Cara Mudah Membuat Mie Bakso Resep Sederhana Rumah

Mie bakso adalah salah satu menu masakan khas, memiliki rasa sangat lezat. Makanan nikmat dengan rasa menggugah selera ini telah hadir di tengah - tengah masyarakat sejak lama. Awalnya bakso dibawa dari tanah Cina tetapi kemudian masyarakat setempat mengembangkannya. Cara yang digunakan seperti memberikan tambahan jenis mie berbeda dan mengganti beberapa topping lain. Masakan ini merupakan jenis menu yang sangat terkenal di Indonesia. Kalau semisal Jepang punya ramen dan udon, nah bakso ada di Indonesia. Lantas, bagaimana, sih, sebenarnya cara membuat masakan ini? Yuk, ikuti ulasan dibawah.


Baca: Resep Membuat Bakso Kaget yang Super Nikmat

Cara Mudah Membuat Bakso Ala Rumah

Cukup banyak orang yang setuju kalau menu masakan seperti ini adalah favorit semua orang. Apalagi sekarang sudah ada sekian banyak variasi menu sudah dikembangkan untuk membuat satu mangkuk mie dan bakso. Bahan yang dipilih untuk membuat menu masakan sudah lebih berkembang dibanding sebelumnya. Bisa dilihat dari segi daging yang digunakan, topping tambahan, hingga jenis mie yang dipakai. Meski sudah banyak modelnya, tapi pasti lah ada bahan dasar yang wajib ada, membuatnya jadi terasa lebih otentik.

Dari segi bahan biasanya ditambah dengan sayuran bermacam - macam. Terkadang seseorang tertarik untuk membuat makanan ini di rumah. Jika begitu, maka berikut ini adalah resep mudah yang bisa diikuti. Topping bisa dipakai, disesuaikan dengan pilihan selera, bisa rasa sapi dengan kuah kaldu atau rasa ikan seperti kuah seafood. Resep di bawah adalah untuk rasa kaldu sapi.

Bahan - bahan:
- Mie kuning
- Bakso daging sapi
- Sosis
- Sawi putih
- Brokoli
- Seledri
- Garam
- Gula
- Penyedap rasa
- Air

Baca: Belajar Membuat Bakso yang Sedap

Langkah Pembuatan:


1. Setelah mengumpulkan semua bahan, langkah pertama adalah mencuci semua sayuran termasuk sawi, brokoli, dan seledri.

2. Langkah kedua adalah memotong sayuran tersebut. Sayuran sawi dipotong dengan ukuran panjang sedang, artinya tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek. Sedangkan brokoli diambil bagian bunganya saja hingga sedikit ke bawah pada bagian batang dengan cara dipotong. Daun selederi bisa dicincang - cincang kecil.

3. Setelah semua sayuran dipotong, taruh dalam mangkok. Letakkan di sisi. Kemudian, ambillah panci. Isi dengan air secukupnya.

4. Pada bagian ini, panaskan air dan beri sedikit garam serta minyak. Kemudian, masukkan bakso. Tunggu hingga mengambang. Tandanya bahan telah matang.

5. Lalu, gantilah air di dalam panci. Rebus lagi hingga mendidih. Kali ini, rebuslah sosis. Sebelumnya potong terlebih dahulu hingga menjadi beberapa bagian. Belah bagian sisi atas dan samping hingga akan membentuk bunga rebusan sudah matang. Setelah sosis matang, angkat dan tiriskan.

6. Singkirkan panci tersebut dan isilah dengan air baru. Pilih air mengalir karena akan terasa lebih segar. Kali ini adalah tahap untuk membuat kuah. Cara membuat kuah kaldu dilakukan melalui cara seperti ini. Terlebih dahulu dari rebusan potongan daging jika ingin. Tapi bisa juga menggunakan bumbu kaldu instan, banyak tersedia di mini market.

7. Langkah selanjutnya resep mie bakso sederhana adalah memanaskan air. Ketika sudah hampir mendidih maka masukkan kaldu ayam. Setelah itu, segera masukkan mie ke dalam panci diikuti bahan - bahan lain seperti bakso atau potongan sosis.

8. Pada bagian terakhir masukkan sayuran. Tambahkan bumbu kaldu sapi agar kuah terasa lebih lezat. Setelah semua tercampur menjadi satu maka matikan api dan makanan siap dihidangkan.

Menu seringkali dihidangkan dengan tambahan bahan lain seperti kembang kol, potongan ayam, juga lainnya. Untuk rasa lebih mantab, mie bakso bisa dicampur tambahan saus, kecap, atau cuka. Sambal juga bisa ditambahkan demi membuat rasa menjadi jauh lebih kaya.

Menghasilkan: 20 Mangkok
Porsi: 20 Orang
Waktu Persiapan: 1 Jam
Lama Masak: 2 Jam

Baca: Resep Rahasia Bakso Cuanki yang Super Enak

0 komentar