Resep Rahasia Bakso Astagfirullah Jumbo

Belakangan ini, kabar mengenai bakso astagfirullah menghiasi beberapa surat kabar di Indonesia. Ya, bakso jumbo yang ada di Jawa Barat ini memang sangat terkenal karena olahan bakso yang berukuran besar yang tentu akan menantang anda untuk menghabiskannya. Jika anda jauh dari kedai bakso ini, tentu saja anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Membuat bakso jumbo memang merupakan tantangan karena ukuran baksonya yang cenderung tidak normal. Nah, bagaimana resep membuat bakso ini? Berikut kita akan membahasnya secara lengkap.


Bahan yang dibutuhkan

Karena yang akan kita buat adalah bakso jumbo, maka akan ada penambahan dalam beberapa bahan yang digunakan. Anda akan membutuhkan bahan yang cenderung lebih banyak daripada membuat bakso biasa. Nah, lihat secara detail bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini:

- 1500 gr daging sapi
- 500 gr iga sapi
- 20 gr pengenyal foodgrade
- 500 gr tepung tapioca
- 250 gr ISP
- Merice secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- 5 sdt garam
- 600 gr es batu

Cara membuat bakso jumbo

Bahan yang diperlukan untuk membuat bakso jumbo astagfirullah sebenarnya cukup mudah untuk didapatkan dan juga cukup sederhana. Nah, setelah bahan tersebut siap, mari kita lihat beberapa cara pembuatannya di bawah ini.

1. Masukkan daging sapi ke dalam mesin giling dan giling hingga kasar

2. Setelah itu, masukkan es batu dan bumbu yang sudah disiapkan dengan lengkap secara bersamaan. Aduk hingga merata lalu giling lagi hingga halus.

3. Tiriskan adonan lalu tambahkan tepung tapioca secara perlahan dan uleni. Ulangi langkah ini hingga adonan bakso benar-benar kalis atau tidak begitu lengket di tangan

4. Rebus iga sapi yang disiapkan dengan di potong kecil-kecil sebelumnya dan berikan bumbu-bumbu

5 Siapkan air secukupnya pada panci. Rebus air hingga mendidih lalu diamkan

6. Kembali ke adonan, kini anda harus membuat bakso dengan ukurang yang jumbo. Untuk membantu cetakan, anda bisa menggunakan mangkok yang sudah di basahi agar tidak lengket.

7. Ambil adonan secukupnya buatlah dasaran bakso lalu ambil iga sapi yang sudah direbus sebelumnya sebagai isi

8.Tambah adonan dan bentuk hingga menjadi bulat sempurna dengan ukuran yang besar

9. Masukkan bakso yang sudah selesai di bentuk pada air yang sudah disiapkan di panci sebelumnya

10. Ulangi hingga adonan habis

11. Setelah itu, angkat panci berisi bakso tersebut dan panaskan dengan api sedang hingga bakso masak. Perlu diingat, panci yang digunakan merebus haruslah panci yang besar. Selain itu, waktu memasak bakso ini juga mungkin lebih lama karena ukurannya yang besar

12. Tunggu hingga bakso mengambang tanda sudah matang. Angkat dan tiriskan

Tips saat memasak
Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, memasak bakso jumbo memang membutuhkan kesabaran dan juga keuletan yang ekstra karena memang ukuran bakso yang berbeda sangat mempengaruhi cara memasak. Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam hal ini. Yang pertama adalah pemilihan daging. Usahakan anda memilih daging sapi pada bagian iga yang lembut agar tidak memerlukan waktu perebusan yang lama.

Selain itu, saat merebus, pastikan bakso matang dengan sempurna. Api yang besar bukan solusi terbaik. Saat merebus, gunakan api sedang agar daging bakso dapat matang dengan sempurna. Nah, dengan begitu, anda bisa membuat bakso astagfirullah yang enak dan nikmat. Jangan lupa juga untuk membuat kuah bakso yang segar untuk rasa yang mantap!

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak :
2 jam

0 komentar