Resep Bakso Telor

Salah satu menu sajian berkuah yang paling banyak disukai khususnya oleh masyarakat Indonesia adalah Bakso. Bakso pada umumnya terbuat dari daging sapi maupun daging ayam yang digiling dan diolah hingga bentuknya menjadi bulat bulat. Biasanya bentuk bulatan bakso ini dibuat dari bulatan yang terkecil hingga bulatan raksasa yang biasa disebut dengan bakso jumbo atau bakso raksasa. Dari berbagai macam jenis hidangan bakso maka salah satu kreasi bakso yang paling banyak dicari adalah bakso telor. Meski bakso ini mudah untuk ditemui dimana saja dan bahkan anda dapat membelinya disekitar rumah anda. Namun hal tersebut juga tidak mengurungkan niat beberapa orang yang ingin tahu bagaimana cara untuk membuatnya. Kini sajian ini dapat dibuat sendiri dirumah anda dengan menggunakan beberapa bahan sederhana yang mudah untuk anda temukan dimana saja. Terlebih jika cara pembuatan resep bakso telor ini juga sangat mudah untuk dilakukan sehingga siapa saja dapat mencobanya. Untuk anda yang sudah penasaran maka langsung saja intip resepnya dibawah ini.


Baca: Resep Bakso Tenis

Bahan Bakso Telor :
- Daging sapi atau ayam 250 gram (digiling)
- Telur ayam 6 butir (direbus)
- Telur ayam mentah 1 butir
- Merica bubuk ½ sendok teh
- Pala bubuk ¼ sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Maizena 1 sendok makan
- Margarine 3 sendok makan
- Bawang bombai ½ butir
- Air 150 ml
- Kecap manis 1 sendok makan
- Kaldu instan ¼ sendok teh
- Tepung tapioka 1 sendok makan (dilarutkan dengan air 25 ml)
- Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Yang Dihaluskan :
- Bawang putih 4 siung
- Bawang merah 8 butir
- Garam ½ sendok makan

Baca: Resep Membuat Bakso Ikan Tengiri

Cara Pembuatan Bakso Telor :
1. Yang pertama campurkan daging giling bersama dengan tepung maizena dan merica bubuk, telur serta pala bubuk dan juga garam.

2. Aduk adonan hingga merata dan lapisi telur dengan menggunakan adonan daging hingga permukaan telur tertutup rata.

3. Panaskan minyak dan goreng bakso telur hingga merata.

4. Setelah itu angkat dan sajikan.

5. Berikutnya panaskan margarine dan tumis bawang bombay beserta dengan bumbu yang telah dihaluskan.

6. Jika tumisan menjadi harum maka tambahkan air, kecap manis, kaldu dan tunggu hingga mendidih.

7. Setelah itu masukkan bakso telur dan tambahkan tepung tapioka serta biarkan hingga kuahnya mengental.

8. Jika sudah maka dapat langsung dicicipi.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari bakso telor. Kini anda pun dapat membuatnya sendiri dirumah sebagai kreasi bakso yang sangat spesial. Khususnya apabila keluarga anda merupakan orang yang sangat gemar mengonsumsi bakso maka kini anda dapat membuatkannya untuk menambah antusias saat menyantapnya. Bakso juga dapat disajikan untuk beberapa acara lain seperti acara keluarga. Dan bakso juga dapat disantap saat sedang bersantai bersama dengan keluarga atau kerabat dekat. Dengan menggunakan resep diatas maka kini anda dapat membuat bakso telor sendiri dengan takaran porsi yang anda inginkan. Bagi anda yang ingin menambahkan beberapa bahan pelengkap lainnya maka anda pun dapat menyantap bakso telor ini bersama dengan mie bihun, mie kuning, irisan daun bawang atau irisan sayur sawi. Anda pun juga dapat menambahkan kecap, saus dan juga sambal sesuai dengan selera. Cara untuk membuat bakso telor juga sangat mudah sehingga anda pun dapat meluangkan waktu untuk mencoba membuatnya.

Menghasilkan : 6 mangkok
Porsi : 6 orang
Waktu persiapan : 25 menit
Lama masak : 50 menit

Baca: Resep Bakso Goreng Kopong

0 komentar