Resep Mudah Membuat Bakso Tengkleng Sederhana

Menu makanan bernama bakso sangat terkenal di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jenis masakan yang satu ini merupakan kuliner yang sangat disukai oleh masyarakat. Di tengah gempuran berbagai macam masakan zaman modern, bakso masih tetap menjadi favorit dikalangan penduduk Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, makanan ini juga memiliki harga yang murah. Sehingga selalu memiliki tempat di hati warga negara kepulauan ini. Seiring dengan perkembangan zaman, menu bakso pun mengalami berbagi modifikasi atau perubahan. salah satu perubahan tersebut adalah dengn hadirnya model bakso tengkleng. Model kuliner hasil modifikasi ini banyak diminati oleh para penduduk Indonesia.


Bagi anda yang hobi mencoba berbagai resep masakan, maka tidak ada salahnya untuk bereksperimen membuat hidangan bakso tengkleng. Selain biasa menambah keahlian anda dalam memasak. Membuat menu ini sendiri juga mampu menghemat pengeluaran. Selain itu, dengan membuat sendiri, maka kebersihan dan kehigienisan akan terjamin.

Baca: Resep Membuat Hidangan Bakso Daging Ayam Sederhana

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Tengkleng

Bakso tengkleng merupakan salah satu variasi masakan bakso dengan tengkleng didalamnya. Menu makanan yang satu ini lagi favorit ditengah masyarakat Indonesia. untuk membuat hidangan yang fenomenal di Indonesia ini, perlu mempersiapkan berbagai macam hal, akan cita rasa yang nikmat dapat diperoleh. Berikut ini beberapa bahan untuk membuat hidangan bakso tengkleng sederhana.

Bahan Pembuat Bakso
- Daging sapi sebanyak 1 kg
- Bawang putih dihaluskan sebanyak 4 siung
- Tepung kanji atau tapioka sebanyak 100 gram
- Lada bubuk 1 sendok teh
- Garam secukupnya
- Air secukupnya
- Es batu, dihancurkan secukupnya
- telur sebanyak 1 butir

Bahan untuk kuahnya
- Tulang sapi 1 kg, dipotong pendek
- Air secukupnya

Bumbu kuahnya
- Bawang putih halus yang digoreng sebanyak 6 siung
- Bawang merah halus yang digoreng sebanyak 4 siung
- Garam secukupnya
- Merica 1 sendok teh
- daun bawang sebanyak 2 batang diiris tipis
- air

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat

Langkah Membuat Bakso Tengkleng

Jika semua bahan telah tersedia secara lengkap, maka tiba saatnya untuk memasak. Dalam memasak bakso tengkleng yang spesial ini, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Ambilah daging sapi dan iris kecil. masukkan mesin penggiling, tambahkan bawang putih, telur, garam merica. giling sampai semuanya tercampur merata.

2. Jangan lupa tambahkan air es dalam adonan tersebut. Tambahkan tepung kanji. aduk semuanya sampai tercampur sempurna.

3. Setelah poin nomer 2 selesai, taruhlah adonan tadi kedalam sebuah wadah. Ulenilah agar kalis dan jika kurang bisa tambahkan es.

4. buatlah bulatan-bulatan bakso dari adonan tersebut. Untuk masalah ukurannya bisa menyesuaikan selera masing-masing.

5. Panaskan air pada sebuah panci sampai mendidih. Masukkan bulatan tadi ke dalamnya. Tunggu sampai mengapung. Angkat dan tiriskan pentol bakso yang telah mengapung.

6. setelah semua langkah diatas selesai, masaklah air lagi pada sebuah kompor. Masukkan bumbu kuah bakso tersebut.

7. Masukkan pula tulang sapi yang telah dipotong pendek. Aduk dan tambahkan garam serta merica secukupnya. Tunggu sampai daging yang terdapat pada tulang sapi tadi matang.

8. Setelah semuanya siap, ambillah mangkok dan letakkan bakso di dalamnya. Tambahkan kuah dan balungan sapi tersebut. Apabila ada, bisa ditambahkan dengan saos sambal atau kecap sesuai selera. Maka bakso tengkleng sederhana siap untuk di makan.

Demikianlah tutorial membuat bakso tengkleng sederhana yang dapat dipraktekkan di rumah masing-masing. Dengan memiliki keahlian masak ini,maka akan menghemat pengeluaran uang anda.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara Buat Bakso Ayam, Resep Sederhana Dan Praktis







0 komentar