Resep Bakso Malang Karapitan, Resep Bakso Pilihan

Bakso merupakan makanan yang dapat Anda jumpai dimanapun dan kapanpun. Tak sulit menemukan bakso, mulai dari pedagang kaki lima, warung-warung makan, hingga restoran sekalipun banyak yang menyajikan menu satu ini. Beberapa kota di Indonesia memiliki bakso yang menjadi andalan kota mereka. Salah satunya adalah Kota Malang Jawa Timur yang terkenal dengan bakso Malangnya. Bakso Malang ini disajikan sebagaimana bakso-bakso pada umumnya, namun komponennya lebih komplit misalnya saja terdapat mie kuning, tahu goreng ataupun tahu kukus/rebus, siomay, pangsit goreng, juga pangsit rebus. Bakso yang terkenal dari Kota Malang adalah bakso Malang Karapitan.


Meskipun berasal dari Malang, namun bakso Malang juga dapat Anda jumpai di beberapa kota di Indonesia seperti Bandung dan Jakarta. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya Bakso Malang Karapitan (BMK) juga merupakan nama restoran yang ada di Bandung. Restoran ini sengaja menyajikan bakso Malang sebagai menu utamanya. Restoran tersebut cukup sukses menarik minat konsumen melalui kreasi menu bakso Malang yang dijualnya. Restoran ini juga menyajikan aneka menu selain bakso seperti nasi goreng, soto, sup daging, dan lain sebagainya. Kini Bakso Malang Karapitan (BMK) dapat ditemui di berbagai kota meliputi Jakarta, Cirebon, Bandung, tangerang, Depok dan Bekasi. Harga menu bakso di restoran itu berkisar antara Rp14.000 hingga Rp24.000.

Baca: Resep Praktis Cara Membuat Bakso Akiaw

Resep Membuat Bakso Malang Karapitan
Untuk membuat adonan bakso Malang, diperlukan beberapa bahan seperti:
- 350 gram daging sapi (giling sampai halus)
- 50 gram tepung sagu
- 1 butir telur (kocok lepas)
- 4 siung bawang putih, haluskan.
- ½ sendok teh merica
- 3 sendok teh garam atau secukupnya
- 100 mililiter air es.

Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah Bakso Malang Karapitan antara lain:
- 600 gram tulang sapi
- 6 siung bawang putih, lalu haluskan
- 2 batang daun bawang, irislah tipis.
- ½ sendok teh merica bubuk
- Garam secukupnya
- 100 mililiter air es.

Untuk membuat bakso Malang komplit juga diperlukan bahan pelengkap tambahan, meliputi:
- 150 gram mie kuning atau mie bihun
- 10 buah tahu putih
- 10 buah bakwan malang goreng atau secukupnya
- 10 lembar kulit pangsit goreng.
- 3 sendok makan bawang goreng
- Cabai untuk membuat sambal.

Baca: Resep Membuat Camilan Lezat Bakso Tahu

Cara Membuat Bakso Malang Karapitan

1. Gilinglah daging sapi menggunakan food processor. Gilinglah daging tersebut hingga halus. Setelah itu masukkan tepung sagu, kocokan telur, bawang putih yang telah dihaluskan, merica bubuk, garam dan juga air es. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Sementara itu, didihkan air panas secukupnya.

2. Setelah diperoleh adonan halus, buatlah adonan menjadi bulat-bulat. Caranya, ambil adonan bakso menggunakan tangan. Genggam adonan tersebut lalu pencet hingga adonan keluar. Ambil bulatan adonan menggunakan sendok lalu masukkan ke dalam air mendidih.

3. Biarkan adonan bakso matang. Tidak sulit untuk tahu apakah adonan sudah matang atau belum. Cukup tunggu, kira-kira 20 menit hingga bulatan bakso terapung, tanda sudah matang.

4. Angkat bakso, lalu tiriskan.

Cara Membuat Kuah Bakso Malang Karapitan

1. Rebuslah air sebanyak 2 liter di dalam panci. Masukkan tulang sapi, bawang putih halus, merica bubuk dan garam. Biarkan hingga mendidih.

2. Setelah air mendidih dan aroma kaldu telah tercium, matikan api. Lalu angkat.

3. Taburkanlah irisan daun bawang dan juga irisan seledri.

Setelah rangkaian pembuatan bakso selesai, Anda dapat mulai meracik penyajian bakso. Siapkan mangkok lalu isi dengan mie bihun, tahu dan juga bakso lalu tuangi dengan kuah bakso yang telah dibuat tadi. Taburi dengan bawang goreng agar terasa lebih sedap. Nikmati selagi hangat.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bumbu Bakso, Rahasia Kelezatan Semangkok Bakso

0 komentar