Resep Bakso Samrat Solo

Bakso merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat di seluruh bagian Indonesia. Bakso ini kini telah memiliki banyak variasi dan beragam. Mulai dari ukuran hingga variasi yang membuat rasa bakso menjadi unik. Salah satu bakso yang sangat familiar dan cukup banyak dikenal adalah bakso samrat solo. Bakso ini merupakan bakso yang memiliki cita rasa yang tidak diragukan lagi dan tentu nagih. Bakso ini sudah banyak dikenal tidak hanya oleh masyarakat solo saja. Namun juga oleh masyarakat luar kota, bahkan bakso ini pun cabangnya sudah cukup banyak di luar kota seperti di Jakarta.


Apa sih yang membedakan bakso solo ini dengan bakso-bakso yang lain? Ternyata bakso ini memiliki banyak pilihan jenis bakso seperti urat, tenis, biasa atau puyuh. Bakso ini juga memiliki cita rasa yang lain daripada bakso lainnya. Hal ini karena rasa kuahnya yang khas dan juga baksonya yang menggunakan komposisi daging yang banyak. Dengan kata lain, bakso yang terkenal enak ini benar-benar asli daging dan benar-benar bakso. Bukan ditipu dengan komposisi tepung yang banyak. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat bakso yang satu ini.

Baca: Cara Membuat Bakso Besar Terenak

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Samrat

Untuk membuat pentol bakso:
- ½ kg daging sapi sengkel segar tidak dicuci dan dibuang serat-seratnya serta diiris tipis
- 4 sendok teh garam grasak
- 50gr putih telur
- ½ sendok teh poly powder
- 1 sendok teh penyedap rasa
- 225gr es serut
- 1 sendok makan bawang merah goreng
- 250gr tepung sagu
- 1 siung bawang putih dan dihaluskan
- ½ sendok teh merica bubuk

Untuk membuat kuah bakso dan diaduk hingga rata
- 50gr bawang merah goreng, haluskan
- 25gr bawang putih goreng, haluskan
- 75gr garam
- 1 sendok teh penyedap rasa
- 1 sendok makan merica bubuk
- 25gr gula pasir

Bahan Untuk membuat siomay atau pangsit:
- 1 sendok teh garam
- 1 butir telur
- 1 batang daun bawang diiris halus
- 24 lembar kulit pangsit
- ¼ sendok teh backing powder
- Minyak untuk menggoreng
- 100gr tepung sagu

Baca: Resep Kuah Bakso Solo Asli Yang Nikmat

Cara Membuat Bakso Samrat Solo

1. Untuk membuat bakso solo ini langkah yang pertama harus dilakukan adalah memasukkan daging sapi dan juga garam dalam food processor. Kemudian giling hingga agak halus.

2. Kemudian masukkan poly powder, putih telur, bawang putih, es serut, merica bubuk, bawang putih dan bawang merah goreng, dan juga penyedap rasa. Baru setelah itu giling kembali hingga halus.

3. Setelah itu tambahkan tepung sagu dan digiling hingga adonan kalis. Setelah itu adonan dibagi dua, yang satu digunakan untuk membuat bakso dan yang satu bagian lagi untuk membuat siomay, bahan isi tahu.

4. Satu bagian untuk membuat bakso ini kemudian dibentuk bulatan-bulatan seperti bola dan kemudian dimasukkan kedalam air panas dan direbus hingga pentol bakso tersebut mengapung. Barulah diangkat dan tiriskan.

5. Adonan daging yang satu lagi kemudian dicampur dengan telur, tepung sagu, garam dan daun bawang. Kemudian campur hingga merata bahan tersebut, lalu ambil lembaran pangsit yang ada dan isi dengan adonan daging yang sudah dicampur tadi.

6. Lipat bentuk limas dan masukkan sisa campuran daging ke dalam tahu.

7. Setelah itu kukus siomay atau pangsit yang sudah dibuat kira-kira 20 menit. Bisa juga digoreng hingga matang.

Inilah langkah-langkah untuk membuat bakso samrat solo yang terkenal dengan kuah dan juga baksonya yang enak. Siomay atau pangsit yang ada tersebut digunakan sebagai pelengkap dari bakso samrat ini. Mungkin cara membuat bakso yang satu ini memang sedikit lebih repot dibandingkan membuat bakso yang biasanya. Namun inilah yang membuat cita rasa dan kelezatan dari bakso ini sangat menggoda dan tentu akan menggoyang lidah anda. jadi untuk anda yang penasaran dengan bakso yang merupakan favorit orang solo ini, anda bisa mempraktekkan resep ini.

Porsi bakso: 10-15 pentol bakso
Porsi siomay: 24 pangsit
Persiapan: 45 menit
Durasi memasak: 2 jam
Baca: Cara membuat Bakso Goreng Pedas dan Nikmat

0 komentar