Resep Mudah Membuat Bakso Kuah

Jika berbicara mengenai bakso, saat ini banyak sekali jenis bakso yang bisa anda temui. Mungkin ketika anda dalam perjalanan pulang anda, anda akan menemukan orang yang menjual bakso goreng. Mungkin lain hari anda juga akan menemukan orang yang menjual orang atau warung yang menjual bakso bakar. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kreativitas orang yang terus mengembangkan masakan selera rakyat ini. namun demikian, awal mula dari bakso ini ialah bakso yang menggunakan kuah atau yang dikenal dengan kata bakso kuah. Jenis masakan kuah ini memang menjadi jenis awal dari masakan bakso itu sendiri dan salam kesempatan ini, saya akan memberikan resep membuat kuah bakso.


Mengetahui resep membuat kuah bakso, memang menjadi hal yang harus anda ketahui ketika anda ingin membuat kuah bakso ini. membuat kuah bakso sendiri bisa menjadi hal yang menarik dan berguna bagi anda, khususnya anda yang ingin membatasi penggunaan penyedap buatan atau msg dalam masakan anda. hal tersebut karena memang diluar sana banyak penjual bakso yang menambahkan msg atau penyedap buatan lainnya untuk membuat dagangannya enak. Oleh karena itu, jika anda termasuk orang yang menghindari penggunaan msg dalam masakan anda, anda bisa membuatnya sendiri atau anda bisa mengganti penyedap buatan dengan penyedap alami.

Baca: Cara Mudah Untuk Membuat Bakso Daging Sendiri

Resep Kuah Bakso

Jika anda sudah mengetahui resep atau anda sudah punyai bakso sendiri, hal yang seharusnya anda lakukan ialah dengan membuat kuah bakso supaya masakan bakso anda menjadi lezat dan tentunya menyehatkan. Bagaimana cara membuatnya dan apa saja yang diperlukan untuk membuat masakan ini? simak penjelasannya sebagai berikut.

Untuk bahan yang diperlukan tidak sebanyak atau serumit bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso itu sendiri. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat kuah bakso ini? berikut ialah bahan-bahan yang dibutuhkan

- Bahan utama yang diperlukan ialah dengan menggunakan air kaldu yang didapatkan dari rebusan tulang sapi. Adapun jumlah air yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan anda.
- Udang kering atau ebi 1 sdm
- Bawang putih sebanyak 2 siung
- Bumbu penyedap sesuai dengan yang anda butuhkan.
- Garam dan merica secukupnya.

Baca: Sop Bakso Yang Menggugah Selera

Itulah bahan-bahan yang dibutuhkan ketika anda ingin membuat kuah bakso. Semua bahan di atas memang mudah didapatkan ketika anda berbelanja di pasar tradisional. Adapun untuk kaldu tulang sapi tersebut, anda bisa menggantinya dengan kaldu instant rasa sapi jika memang anda kesulitan mendapatkan tulang sapi tersebut.

Sementara itu, untuk cara membuat kaldu ini cara yang dibutuhkan ialah cukup mudah dan tidak terlalu rumit. hal yang harus anda lakukan pertama ialah dengan menghaluskan semua bumbu yang sudah disiapkan tersebut. Setelah itu, anda bisa menumis bumbu tersebut dengan ditambahi sedikit minyak. Jika tumisannya sudah harum, anda kemudian bisa menambahkan air atau air kaldu dari tulang sapi tersebut. Tunggu hingga air tersebut mendidih dan kemudian setelah itu anda bisa memasukkan baksonya.

Itulah resep membuat kuah bakso yang bisa anda ketahui. Bahan yang diperluka nuntuk membuat kuah bakso ini juga tidak terlalu sulit. Selain itu, cara untuk membuat kuah ini juga hanya sederhana. Sekarang waktunya anda mencoba untuk membuat bakso sendiri.
Menghasilkan : 10 mangkok

Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 1/2 jam
Lama masak : 1 jam

Baca: Sop Bakso Yang Menggugah Selera


0 komentar