Resep Mudah Membuat Bakso Sapi Ala Rumah

Membuat menu bakso sapi sebenarnya tidaklah sulit. Bahan - bahan yang digunakan mudah didapat, cara pembuatan juga mudah diikuti. Bagi yang mungkin masih merasa belum terlalu berpengalaman membikin hidangan ini maka resep di bawah akan sangat dapat membantu. Bisa memasak sendiri tentu sangatlah menyenangkan. Tidak perlu lagi memesan ke toko, repot kesana kemari, melakukan pemesanan jauh - jauh hari, karena semua bisa dilakukan secara cepat, ringkas, dan efisien. Cukup mengolah sendiri, jadilah hidangan lezat hasil kemampuan olah skill. Di bawah ini adalah cara - cara yang bisa dilakukan.


Baca: Yuk, Intip Rahasia Cara Membuat Bakso Jingkrak

Bahan - bahan:

- Daging sapi giling
- Baking powder
- Garam
- Bawang merah
- Bawang putih
- Gula
- Merica
- Es batu
- Tepung kanji
- Putih telur

Baca: Cara Buat Bakso Daging Ayam Goyang Lidah Dengan Mudah

Cara Pembuatan:

1. Hal pertama, ambillah daging yang telah disiapkan. Carilah daging baik dan berkualitas. Disarankan untuk mengambil jenis yang masih segar.

2. Kemudian lanjutkan ke tahap selanjutnya. Tahap ini, pembuatan gilingan daging menjadi lebih berasa. Caranya masukkan bahan utama ke dalam wadah. Ambil bawang putih sebanyak dibutuhkan. Siapkan air es lalu putih telur. Masukkan semua bahan ke mesin penggiling. Giling hingga rata.

3. Selanjutnya, langkah resep membuat bakso sapi ini adalah memasukkan daging sapi, lalu bawang putih, bawang merah, putih telur, juga es batu. Proses penggilingan diperlukan untuk membuat adonan. Es batu digunakan agar adonan bisa menjadi kalis dan lebih halus.

4. Kadang kala mesin blender dapat digunakan. Tapi juga kuantiti bahan lebih besar maka sebaiknya menggunakan mesin penggiling khusus. Pastikan bahwa daging sapi telah lembut dengan sempurna.

5. Tahap selanjutnya adalah membuat bulatan. Ada teknik khusus untuk membuat bentuk bola sempurna. Bila belum terbiasa mungkin akan kesusahan. Tapi jika sudah mencoba maka selanjutnya akan mudah. Caranya ambil sedikit adonan lalu genggam mengunakan tangan. Tekan hingga keluar bentuk bulatan diantara jari telunjuk dan ibu jari.

6. Lalu, gunakan sendok agar bentuk bulatan terlihat lebih sempurna. Lakukan cara ini hingga semua adonan habis. Kemudian, persiapkan panci berukuran besar. Isi air ke dalam panci lalu nyalakan api. Ketika air sudah mulai agak mendidih, masukkan bulatan bakso tersebut ke panci.

7. Tunggu hingga air mendidih dan bakso terlihat mengambang. Jika sudah mengambang ke atas, segera ambil, dan tiriskan. Lakukan langkah berikut hingga semua matang. Seperti inilah langkah - langkah yang perlu Anda lakukan.

8. Sampai pada tahap ini, bola bakso telah selesai dibuat. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan bila ingin membuat menu makanan tema bakso adalah membuat kuah.

9. Cara membuat kuah juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengumpulkan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

10. Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus. Kemudian, tumis sebentar hingga muncul aroma wangi. Siapkan panci untuk merebus air. Gunakan api sedang saat merebus air tersebut. Lalu masukkan tumisan bumbu kedalamnya saat air hampir mendidih.

11. Aduk - aduk pelan secara merata. Kemudian masukkan potongan bawang goreng, potongan daun bawang, dan dan seledri bila suka. Setelah itu, aduk lagi sebentar, menu sudah siap untuk dihidangkan.

Setelah melihat cara di atas, membuat bakso sapi terasa tidak terlalu sulit, bukan? Anda bisa mengisi waktu luang dengan memasak, menghidangkan menu baru, mengolah bakso ini menjadi beragam jenis menu makanan sesuai selera Anda. Selamat mencoba.

Menghasilkan: 20 Mangkok
Porsi: 20 Orang
Waktu Persiapan: 1 Jam
Lama Masak: 2 Jam

Baca: Cara Membuat Bakso Sapi Rasa Mantab Menggugah Selera



0 komentar