Cara Membuat Bakso Sapi Rasa Mantab Menggugah Selera

Siapa, sih, yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Hampir semua orang mengenal apa yang dinamakan bakso. Bahkan tidak jarang banyak orang ingin tahu cara membuat bakso sapi. Makanan yang berbentuk bulat terbuat dari daging sapi dengan rasa menggugah selera pada dasarnya tidak susah untuk dimasak. Dari segi bahan, ia menawarkan varian hingga bermacam-macam mulai dari daging sapi, kerbau, ikan, hingga ayam. Tetapi memang, pilihan paling umum digunakan tidak lain adalah sapi.


Dari segi rasa, tiap jenis menyuguhkan aroma serta cita rasa berbeda. Jika begitu, kali ini bakso seperti apa yang akan dibuat? Ada sekian banyak pilihan tapi manakah yang paling baik? Jika dilihat baik atau tidaknya, masing-masing bahan memiliki keunggulan tersendiri. Tapi, untuk percobaan pertama sebaiknya menggunakan daging sapi. Teksturnya lebih lembut, aromanya lebih harum, dan lebih mudah diatur. Nah, sudah siap untuk mencoba membuatnya? Ikuti resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

- Daging sapi
- Tepung kanji
- Lada bubuk
- Garam
- Daun bawang
- Bawang putih
- Bawang merah
- Es batu
- Air
- Tulang sapi untuk membuat kuah

Cara Membuat:

1. langkah awal selalu dimulai dari mengumpulkan semua bahan-bahan. Diperlukan daging, tepung, dan air. Ditambah bumbu-bumbu agar rasa menjadi lebih lezat. Besar jumlah bahan disesuaikan dengan seberapa banyak Anda hendak ingin membuatnya. Setelah semua bahan terkumpul, buatlah kuah terlebih dahulu.

2. Caranya, campurlah bawang merah dan bawang putih. Masak sebentar dengan sedikit minyak. Kemudian haluskan menggunakan ulekan. Sisihkan sebentar.

3. Ambil panci. Isi dengan air secukupnya. Masukkan tulang sapi ke dalamnya. Tutup dan rebus hingga matang. Kuah hasil rebusan akan menjadi kaldu.

4. Langkah selanjutnya, ambil panci dan isilah air didalamnya. Rebuslah hingga akan mendidih. Masukkan bumbu yang telah diulek tadi. Masukkan juga gula pasir, garam dapur, dan merica.

5. Tidak lupa masukkan kaldu rebusan. Agar rasa kuah menjadi lebih kaya, irisan daun bawang pada bagian putihnya perlu dimasukkan ke dalam kuah.

6. Selanjutnya tunggulah hingga rebusan matang. Dinginkan. Lalu beralih membuat bakso.

7. Cara membuat bakso sendiri pertama-tama masukkan tepung kanji, ulekan bawang merah dan bawang putih. Bubuhkan lada serta garam didalamnya. Jangan lupa memasukkan daging sapi ke dalam wadah.

8. Cara paling mudah agar adoan bisa tercampur secara merata adalah diuleni. Teknik mencampur bahan, dilakukan baik menggunakan tangan, mesin giling, maupun alat pengaduk eletronik lain. Setelah adonan menyatu hingga halus masukkan sedikit es batu.

9. Fungsi dari penambahan es ini agar adonan bisa menjadi lebih empuk sehingga menjadi lebih mudah untuk dibentuk.

10. Buat bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan dan bantuan sendok. Bila adonan banyak, gunakan mesin pencerak khusus. Lakukan hingga seluruh adonan habis dibuat.

11. Langkah selanjutnya, rebuslah air ke dalam panci hingga mendidih. Masukkan semuanya didalamnya dan tunggu hingga ia sedikit membesar dan berubah warna menjadi lebih terang. Cara lain bisa dilihat dari munculnya bakso ke permukaan. Jika sudah begini, artinya sudah jadi.

12. Setelah semua jadi, Anda tinggal merebus kembali bakso ke dalam kuah yang sebelumnya telah dibuat. Jadilah bakso lezat rasa nikmat.

Hampir semua orang pernah mencicipi makanan ini tapi belum banyak yang tahu bagaimana cara membuat bakso sapi. Setelah melihat ulasan d atas, rasanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Bahkan bisa dibilang, cukup mudah. Ulasan di atas dapat membantu siapa saja yang ingin tahu tehnik atau langkah-langkah membuat bakso dengan tepat. Semoga dapat membantu.

Menghasilkan: 20 Mangkok
Porsi: 20 Orang
Waktu Persiapan: 1 Jam
Lama Masak: 2 Jam

0 komentar