Membuat Kuah Bakso

Menikmati sajian ini tidak akan lengkap rasanya bila tanpa kuah. Kali ini resep masakan membagikan tips simpel bagaimana membuat kuah dengan rasa yang sedap. Step-step di bawah berguna untuk membantu membuat kuah lezat dari bumbu bahan sederhana. Apa saja itu? Yuk, ikuti terus.

1. Persiapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, merica, bubuk, pala, kuah kaldu, dan air.

2. Ulek semua bahan hingga halus. Bisa menggunakan blender, bisa dengan tumbukan. Sangrai atau goreng sampai mengeluarkan aroma harum.

3. Siapkan panci panas. Isilah dengan air sampai 3/4. Masukkan tulang kaki sapi jika punya. Jika belum sempat
mempersiapkannya maka cukup dengan memasukkan bumbu kaldu ayam ke panci tersebut.

4. Semua bumbu yang telah digoreng sebelumnya dimasukkan ke panci. Tambahkan sedikit gula dan garam, aduk hingga rata.

5. Setelah kuah mendidih maka sudah dapat digunakan untuk kuah bakso. Makanan siap disajikan. Tambahan lain seperti mie, potongan tahu, atau seledri boleh dimasukkan untuk menambah lengkap sajian di mangkuk Anda.

Inilah cara buat bakso daging ayam secara mudah. Setelah melihat langkah-langkahnya terasa tidak sulit, bukan? Anda dapat mengolah bahan bakso yang telah jadi ini menjadi berbagai olahan makanan.

Menghasilkan: 20 Mangkok
Porsi: 20 Orang
Waktu Persiapan: 1 Jam
Lama Masak: 2 Jam

0 komentar