Resep Bakso Kikil

Bakso merupakan sajian makanan yang paling banyak diincar terlebih bagi para masyarakat Indonesia. Dan bahkan karena kelezatan bakso yang mendunia tersebut membuat hampir seluruh penghuni pelosok di berbagai wilayah yang ada di Indonesia selalu menikmatinya dan sajian bakso ini mudah untuk dijumpai dimana saja serta bahkan anda pun juga dapat menemukannya di sekitar rumah anda. Biasanya sajian bakso ini juga disajikan pada beberapa acara baik acara formal maupun acara non formal seperti misalnya acara syukuran, acara keluarga, bahkan acara resepsi pernikahan. Hal tersebut dikarenakan menu sajian bakso ini sangat tepat dikonsumsi dalam segala kondisi baik saat sibuk maupun saat santai juga dapat di santap dengan sandingan menu lainnya. Menu bakso hadir dengan berbagai macam jenis yaitu ada bakso kuah dan bakso goreng. Dan untuk bakso kuah juga terdiri dari beberapa jenis lagi yaitu ada bakso daging ayam, bakso daging sapi, bakso sayur dan yang paling nikmat adalah bakso kikil. Bakso kikil ini juga dapat dibuat dengan sangat mudah dan anda pun juga dapat mengolahnya sendiri dirumah. Bagi anda yang ingin belajar untuk membuat bakso sendiri maka langsung saja simak resep bakso kikil dibawah ini.


Baca: Resep Bakso Sayur

Bahan Bakso Kikil :

- Daging sapi 1 kilogram
- Kikil sapi 250 gram (dipotong dadu)
- Tepung tapioka 250 gram
- Bawang putih 10 siung
- Merica halus ladaku 1 bungkus
- Telur 2 butir
- Garam 2 sendok makan
- Bawang goreng 2 sendok makan
- Royco 1 bungkus
- Baking powder 1 sendok teh

Baca: Resep Cara Membuat Kuah Bakso Malang Enak Nan Spesial

Cara Pembuatan Bakso Kikil :

1. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu merebus daging sapi yang telah disediakan terlebih dahulu.

2. Setelah daging matang baru dapat digiling atau dihaluskan dengan menggunakan penggilingan daging atau blender dan dicampur
dengan tepung serta bumbu untuk digiling bersamaan.

3. Berikutnya campurkan potongan dadu kikil dengan adonan daging.

4. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulat bulat yang ukurannya sebesar kelereng atau sesuai selera.

5. Langkah terakhir yaitu rebus air hingga mendidih dan setelah itu masukan adonan bakso ke dalam rebusan air.

6. Bakso dapat diangkat dan ditiriskan apabila sudah mengapung.

7. Kemudian bakso sudah siap untuk di santap bersama dengan kuah, dijadikan camilan dan dapat juga di simpan ke dalam freezer.

Itulah resep bakso kikil yang dapat anda coba buat sendiri dirumah. Untuk anda yang suka bakso goreng maka bakso kikil ini juga dapat dijadikan camilan dengan cara digoreng. Cara menggorengnya pun juga dapat ditambah dengan penggunaan telur sebagai pelapisnya. Kemudian untuk anda yang sangat gemar menyantap bakso kuah maka anda dapat membuat kuahnya terlebih dahulu. Dan bakso kikil juga dapat dijadikan camilan yang hanya dikonsumsi bersamaan dengan saos, sambal dan kecap. Kemudian bakso kikil juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis hidangan makanan lainnya seperti misalnya sop bakso, oseng oseng bakso kikil, dan berbagai macam olahan sayur yang menggunakan bakso kikil. Membuat bakso sendiri tentu saja lebih hemat dan juga lebih dapat diketahui kebersihannya. Apabila anda mengolah bakso sendiri maka anda dapat membuat takaran sesuai dengan selera sehingga anda dan keluarga dapat mengonsumsi bakso dengan puas. Dan juga perlu diperhatikan karena bakso diatas tidak menggunakan bahan pengawet maka jangan disimpan terlalu lama di dalam freezer.

Menghasilkan : 50 mangkok
Porsi : 50 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Cara Memasak Kuah Bakso Enak Nan Spesial


0 komentar