Resep Sup Bakso Dengan Irisan Daging Ayam

Hidangan bakso memang menjadi salah satu hidangan favorit baik untuk masyarakat indonesia maupun untuk wisatawan asing yang berkunjung ke negara tropis ini. Salah satu tujuan wisatawan asing datang ke Indonesia adalah untuk mencicipi makanan khas Indonesia yang mana sangat beragam dengan berbagai macam campuran rempah yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Salah satu menu yang juga banyak dicari adalah sup bakso yang sangat nikmat dan juga endes surendes.


Banyak orang bilang bahwa bakso adalah bahan yang bisa dicampur dengan berbagai macam masakan dan memang memiliki rasa yang sangat unik. Salah satunya yaitu sup dengan campuran bakso yang memang sudah banyak orang yang mencobanya sendiri. Sup yang satu ini memang tidak dijual di restoran atau tempat makan lainnya namun hanya bisa ditemukan dirumah kita sendiri atau bisa dibilang membuatnya sendiri. Cara membuat sup dengan bakso ini sangatlah mudah karena bahannya pun mudah ditemukan. Untuk lebih lanjut bisa disimak berikut ini.

Baca: Resep Bakso Telor

Langkah membuat sup bakso

Sebelum membuat supnya maka kita sediakan bahan-bahannya terlebih dahulu sehingga mudah untuk membuatnya.

Bahan-bahannya yaitu:
- Buncis 50 gram dan dipotong menjadi kecil-kecil
- Seledri 1 batang yang sudah dipotong halus
- Daun bawang 1 batang dipotong halus
- Bakso sapi
- Ayam 5 bagian sayap atau paha yang sudah dipotong-potong dan direbus
- Kol 4 lembar dipotong sesuai selera
- Kentang 2 buah dipotong dadu
- Wortel 2 buah dipotong tipis-tipis
- Air 100 mililiter
- Garam ¼ sendok makan
- Merica bubuk ¼ sendok teh
- Kaldu sapi 1 bungkus
- Pala bubuk 1/4 sendok teh
-- Minyak 1 sendok makan untuk menumis

Bumbu halus untuk sop bakso
- Bawang Putih 2 siung
- Bawang Merah 5 butir
- Garam ¼ sdm

Bahan taburan untuk sop bakso
- Bawang merah goreng 1 sendok makan atau bisa disesuaikan dengan selera

Baca: Resep Bakso Tenis

Cara Membuat Sayur Sup Bakso :

1 Langkah pertama untuk membuat sup yang ditambah dengan bakso yaitu dengan cara menumis semua bumbu yang sudah dihaluskan. Tunggu sampai tercium aroma wangi.

2. Setelah itu masukkan air kedalamnya dan tambahkan seledri serta daun bawang

3. Kemudian masukkan potongan bakso dengan kentang, wortel dan aduk sampai merata.

4. Tunggu hingga semua bahan matangnya setengah sempurna. Biasanya bahan yang memiliki tekstur lebih keras dimasukkan terlebih dahulu agar matangnya bisa bersamaan.

5. Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan semua bahan seperti buncis, kol, merica bubuk, kaldu, dan juga pala kedalamnya. Aduk sampai merata dan tunggu hingga matang.

6. Langkah terakhir yaitu cicipi sebelum diangkat. Apabila kurang asin maka bisa ditambahkan garam. Setelah itu angkat dan tiriskan.

7. Sup dengan campuran bakso siap untuk disajikan dengan ditaburi dengan bawang goreng diatasnya.

Cara membuatnya sangat mudah sekali bukan? Kita bisa mempraktekkannya langsung dirumah ataupun dikos. Untuk beberapa bahan yang tidak disukai bisa diganti ataupun tidak digunakan. Biasanya penggunaan ayam dan bakso ini bisa dipilih salah satu saja. Bisa dengan bakso ataupun daging ayamnya. Namun sup bakso memang harus menggunakan bakso sehingga rasanya lebih nikmat. Untuk mendapatkan rasa ayamnya sendiri bisa menggunakan kaldu ayam yang bisa menambah selera keluarga Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Menghasilkan : 4 mangkok
Porsi : 4 orang
Waktu persiapan : 15 menit
Waktu memasak : 25 menit

Baca: Resep Membuat Bakso Ikan Tengiri


0 komentar