Rasakan Mantapnya Bakso Klenger

Bakso klenger menjadi salah satu pilihan bakso yang terdapat di jaman modern sekarang ini, mungkin namanya sedikit unik sebab namanya adalah “klenger” yang berasal dari bahasa jawab berarti mampus. Dalam artian ketika para pecinta kuliner memilih memakan bakso klenger mereka akan tidak sanggup memakannya karena memang porsi yang diberikan bukanlah sewajarnya makanan manusia melainkan benar-benar sebagai tantangan bahwa sangatlah tidak mungkin orang satu mampu menghabiskan 1 porsi dari bakso tersebut.

Layaknya bakso klenger yang ada di Yogyakarta, terletak di daerah DIY jl. Wahid hasim no. 296, nologaten, kabupaten sleman. Hal ini mungkin terinspirasi dari bakso sebelum-sebelumnya yang ada mulai dari bakso ayam, bakso sapi, bakso ikan dan lain sebagainya. Namun, ini semua itu tidak memutuskan semangat para wirausaha untuk memikirkan ide kreatif seperti bakso besar jenis ini. Masing-masing orang memang mempunyai ide dan dimana berpikir jauh memikirkan apa saja sekiranya laku dalam masyarakat. Dari adanya bakso terbaru ini bisa membuat ledakan terbaru bagi pecinta kuliner.


Bahkan ada ide lainnya yang memberikan isian pada bakso tersebut misalnya bakso isi telur, isi jeroan, dan beberapa berbentuk ukuran yang bermacam-macam mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar. Adapun bakso yang berbentuk kotak, lonjong dan lain sebagainya. Mungkin orang akan berpikiran bahwa dengan memakan bakso yang begitu-begitu saja atau bakso yang standart mungkin akan terlihat biasa saja, jelas akan berbeda dengan bakso berbeda dari sebelumnya. Dengan porsi yang banyak dan besar maka perut pecinta kuliner bisa saja patah semangat karena perut tidak lagi mampu menahan isi dari makanan, bahkan tidak mampu menampungnya lagi.

Di daerah ini memasarkan dari harga bakso mulai dari 12 ribu hingga 600 ribu. Untuk detailnya di harga 12 ribu kamu sudah bisa menikmati bakso standart, di harga 22 ribu bisa memakan bakso dengan ukuran ekstra besar. dan yang luar biasa adalah dimana ada ukuran bakso seberat 500 gram = ½ kilo, bisa dikonsumsi sebanyak 5 sampai 6 orang.

Herannya ada lagi bakso yang lebih besar dari pada itu, adapun yang harus kamu ketahui bahwa untuk bakso yang berukuran 2 kg seharga 150 ribu, bakso ukuran 3 kg harganya 300 ribu, bakso ukuran 4 kg dengan harga 450 ribu, dan yang paling besar adalah ukuran 5 kg kamu bisa mendapatkan harga sebesar 600 ribu.

bahan-bahan yang digunakan :

- daging sapi sebanyak 2 kg,
- siapkan tepung sagu 500 gram
- telur 2 butir
- garam secukupnya
- lada secukupnya
- bawah merah 6 siung
- bawang putih 6 siung
- air es secukupnya
- penyedap rasa cukup 4 sdt

Untuk kuah :
- Gunakan 4 liter air
- Gunakan tulang-tulang sapi
- Kemiri 3 buah
- Masukkan lada secukupnya
- Bawang putih 6 siung
- Bawang merah 8 siung
- Gunakan kaldu sebanyak 3 sachet guna sebagai penyedap

Bahan pelengkap lainnya seperti dengan menambahkan mie kuning yang sudah direbus sebanyak 200 gram, bihun 150 gram dan jangan lupa untuk direbus, tauge 150 gram, sawi hijau 15 batang, bawang goreng secukupnya, garam secukupnya, penyedap rasa, iris seledri sebanyak 6 batang.

Cara memasak:

1. Daging giling yang sudah halus, masukkan sedikit demi sedikit tepung sagu dan bersamaan dengan air es pelan-pelan campurkan hingga rata.

2. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap, garam, dan aduk hingga kalis

3. Bentuk bulatan pada panci yang panas dan tunggu hingga mengapung bisa diangkat, dari adonan yang dihasilkan mampu menjadi 20 porsi dan untuk 20 orang, sedangkan untuk waktu memasak 2 jam, persiapan hanya 1 jam.

Cukup mudah bukan untuk membuat semangkok bakso klenger yang enak dan pastinya bisa mengoyang lidah anda dan keluraga.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

0 komentar