Resep Membuat Bakso Ayam Yang Enak Dan Empuk

Bakso sebuah makanan yang terbuat dari bahan daging campuran tepung dan berbentuk bulat. Bakso termasuk makanan yang sangat popular di indonesia. Hampiri disetiap kota pasti ada yang namanya warung bakso. Ada bakso ayam, bakso sapi, bakso ikan dan lainnya. Mungkin ada salah satu orang penggemar bakso. Dibandingkan membeli bakso di warung, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri. Apalagi proses membuat bakso ayam sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana.


Setiap orang punya selera yang berbeda-beda atas makanan. Ada yang suka daging sapi, daging ayam dan lainnya. Sebagian besar bakso yang dijual di warung-warung adalah bakso sapi. Jadi jika anda tidak suka bakso sapi, tinggal diganti dengan daging ayam. Rasanya hampir sama, apalagi anda membuat porsi dagingnya banyak. Akan lebih kenyal, gurih dan enak. Bakso bisa disimpan ke dalam kulkas. Bisa di goreng atau dicampur dengan kuah. Makanan yang enak dan segar untuk dimakan. Mari langsung saja kita bahas tentang bahan dan cara membuat bakso daging ayam yang enak dan empuk.

Baca: Resep Sup Bakso Dengan Irisan Daging Ayam

Bahan Utama Membuat Bakso

- 1 kg daging ayam digiling
- 2 ons tepung kanji
- Es batu secukupnya

Bumbu Membuat Bakso Ayam
- 4 siung bawang putih
- 3 sendok makan bawang merah goreng
- 1 bungkus royco daging ayam
- ½ ons gula merah
- 1 sendok teh merica bubuk
- 4 sendok makan kecap
- 2 butir telur ayam

Baca: Resep Bakso Telor

Cara Membuat Bakso Ayam

1. Pisahkan daging ayam dari tulangnya, giling sampai halus. Lebih baik digiling di tempat penggilingan daging. Sehingga hasilnya lebih bagus dan halus. Anda juga bisa menggiling memakai blender. Tapi harus diblender minimal 2 kali.

2. Campurkan daging ayam yang sudah digiling, dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan tepung kanji. Campur semua bahan sampai tercampur rata dan kalis. Usahakan adonan jangan sampai terlalu lengket. Untuk hasil yang lebih kenyal, tambahkan es batu secukupnya

3. Panaskan air diatas kompor sampai mendidih. Ambil adonan dengan tangan, lalu dibuat bulat. Bulatan bakso langsung dimasukkan ke dalam didihan air tersebut.

4. Nanti bakso yang matang, akan mengambang. Jadi anda tinggal mengangkatnya dan sisihkan.

5. Untuk membuat kuah baksonya, didihkan air dan tambahkan tulang daging ayam. Sehingga membentuk kaldu ayam. Jangan lupa tambahkan merica, garam dan gula. Jika suka bisa ditambahkan bumbu penyedap.

Untuk penyajianya, tinggal siapkan mangkok. Tambahkan garam dan sayuran hijau. Masukan mie kuning dan mie putih. Siram dengan kuah bakso dan baksonya. Bakso ini bisa langsung di makan dengan kuah atau disimpan terlebih dahulu. Untuk penyimpanan. Masukan ke dalam plastik atau zipperplastik. Masukan kedalam freezer. Kalau anda ingin memakannya tinggal diambil dan siram air panas. Bisa digoreng, dimasak dengan makanan lain atau disiram kuah kaldu.

Jika anda ingin membuat bakso ayam yang didalamnya berisi telur atau bakso lainnya. Sebelum dimasukan ke dalam air. Siapkan satu buah telur ayam, kemudian tutupi dengan adonan bakso sampai tertutup rata. Tinggal masukan ke dalam didihkan air sampai matang. Begitu juga untuk membuat bakso isi lainnya. Mudah bukan? Tidak butuh waktu yang lama dan bahan yang rumit. Anda bisa membuat sendiri di rumah bersama keluarga

Menghasilkan : 15 mangkok
Porsi : 15 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Tenis


0 komentar