Cara Membuat Bakso Besar Terenak

Perkembangan jaman yang semakin modern ini menjadikan kuliner kini telah mengalami banyak kemajuan. Saat ini telah banyak kuliner yang bermunculan dengan beragam variasi untuk menarik minat kalangan masyarakat. Salah satu yang paling populer dan digemari oleh sebagian besar masyarakat adalah bakso. Bakso merupakan salah satu makanan yang terbuat dari daging sapi dan dibuat bulatan-bulatan seperti bola. Bakso ini disajikan dengan kuah yang memberikan cita rasa dan aroma khas bakso yang sangat menggoda. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat menggemari makanan yang satu ini. Penyajiannya biasanya dilengkapi dengan mie atau bahkan kupat. Bakso kini telah mengalami kemajuan yang pesat. Banyak penjual bakso yang mencoba membuat inovasi baru terhadap bakso agar memiliki ciri yang unik dan lain daripada yang lain. Tidak hanya bakso yang divariasi dengan isi telur, cabe atau juga keju. Kini telah muncul bakso dengan ukuran besar yang akhir-akhir ini sangat ramai dibicarakan. Bakso besar ini pun beragam macamnya. Ada yang diisi dengan telur didalamnya, ada juga yang diisi bakso-bakso dengan ukuran kecil. Penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? Mari kita intip langkah-langkah untuk membuat bakso jumbo ini.


Baca: Resep Kuah Bakso Solo Asli Yang Nikmat

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Besar

- Daging giling 1500gr
- Bawang merah dan bawang putih 30gr
- Pengenyal 20gr
- Tepung tapioka 500gr
- Isulated soy protein 250gr
- Merica sesuai selera
- Penyedap sesuai selera
- 5 sdt garam
- 600gr es batu

Baca: Cara membuat Bakso Goreng Pedas dan Nikmat

Ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso berukuran besar. Jika bahan-bahan sudah lengkap dipersiapkan, maka anda bisa memulai untuk membuat bakso yang berukuran besar ini. Berikut adalah cara membuatnya.

Cara Membuat Bakso Besar

1. Pertama-tama masukkan es batu ke dalam mesin giling bakso atau bisa juga diganti dengan air es. Setelah itu tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian garam, merica, penyedap rasa dan juga pengenyal bakso. Setelah itu giling hingga tercampur merata dan kemudian tambahkan tepung tapioka ke dalam adonan. Lalu aduk kembali hingga tercampur dan merata sampai adonan ini kalis.

2. Setelah itu siapkan air secukupnya dan rebus di dalam panci hingga mendidih. Setelah mendidih, kemudian matikan api.

3. Cetak adonan dengan mangkok atau bisa juga menggunakan sendok besar yang sudah dibasahi air agar adonannya tidak lengket.
Kemudian dibentuk dan tekan-tekan menggunakan spatula hingga adonan tersebut membentuk bulatan-bulatan bola dengan sempurna.

4. Baru kemudian masukkan adonan bakso yang sudah dibentuk tersebut ke dalam air yang sudah direbus mendidih tadi. Lalu tunggu hingga bakso tersebut mengambang, kemudian baru diangkat dan ditiriskan. Jika bakso ukurannya sangat besar, anda bisa sambil menyalakan api namun dengan api kecil saja agar tidak terlalu panas. Karena bisa membuat bakso menjadi brekele.

Bakso besar ini merupakan variasi bakso yang kini sedang sangat populer dan digemari. Cara membuatnya pun ternyata hampir sama dengan membuat bakso pada umumnya. Hanya saja pada bentuk bakso ini dibuat dengan ukuran jumbo atau besar. Dengan langkah-langkah membuat bakso ini sendiri, ukurannya bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan anda. Selain itu jika anda ingin membuat variasi lainnya, anda pun bisa memberikan isi pada bakso dengan ukuran besar ini. Baik itu telur atau mungkin anda ingin mencoba memasukkan bakso-bakso kecil didalamnya. Cukup mudah bukan langkah-langkah untuk membuat bakso yang satu ini? Waktu yang dibutuhkan untuk memasak bakso ini mungkin sedikit lama, karena bakso ini memiliki ukuran yang besar dan tentu tingkat kematangannya lebih memakan waktu. Untuk anda penyuka bakso, anda mungkin bisa mencoba mempraktekkan resep ini dirumah.

Porsi: 10 Mangkok
Persiapan: 45 menit
Durasi memasak:
1jam

Baca: Resep Kuah Bakso Enak dan Gurih


0 komentar