Resep Bakso Ikan Mantap dan Lezat

Resep bakso ikan dengan rasa lezat dan mantap bisa Anda buat di rumah. Dibuat menggunakan rempah asli Indonesia, bisa menghasilkan taste yang enak dan sedap. Berikut bahan yang perlu disiapkan serta cara membuatnya.


Bahan-bahan baso:

- Daging ikan 500 gr
- Air es 125 ml atau secukupnya (gunakan juga untuk merendam baso)
- kecap ikan 1 sendok makan
- tepung maizena 2 sdm
- garam secukupnya (1 sampai 3 sdt)
- gula pasir setengah sdm
- baking powder seperempat sendok teh
- baking soda setengah sdt
- merica bubuk 1/2 sdt
- kaldu bubuk (opsional) 1/2 sdt
- minyak goreng setengah sdm

Bahan Kuah Baso:

- kaldu dr rebusan bakso 2 liter air
- merica bubuk 1 sdt
- kaldu bubuk
- daun bawang
- kecap ikan sesuai selera
- 5 buah bawang putih, dihaluskan
- garam secukupnya
- bawang merah (digoreng), sebagai taburan
- minyak untuk menumis

Cara Membuat Bakso ikan

1. Siapkan ikan, potong kecil-kecil lalu masukkan ke dalam food processor atau pun alat pencincang daging biasa seperti blender. Tambahkan 5 sendok makan dari es sedikit demi sedikit hingga cincangan daging membentuk gumpalan.

2. Setelah itu, angkat plus tuangkan ke dalam mangkuk besar. Sediakan juga mangkuk berukuran kecil, masukkan sisa air es, kecap, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng serta tepung maizena dalam mangkuk.

3. Tambahkan larutan tepung ke permukaan adonan ikan, aduk perlahan. Biarkan cairan terserap. Kemudian aduk hingga benar-benar merata.

4. Sediakan mangkok yang didalamnya berisi air es. Ambil adonan dan bantingkan ke mangkuk, jangan lupa basahi dulu tangan anda supaya tidak lengket. Lakukan smp 10x atau sampai gumpalan adonan terlihat lembut dan kenyal. Manfaat dari membantingkan yaitu untuk memastikan serat daging terlepas juga tidak saling menggumpal.

5. Permukaan mangkuk di alasi dengan plastik, taruh adonan dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.

6. Setelah 30 menit, keluarkan adonan. Ambil 1 sdm adonan dengan menggunakan sendok lainnya, kemudian bentuk menjadi bulatan berdiameter 1,5 cm. Setelah itu tuangkan ke dalam air panas. Lakukan sampai semua selesai.

7. Sesudah panci dipenuhi oleh adonan, kompor dihidupkan lagi. Rebus menggunakan api kecil. Tidak usah mendidih hingga bergolak, air dimasak sampai mengeluarkan letupan-letupan kecil saja. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.

8. Jika anda belum tahu tingkat kematangannya, coba ambil satu baso kemudian belah. Jika masih berwarna pink, berarti belum matang dan rebus lagi.

9. Sediakan mangkok yang isinya air + es batu, baso ditiriskan menggunakan saringan kawat, air disisihkan untuk kuahnya.

10. Bakso kemudian dimasukkan ke dalam air berisi es, rendam sampai dingin.

11. Bakso pun siap di santap dengan kuahnya (atau simpan dalam freezer).

Cara Membuat Kuah Bakso
1. Sediakan wajan, tambahkan 1 sdm minyak goreng. Tambahkan juga bawang putih, tumis sampai harum dan matang. Kemudian angkat.

2. Siapkan panci yang telah diisi air rebusan baso, masukan tulang belulang ayam (jika ada). Masukan tumisan bawang putih, kecap, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus sampai mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga benar-benar matang. Cicipi rasanya. Angkat.

3. Sajikan baso selagi hangat.

Mudah bukan cara membuat resep bakso ikan? Santap dalam keadaan hangat, terutama saat cuaca dingin maupun hujan. Selamat mencoba!

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam
Description: Resep bakso ikan yang mantap dan lezat bisa dilakukan di rumah secara mudah. Bahannya mudah dicari.






0 komentar