Resep Membuat Bakso Kelapa Muda Yang Kenyal

Saat ini varian bakso semakin banyak. Ada bakso granat, bakso beranak, bakso super besar dan berbagai jenis bakso lainnya. Setiap penjual bakso mulai berinovasi, untuk mendapatkan rasa bakso dan kreasi bakso yang unik. Ini digunakan untuk menarik perhatian para pembeli. Belum lama ini mulai bermunculan yang namanya bakso kelapa muda. Mungkin anda agak aneh mendengar kata tersebut. Bagaimana membuat bakso kelapa, seperti apa rasanya dan lainnya. Memang terdengar aneh, tapi bakso ini sedang laris manis dan banyak dicari.


Bakso kepala yang paling terkenal ada di kota jogja. Dari kota pelajar inilah, bakso ini mulai dikenalkan. Ketika masuk ke warungnya, akan penuh dengan pelanggan yang banyak sekali. Mungkin anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan bahan yang mudah dan memiliki rasa yang enak. Mungkin bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan buat anda.bakso kelapa merupakan bakso yang disantap di batok kelapa dan kuahnya memakai air kelapa muda. Sehingga rasanya, campuran rasa manis asam yang enak. Tak perlu panjang lebar lagi, mari kita bahas apa saja bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Baca: Resep Membuat Bakso Ayam Yang Enak Dan Empuk

Bahan Untuk Membuat Bakso Kelapa Muda

- 500 gram daging sapi
- 100 gram tepung kanji
- 5 siung bawang putih
- 1 sendok teh merica bubuk
- 4 sendok teh garam
- 2 butir telur
- 100 cc air es

Bahan Untuk Kuah Bakso
- 2 liter air kelapa muda
- 2 batang daun bawang
- 4 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica

Baca: Resep Sup Bakso Dengan Irisan Daging Ayam

Cara Membuat Bakso Kelapa Muda

1. Haluskan daging sapi sampai halus. Kemudian tambahkan tepung kanji dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk sampai merata dan kalis.

2. Untuk hasil yang lebih kenyal, tambahkan air es sedikit demi sedikit pada saat mencampurnya.

3. Didihkan air sampai mendidih, lalu buat bakso bentuk bulat dan langsung masukan ke dalam air didihan tersebut.

4. Tunggu sampai mengambang dan angkat.

5. Untuk membuat kuahnya, hampir sama dengan kuah bakso pada umumnya. Tapi untuk air diganti dengan air kelapa.

6. Didihkan air kelapa lalu tambahkan dengan bumbu penyedap lainnya. Sehingga rasa lebih enak dan sedap.

Untuk mienya tergantung kesukaan anda. Jika anda tidak ingin ribet, bisa memakai mie putih kering. Tinggal disiram dengan air hangat atau memakai mie kuning yang digunakan pada bakso. Tapi kalau di warung bakso kelapa di jogja. Mienya memakai mie yang terbuat dari kelapa muda. Jadi kelapa muda dihaluskan, kemudian memakai gilingan dibuat menjadi panjang seperti mie. Rasanya lebih kenyal dan enak. Selain memakai daging sapi, anda juga bisa memakai daging ayam atau ikan. Tergantung dengan kesukaan. Untuk rasa yang lebih enak harus sajikan di batok kelapa.

Bersihkan batok kelapa, hilangkan semua kelapa didalamnya. Tinggal tambahkan garam, mie dan bakso kelapa muda yang sudah anda buat. Siram dengan kuah kelapa muda. Tambahkan irisan daun seledri dan bawang goreng. Untuk rasa yang lebih enak, jangan lupa tambahkan pangsit. Mudah bukan? Bahan yang digunakan bisa anda temukan di semua pasar tradisional. Bahkan tidak butuh biaya yang mahal. Mungkin bisa menjadi alternatif masakan, sisa daging kurban yang masih ada di rumah. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Lama persiapan : 1 jam
Waktu masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Telor

0 komentar