Resep Bakso Sapi Kuah Yang Segar, Enak Dan Makyus

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar kata bakso. Pasti akan teringat dengan makanan yang berbentuk bulat dan paling enak di makan ketika hujan turun. Bakso menjadi makanan favorit semua kalangan. Tak hanya masyarakat kalangan bawah saja, tapi sampai orang kaya raya pun pasti akan menyukai bakso. Apalagi saat ini bakso banyak banget jenisnya. Kemarin ada yang namanya bakso beranak, bakso setan, bakso telur dan masih banyak lainnya. Resep bakso sapi ini memang mudah dibuat. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan.

Baca: Macam-Macam Resep Kuah Bakso yang Enak Dan Segar


Sebentar lagi, hari raya idul adha. Pasti stok daging sapi di rumah sangat banyak sekali. Mungkin anda bingung, akan diolah menjadi apa daging sapi yang banyak sekali. Dibuat bakso sapi bisa menjadi pilihan yang tepat buat anda. Selain itu bakso lebih tanah lama, anda bisa menyimpannya di dalam freezer dan dimasak kapan saja. oleh karena itu kita akan membahas cara membuat bakso sapi yang enak, segar dan mudah.

Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi

- 300 gram es batu, hancurkan. Bisa memakai air es yang dingin
- 750 gram daging sapi tanpa lemak
- 5 siung bawang putih, iris lalu di goreng
- 3 butir telur, diambil putih telurnya saja
- 4 siung bawang putih, dihaluskan tanpa di goreng
- 1 sendok teh baking powder
- 1 sendok makan garam
- 100 gram tepung tapioka yang bagus
- Air untuk merebus secukupnya

Baca: Resep Bakso Daging Sapi Yang Kenyal Dan Enak

Tahapan Membuat Bakso Sapi Yang Enak

1. Daging sapi yang sudah anda siapkan, haluskan dengan food procesoor atau blender sampai halus. Pada saat proses menghaluskan, bisa ditambah sedikit air es supaya lebih cepat halus.

2. Tambahkan bawang putih goreng, bawang putih yang dihaluskan, putih telur dan sisa es batu. Campur semua bahan sampai benar-benar halus dan tercampur dengan rata.

3. Lalu masukan baking powder dan tepung tapioka ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil tetap di aduk terus menerus. Campur semua adonan sampai halus dan lembut. Tidak begitu lengket ketika dipegang.

4. Rebus air di panci sampai mendidih, jika sudah mendidih ganti dengan api yang kecil.

5. Ambil sedikit adonan bakso, masukan ke dalam kepalan tangan. Lalu bagian adonan yang keluar dari ujung kembalan diangkat dengan memakai sendok dan dimasukan ke dalam air yang sudah didihkan.

6. Masukan semua adonan bakso sampai habis. Jika bakso sudah mengambang, angkat. Berarti bakso sudah matang.

Untuk membuat kuah baksonya, anda tinggal merebus air dengan tulang iga sapi. Tambahkan sedikit bumbu penyedap, garam dan irisan daun bawang. Lalu tambahan gula dan beberapa bubuk pelengkap lainnya. Tinggal disajikan selagi masih hangat. Jika anda ingin bakso yang lebih enak, bisa menambahkan sedikit daging ayam filet. Ini akan membantu rasa bakso lebih enak. Untuk penyimpanan tinggal dimasukkan ke dalam plastik tertutup dan diletakkan ke dalam freezer. Jika ingin memakannya, anda tinggal menggoreng atau merebusnya lagi. itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang resep bakso sapi yang enak dan segar. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Lama persiapan : 45 menit
Waktu masak : 1,5 jam
Tipe masak : makanan berkuah

Baca: Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Super Endess

0 komentar