Bakso Rusuk Pedas Dan Enak

Jenis kudapan pedas ini biasa dijuluki sebagai bakso setan. Jika anda menuliskan keyword ini di search engine, terdapat beberapa jawaban yang berbeda. Sebagian mengartikannya sebagai sajian pada umumnya namun dihidangkan bersama dengan sambal setan. Selain itu, ada yang mengartikan sebagai hidangan dengan bulatan yang berukuran sangat besar kemudian disajikan bersama dengan sambal yang dimaksud tadi. Sama halnya dengan bakso rusuk yang juga diartikan berbeda-beda oleh masyarakat di Indonesia.


Bisa saja menu tersebut berupa bulatan dengan ukuran normal dan terbuat dari daging sapi khususnya bagian iga dan dihadirkan bersama bagian tulang beserta daging yang telah direbus hingga benar-benar lunak atau empuk. Selain ditambahkan beberapa pelengkap, biasanya juga ditemani sambal yang super pedas yang dimasak dari cabe setan. Di beberapa video tutorial, santapan ini dihadirkan dengan bentuk tulang iga sapi yang sudah direbus dan dibalut adonan. Sehingga, ukurannya menjadi begitu besar dan disantap bersama bulatan-bulatan kecil atau penambah lainnya. Untuk menciptakan rasa pedes, anda bisa membuatnya dari bawang putih dan cabai setan yang sebelumnya direbus kemudian ditambahkan gula dan juga garam seperlunya. Campuran tersebut dihaluskan dan dimasak kembali supaya tidak cepat basi. Ada juga yang hanya menggiling cabe saja.

Baca: Resep Bakso Super Gurih Serta Menggugah Selera

Bagi para ibu-ibu yang ingin mempraktekannya saat mempunyai waktu luang, berikut ini adalah tips sajian bakso rusuk yang relatif mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Dalam kesempatan kali ini, bahan utama yang digunakan untuk membentuk bulatan yakni daging sapi bagian iga. Besar kecilnya dapat ditentukan sendiri berdasarkan selera masing-masing. Anda bisa mendapatkannya dengan ukuran normal ataupun super besar. Perlu dicatat bagi anda yang membentuk bulatan berukuran jumbo, setelah mengapung, kukuslah sampai benar-benar matang hingga ke bagian dalam. Resep lengkapnya adalah di bawah ini:
- Daging sebanyak kurang lebih 200 gram
- 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- air dingin atau es batu dihancurkan, tiga sendok makan
- 1 sdt garam
- ¼ sendok teh merica bubuk
- ½ sdt gula pasir
- penyedap rasa secukupnya
- pala ¼ sdt
- 1 liter air bersih
- 150 gram tepung kanji

Bahan lainnya meliputi:
- tulang iga berdaging 500 gram
- ½ sdt garam
- merica bubuk ¼ sendok teh
- air bersih 100 mililiter
- satu sendok makan minyak ayam

Ada juga bahan pelengkap yang dipersiapkan, yakni:
- sambel cabe setan
- bawang goreng seperlunya
- seledri yang dipotong kecil secukupnya
- daun bawang diiris-iris serong
- sawi hijau yang telah diseduh menggunakan air panas
- taoge yang telah direndam dalam air mendidih

Baca: Resep Membuat Bakso Atom Yang Sedap Dan Kenyal

Instruksi

1. Potong-potong daging menjadi ukuran kecil, contohnya menjadi 8. Masukkan ke blender atau food processor bersama komposisi lain selain air. Blenderlah hingga menjadi lembut dan halus.

2. Siapkan wadah atau panci yang sudah dituangkan air satu liter. Masukkan adonan tadi yang bentuklah bulat dengan ukuran berdasarkan selera. Bulatan bisa dibentuk dengan sendok atau menggunakan telapak tangan.

3. Tunggu hingga matang, angkat kemudian tiriskan. Salah satu tanda bulatan-bulatan yang dibentuk tadi matang yaitu mengapung di permukaan panci.

4. Beri waktu selama kurang lebih lima menit dan baru diangkat.

Untuk memasak bagian tulang, rebuslah sampai empuk yakni kurang lebih selama lima belas menit. Angkatlah dari panci dan sisihkan. Sedangkan untuk menyajikan bakso rusuk, siapkan sebuah mangkuk, beri garam, minyak ayam, merica bubuk, beberapa bulatan, taoge, sawi, serta tulang iga. Tambahkan kuah sesuai selera, jangan lupa sambal, dan bawang goreng, serta pelengkap lainnya.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Sejarah Bakso yang Mengejutkan dan Tak Banyak Orang Tahu

0 komentar