Resep Kuah Bakso Solo Asli Yang Nikmat

Indonesia memiliki makanan khas yang sangat beragam. Salah satunya adalah bakso. Bakso merupakan salah satu makanan yang populer dan sangat digemari oleh sebagian besar orang. Bakso pun kini telah memiliki variasi yang beragam. Sehingga memberikan pilihan pada penyuka bakso untuk menikmati makanan ini dengan variasi cita rasa yang berbeda. Banyak sekali jenis bakso yang bisa kita temui. Salah satunya bakso yang cukup terkenal dan legendaris adalah bakso solo. Bakso solo ini memiliki rasa yang khas dan memiliki peminat yang cukup banyak saat ini. Pada dasarnya semua bakso adalah sama, yaitu bulatan daging sapi yang dilengkapi dengan mie atau bihun didalam penyajiannya dan disajikan dengan kuah bakso. Kuah inilah yang membedakan cita rasa bakso yang satu dengan yang lainnya. Seperti halnya bakso solo. Anda tentu penasaran bukan bagaimana resep kuah bakso solo ini yang dikenal enak dan lezat. Berikut ini adalah cara membuat kuah bakso solo asli yang nikmat.


Baca: Cara membuat Bakso Goreng Pedas dan Nikmat

Bahan-bahan Untuk Resep Kuah Bakso Solo

- Tulang iga secukupnya
- 7 liter air
- 1 siung jahe yang dimemarkan
- Penyedap rasa sapi secukupnya
- Garam secukupnya
- Bawang merah goreng
- 100 gr bawang putih
- Daun bawang 2 batang
- 1 gr merica
- Irisan daun seledri secukupnya

Baca: Resep Kuah Bakso Enak dan Gurih

Setelah menyiapkan bumbu-bumbu dan juga bahan untuk membuat kuah bakso solo ini, maka selanjutnya kita tinggal mengikuti langkah-langkah untuk mengolah kuah bakso solo ini agar siap disajikan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kuah bakso solo.

Cara Membuat Resep Kuah Bakso Solo

1. Pertama-tama rebus 7 liter air ke dalam panci dan tunggu hingga masak atau mendidih.

2. Setelah itu sembari menunggu air dalam panci mendidih, bawang putih dimemarkan atau digeprek lebih dulu kemudian setelah itu ditumis sebentar hingga mengeluarkan aroma yang harum.

3. Baru kemudian setelah air dalam panci sudah mendidih, anda bisa memasukkan bawang putih yang sudah ditumis ke dalam air rebusan. Selain itu juga masukkan bumbu-bumbu lainnya seperti daun bawang, garam, jahe yang sudah dimemarkan, dan juga tulang iga kemudian tunggu hingga masak.

4. Setelah masak, tambahkan penyedap rasa ke dalam kuah olahan yang sudah dibuat. Anda juga bisa menambahkan garam jika dirasa masih kurang. Lalu setelah itu tunggu hingga kuah tersebut mengeluarkan kaldu dan siap untuk disajikan sebagai kuah bakso solo.

Resep kuah bakso solo ini ternyata cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Bumbu dan bahan yang perlukan juga sangat mudah untuk dicari dan ditemukan. Jadi, anda tidak akan kesulitan untuk membuat kuah bakso solo asli ini sendiri dirumah. Resep sederhana ini bisa dijadikan referensi jika anda ingin menikmati bakso dengan cita rasa khas bakso solo. Selain itu anda pun bisa juga menjadikannya salah satu resep untuk membuat kuliner bakso, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan anda bukan? Anda juga bisa menyajikan bakso solo ini pada momen-momen seperti lebaran, atau pada acara-acara yang memungkinkan anda menyediakan menu makan sebagai sajiannya. Untuk membuat kuah bakso solo ini pun tidak memakan waktu yang terlalu lama. Sehingga akan sangat efektif bagi anda yang ingin menyajikan makanan berat namun dikejar oleh waktu. Cita rasanya pun bisa anda sesuaikan dengan selera anda dan tentu juga lebih hemat jika anda membuatnya sendiri dengan hasil porsi yang banyak.

Porsi: 10 mangkok
Persiapan: 15 menit
Durasi memasak: 1 jam
Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Sapi Ala Rumah



0 komentar