Cara membuat Bakso Goreng Pedas dan Nikmat

Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat familiar di kalangan masyarakat luas. Bahkan bakso ini telah menjadi salah satu menu favorit bagi sebagian besar orang. Semakin banyaknya penjual bakso yang tersebar di hampir semua bagian daerah, kini bakso telah memiliki variasi yang beragam. Bukan hanya bakso sapi yang sudah sangat umum kita kenal, namun ada juga bakso yang diisi dengan telur, cabe atau bahkan variasi seperti keju dan lainnya. Variasi bakso ini yang membuat orang semakin jatuh cinta terhadap makanan yang satu ini. Selain itu rasanya pun juga enak dan aroma dari kuahnya sangatlah menggoda. Pada umumnya bakso disajikan dengan kuah yang diberi mie atau bihun didalamnya. Namun untuk mengatasi kebosanan anda terhadap bakso yang sudah biasa anda nikmati, anda bisa mencoba bakso goreng. Sudah banyak penjual bakso goreng yang bisa dengan mudah anda jumpai. Jika anda adalah seorang yang gemar memasak, atau ingin mencoba membuatnya sendiri. Cara membuat bakso goreng ini tidak sulit dan bisa anda praktekkan dirumah.


Baca: Resep Kuah Bakso Enak dan Gurih

Bahan-Bahan Yang Digunakan Dalam Cara Membuat Bakso Goreng

- 150 gr ayam fillet yang dicincang halus
- 15 gr ikan tenggiri dan dihaluskan
- 100 gr udang kupas, dicincang kasar
- 100 gr kulit ayam (jika selera)
- 2 siung bawang putih yang dihaluskan
- ½ sdm garam
- ½ sdt lada hitam
- ½ sdt gula
- 2 butir telur
- 50 ml air dingin
- 250 gr tepung sagu
- 1 sdt baking powder
- Minyak goreng
- Penyedap rasa secukupnya

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Sapi Ala Rumah

Cara membuat bakso goreng pedas

1. Pertama-tama campurkan ayam yang sudah dicincang halus, ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, udang, dan juga kulit ayam jika anda suka. Setelah itu tambahkan bumbu-bumbu bawang putih, garam, lada hitam, gula dan penyedap rasa. Setelah itu aduk hingga bumbu-bumbunya ini merata ke dalam campuran ayam, ikan dan ikan tersebut.

2. Jika sudah merata, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit kemudian diuleni. Dengan kata lain mencampur adonan dengan air ini menggunakan tangan sehingga kadar air yang tercampur merata.

3. Setelah itu tambahkan tepung sagu lalu aduk lagi hingga merata. Dan jika sudah merata, anda bisa mulai membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai keinginan anda.

4. Panaskan minyak goreng terlebih dulu, kemudian masukkan bulatan-bulatan bakso tadi ke dalam penggorengan. Tunggu hingga warnanya terlihat keemasan atau sedikit kecoklatan. Baru kemudian diangkat dan tiriskan.

5. Bakso ini kini siap disajikan selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan saos sebagai pendamping untuk menikmati bakso goreng ini.

Ternyata cara membuat bakso goreng ini tidaklah sulit. Anda juga bisa membuatnya dalam porsi yang lebih banyak jika anda mau. Resep bakso goreng ini hanya sebagai referensi atau panduan anda untuk mempraktekkannya sendiri dirumah. Anda juga bisa mengganti bahan seperti ayam filletnya atau udangnya dengan daging sapi jika anda suka. Dengan membuat bakso goreng sendiri tentu akan lebih puas dan sesuai dengan keinginan anda. cita rasanya pun akan lebih pas dilidah anda. Selain itu bakso goreng ini akan cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Sehingga tidak kalah nikmat dengan bakso kuah yang biasanya anda nikmati. Bakso goreng ini bisa menjadi alternatif ketika anda bosan dengan variasi bakso pada umumnya. Jadi, tunggu apa lagi. Anda bisa mulai mencoba dan mempraktekannya dirumah. Selamat mencoba.

Porsi: 20 bakso ukuran kecil
Persiapan: 45 menit
Durasi memasak: 30 menit
Baca: Yuk, Intip Rahasia Cara Membuat Bakso Jingkrak

0 komentar