Yuk, Intip Rahasia Cara Membuat Bakso Jingkrak

Pernahkah terbayang dalam pikiran masuk ke sebuah warung bakso lalu dilayani oleh pelayan bertubuh seksi? Normalnya itu seperti mimpi tapi jika Anda pernah berkunjung ke tempat bernama bakso jingkrak maka disitulah Anda akan menemukan fenomena unik tersebut. Berawal dari ide kreatifitas untuk membuat bisnis yang langsung sukses di pasaran maka muncullah ide tidak biasa ini. Meski terbilang nyeleneh, inovasi ini sukses membuat gebrakan dan berhasil menarik perhatian ratusan orang di hari pertama pembukaan.


Gerai yang terletak di Jl. Danau Sunter Utara, No. 27-28, Sunter Agung berhasil membuat banyak orang penasaran. Tidak hanya dari mulut ke mulut, desas desus toko dengan pelayan seksi ini juga meluas hingga ke berbagai daerah. Apalagi pemberitaan juga ikut membicarakan tempat makan tersebut. Berbagai artikel dari koran atau majalah bermunculan, diikuti sebaran melalui twitter bertagar #Bakso #djingkrak #Sunter. Tidak bisa disangkal bahwa langkah promosi seperti ini sukses mendongkrak kepopuleran sajian sederhana namun istimewa itu.

Pelanggan pun berdatangan dari berbagai wilayah, menyebar ke seluruh daerah. Tentunya kepopulerannya tidak hanya berasal dari tante - tante seksi berpakaian oranye yang menjadi pelayan di tempat tersebut, bukan? Karena rasa menu makanan yang disajikan ternyata juga sama nikmat dan lezat. Dari segi nominal, harga bakso jingkrak mungkin bisa terbilang sedikit di atas rata - rata harga pada umumnya. Tapi sajian menu disajikan secara profesional sehingga menggugah selera. Nah, mungkin saja Anda penasaran bagaimana, sih, cara membuat menu unik ini? Berikut ini adalah resep rahasia membuat masakan lezat ala jingkrak.

Baca: Cara Buat Bakso Daging Ayam Goyang Lidah Dengan Mudah

Bahan - bahan:

- daging sapi
- tepung kanji
- air es
- garam
- bawang putih
- merica
- keju
- kaldu sapi
- merica
- garam
- bawang

Baca: Cara Membuat Bakso Sapi Rasa Mantab Menggugah Selera

Cara Membuat:

1. siapkan bahan dan bumbu yang diperlukan. Ambil daging, bersihkan dari lemak. Masukkan daging ke alat penggiling. Lakukan penggilingan secara sempurna. Setelah selesai, masukkan ke sebuah wadah. Diamkan sejenak lalu ikuti langkah selanjutnya.

2. Masukkan bahan utama ke dalam baskom. Tuangkan tepung kanji didalamnya. Diikuti dengan bumbu dapur lain seperti garam, gula, bawang putih, bawang merah, dan merica halus.

3. Langkah selanjutnya, hasil gilingan daging dicampur dengan semua bumbu lalu diuleni secara merata. Tambahkan air es sedikit - sedikit. Fungsinya agar adonan menjadi kalis sehingga lebih mudah dibuat menjadi bola - bola.

4. Setelah adonan siap, ambil adonan secukupnya menggunakan tangan. Cetak berbentuk bulat dengan menggunakan tangan dan bantuan sendok. Bila memiliki alat pencetak sendiri maka bisa digunakan.

5. Bila telah berhasil membuat bakso, masukkan potongan keju kedalamnya. Sebelumnya, Anda sudah harus mempersiapkan wadah bersih yang diisi dengan air. Masukkan adonan bakso ke dalam wadah tersebut hingga seluruh adonan habis dibuat.

6. Kemudian, persiapkan panci berukuran cukup besar. Isi panci dengan air hingga seukuran 3/4. Didihkan hingga hampir matang lalu segera masukkan bola - bola ke dalam panci tersebut. Pastikan sudah memasukkan sedikit garam dan minyak ke panci.

7. Bakso akan matang bila telah mengambang dalam air rebusan yang telah mendidih. Setelah itu sajikan beserta kuah.

8. Cara membuat kuah cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan panci yang berbeda dan isilah air didalamnya. Rebus hingga hampir matang. Masukkan merica, kuah kaldu sapi serta garam. Lalu aduk sampai merata. Terkadang bisa ditambah bawang putih atau bawang merah untuk rasa yang jauh lebih gurih.

Bakso jingkrak memang terkenal karena keunikan dan kelezatannya. Anda bisa membuat masakan ini dengan mudah dari bahan - bahan yang bisa di dapat di rumah, di pasar, atau di swalayan. Menu ini dapat menjadi pilihan untuk hidangan keluarga atau acara tertentu.

Menghasilkan: 20 Mangkok
Porsi: 20 Orang
Waktu Persiapan: 1 Jam
Lama Masak: 2 Jam

Baca: Cara Mudah Membuat Mie Bakso: Resep Sederhana Rumah

0 komentar