Alat, Bahan Serta Cara Bikin Bakso Sekaligus Kuahnya, Dijamin Mudah Dan Nendang

Bakso menjadi menu kuliner yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia diberbagai sudut kota. Tak mengherankan bila kita sangat mudah menemukan penjual bakso diberbagai kota yang kita kunjungi. Kuliner yang sudah sangat familiar tersebut ternyata berasal dari negeri tirai bambu loh. Meskipun begitu bakso sudah terasa mendarah daging di Indonesia. Kebanyakan bakso terbuat dari daging sapi, adapula yang terbuat dari daging ayam ataupun ikan. Sebentar lagi umat Islam akan menyambut hari raya Idul Adha, dimana akan banyak daging sapi yang dimiliki. Daripada bingung akan diolah menjadi masakan apa, bakso dapat menjadi pilihan menu tepat. Cara bikin bakso serta kuahnya juga sangat mudah, praktis dan tidak ribet kok. Ikuti saja step by step berikut ini ya.


Alat dan Bahan membuat bakso
Sebelum mempersiapkan bahan, terlebih dahulu sediakan alat yang diperlukan yakni blender atau tumbukan, tempat mengaduk adonan bakso, panci serta air. Adapun bahan yang diperlukan sebagai berikut.
- 1 kg daging sapi yang sudah digiling
- 6 siung bawang putih yang telah dikupas
- Tepung kanji 1 ons
- 2 sendok makan garam
- 1 sendok makan merica bubuk atau merica yang telah dihaluskan
- Penyedap rasa secukupnya

Baca: Resep Bakso Samrat Solo

Cara membuat bakso kenyal dan lezat

1. Step awal yang harus dilakukan adalah menghaluskan bawang putih. Lalu campurkan daging sapi yang telah digiling, penyedap rasa, garam, merica bubuk serta tepung kanji. Perlu diperhatikan jangan terlalu banyak memberikan tepung kanji agar bakso kenyal. Aduk kesemua adonan hingga tercampur merata.

2. Bila adonan telah bercamapur rata, adonan akan terasa lengket dan bentuk adonan menjadi bulat-bulat berukuran sesuai selera. Jangan terlalu besar agar bakso matang sempurna hingga kedalam.

3. Didihkan air kedalam panci, bila adonan telah terbentuk bulat-bulat masukkan bulatan bakso sedikit demi sedikit kedalam air yang telah mendidih tadi. Jika bakso telah terangkat keatas, tandanya bakso telah matang. Angkat dan tiriskan, lakukan step ini hingga semua adonan bakso habis.

Bahan membuat kuah bakso
- Air
- Tulang sapi sesuai selera
- Bawang putih 5 siung
- Bawang merah 6 siung
- 2 sendok makan garam
- 4 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan bubuk merica
- Minyak goreng untuk menumis
- Daun bawang cincang secukupnya

Baca: Cara Membuat Bakso Besar Terenak

Cara membuat kuah bakso

1. Pertama didihkan air dan tulang sapi kedalam panci dengan api kecil.

2. Sementara menunggu air mendidih, persiapkan bumbunya. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Tumis campuran bumbu tersebut hingga wangi.

3. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang telah ditumis tadi kedalam kuah. tambahkan bahan lainnya seperti gula, garam dan merica.

4. Langkah akhir masukkan daun bawang yang telah dicincang halus tadi. Koreksi rasa dan matikan api.

Sangat mudah bukan dalam membuat bakso dan kuahnya tersebut. agar bakso yang dibuat ini semakin sempurna, jangan lupa tambahkan mie kuning, irisan sayur sawi hijau, tahu, seledri dan tak lupa bawang goreng. Akan lebih nikmat bila disajikan selagi panas ya.
Aduh udah ngiler aja nih, yakin nggak ingin mencoba cara bikin bakso ini? sayang banget loh bila melewatkan menu kuliner sedap yang satu ini. Sangat mudah, cepat dan recommended deh. Terima kasih telah membaca ya, semoga bermanfaat.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Kuah Bakso Solo Asli Yang Nikmat

0 komentar