Resep Bakso Urat Favorite Keluarga

Kreasi masakan bakso memang cenderung tidak pernah habis. Ya, salah satu masakan favorite masyarakat Indonesia ini memiliki banyak sekali variasi yang tentu saja akan membuat anda merasa leluasa untuk mengekspresikan keinginan memasak anda. Salah satu variasi bakso yang menjadi idaman dari masyarakat Indonesia adalah bakso urat. Ya, menu ini memang banyak tersedia di warung makan bakso yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, pernahkah anda mencoba membuatnya sendiri untuk keluarga anda? Berikut resep selengkapnya yang bisa anda coba di rumah.


Bahan-bahan yang diperlukan
Untuk membuat bakso ini, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Bahan-bahan tersebut termasuk mudah untuk ditemukan di sekitar kita sehingga tentu kita tidak perlu bingung untuk berbelanja. Nah, apa saja bahan yang diperlukan untuk pembuatan bakso? Simak penjelasannya.

Bahan untuk bakso urat spesial:

- 250 gr daging sapi berurat dipotong kasar
- 75 gr tepung tapioca
- 50 gr es batu dipecahkan kasar

Bumbu bakso:

- 2 sdm bawang merah goreng, haluskan
- 2 sdm bawang putih goreng, haluskan
- 1 sdt garam halus
- ½ sdt penyedap rasa, opsional
- ½ sdt merica bubuk

Bahan kuah bakso
- 1,000 ml air
- 2 sdm bawang merah goreng, haluskan
- 2 sdm bawang putih goreng, haluskan
- 2 sdt gula pasir
- 2 sdt merica bubuk
- ½ penyedap rasa, opsional
- garam secukupnya

Pelengkap sajian bakso
- Mie kuning dan bihun. Rendam di air panas, tiriskan
- Sledri, potong kecil
- Kecap manis
- Saos sambal
- Saos tomat
- Sambal rawit goreng
- Daun bawang, iris halus

Cara pembuatan resep bakso

Setelah semua bahan sebagaimana dijelaskan di atas sudah tersedia dengan lengkap, maka kita beralih untuk membahas cara pembuatan bakso urat istimewa untuk keluarga anda. Cara pembuatannya pun tergolong cukup sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus. Nah, lalu bagaimana cara pembuatan bakso ini? Selengkapnya di bawah ini:

1. Siapkan penggiling atau food processor

2. Masukkan daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, penyedap rasa dan garam halus ke dalam food processor tersebut. Proses beberapa saat dan pastikan sudah halus

3. Masukkan tepung tapioca yang sudah di siapkan perlahan ke dalam food processor lalu proses kembali hingga bercampur dengan rata

4. Setelah adonan kalis atau tidak lengket ditangan, maka adonan siap di proses

5. Bentuk bulatan adonan dengan menggunakan sendok dan tangan. Untuk ukuran bulatan bakso, anda bebas untuk berkreasi sesuai dengan keinginan anda.

6. Masukkan bulatan bakso yang sudah jadi ke dalam air panas dan lakukan terus menerus hingga adonan habis. Masak dengan api yang sedang hingga nanti bakso akan mengapung. Jika bakso sudah mengapung, tandanya bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan.

7. Diamkan bakso sementara waktu agar lebih dingin dan permukaan bakso tidak buyar saat di sajikan.

Kesuksesan pembuatan bakso selain dipengaruhi oleh pemilihan bahan yang tepat juga dipengaruhi oleh cara memasak yang benar. Nah, setelah bakso selesai dibuat, anda bisa membuat kuah dengan mencampurkan seluruh bahan kuah sebagaimana di atas dan di masak dengan api yang sedang dan tidak terlalu besar hingga mendidih.

Untuk penyajian, ambil mangkok dan tata bahan pelengkap bakso lalu tambahkan bakso dan siram dengan kuah mendidih. Cocok di hidangkan saat panas sebagai menu makan siang atau makan malam. Demikian resep bakso urat ini, selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam


0 komentar