Resep Cara Membuat Kuah Bakso Malang Enak Nan Spesial

Malang adalah sebuah kota yang terdapat di Pulau Jawa. Lebih tepatnya, kota yang ini berada di Provinsi Jawa Timur. Kota malang ini sangat terkenal di Indonesia. Salah satu hal yang menyebabkan kota tersebut terkenal adalah masakan kuliner berupa bakso. Walaupun masakan bernama bakso ini banyak beredar di hampir setiap daerah Negara Indonesia, akan tetapi bakso dari daerah Malang tetap memiliki rasa yang sangat khas. Oleh karena hal ini, maka banyak orang yang menyukainya. Salah satu penyebab bakso malang terasa enak adalah kuahnya. Berikut ini terdapat ulasan tentang resep kuah bakso Malang.


Baca: Resep Cara Memasak Kuah Bakso Enak Nan Spesial

Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso Malang

Salah satu penyebab sebuah hidangan pentol bakso terasa nikmat adalah kuahnya. Hal ini juga berlaku untuk bakso malang. Anda juga bisa membuat kuah bakso malang yang lezat. Akan tetapi sebelumnya persiapkanlah terlebih dahulu segala macam bahan yang dibutuhkan. Berikut ini berbagai macam bahan yang diperlukan untuk membuat kuah bakso khas Kota Malang yang nikmat.
- Tulang bagian lutut sapi sebanyak 2 buah
- Tulang iga sapi 1 kg
- Air sesuai kebutuhan
- Daun bawang merah yang dipotong tipis dan kecil sebanyak 2 ikat
- Bawang putih yang telah dimemarkan 5 siung
- Merica 1 sendok teh
- Jahe 1 ruas jari
- Daun seledri yang dipotong kecil-kecil sesuai selera
- Bawang merah yang telah digoreng sesuai kebutuhan
- Garam
- Penyedap rasa

Baca: Resep Membuat Bumbu Kuah Bakso Solo Super Enak



Cara Memasak Bakso Kuah Bakso Malang

Jika semua bahan diatas telah anda sediakan, langkah selanjutnya yaitu memasak berbagai macam bahan tadi agar menjadi kuah bakso yang nikmat dan menggoda. Untuk menciptakan kuah bakso yang enak, maka ikutilah proses memasaknya sesacara urut. Berikut ini tahapan untuk menciptakan sebuah kuah yang nikmat.

1. Ambil dan potong-potong sesuai selera tulang iga dan lutut sapi tersebut. kemudian cuci dengan air sampai benar-benar bersih, lalu letakkan pada sebuah wadah.

2. Siapkan panci dan masukkan air kedalamnya. Panaskan sampai mendidih.

3. Sambil menunggu air dalam panci mendidih, langkah berikutnya yaitu menumis bawang putih. ambillah wajan dan tambahkan minyak kedalamnya. Kemudian masukkan bawang putih yang telah dimemarkan kedalam wajan tadi dan tumis sampai harum.

4. Tambahkanlah bawang putih tadi kedalam air di panci yang telah mendidih.

5. Masukkan juga tulang lutut dan iga sapi kedalamnya. Tambahkan bumbu-bumbu seperti merica, daun bawang, garam, dan jahe. Aduklah semua bahan tadi agar tercampur secara merata.

6. Tunggulah beberapa saat agar bumbu meresap pada daging tulang lutut dan iga sapi tersebut serta kedua tulang tersebut juga matang,

7. Setelah matang, ambilah mangkok dan masukkan kuah tadi beserta potongan tulang iga dan lutut sapi kedalamya. Maka kuah bakso khas Malang siap untuk dikonsumsi.

Demikianlah berbagai bahan yang dibutuhkan dan tahapan-tahapan dalam membuat masakan resep kuah bakso Malang yang spesial. Adanya resep masakan yang satu ini akan menambah wawasan anda dalam pengolahan sebuah kuah bakso khas malang yang nikmat. dengan menguasai cara membuat kuah bakso khas Malang ini, maka anda dapat membuat masakan yang enak untuk keluarga. Selain itu, anda juga dapat membuka bisnis masakan kuliner bakso kuah khas Malang dilingkungan tempat tinggal. Selamat mencoba ya!.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi: 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Resep Masakan Kuliner Bakso Sapi Kenyal Yang Nikmat

0 komentar