Resep Praktis Cara Membuat Bakso Akiaw

Bakso merupakan salah satu makanan khas nusantara yang berbentuk bulat seperti bola. Ukuran bulatan bakso beraneka ragam, ada yang kecil seukuran kerikil ada pula yang besar seperti bola tennis bahkan sekarang ada bakso raksasa dengan berat minimal satu kilo. Adonan bakso biasanya terbuat dari campuran daging sapi yang telah giling dengan tepung kanji atau tepung tapioka kemudian diberi bumbu khusus. Selain daging sapi, dapat pula dijumpai bakso berbahan dasar daging ayam, ikan, udang atau bahkan daging kerbau. Beberapa daerah di Indonesia pun memiliki bakso dengan nama yang berbeda beda. Kota Medan misalnya, terkenal dengan bakso akiaw.

Sebagai makanan berkuah, bakso biasanya disajikan dengan kuah kaldu bersama-sama dengan bahan pelengkap seperti mie, bihun, taoge, tahu atau bahkan telur. Disajikan dalam keadaan panas dengan taburan bawang goreng serta irisan seledri. Sangat cocok disantap ketika cuaca sedang tak bersahabat seperti saat mendung atau ketika turun hujan. Daya tarik bakso sangat ditentukan oleh cita rasa yang dimilikinya, terutama rasa kuah kaldu dan juga bakso itu sendiri.


Mengenal Bakso Akiaw, Bakso Dari Kota Medan
Bakso akiaw berasal dari Kota Medan. Bakso ini memiliki porsi besar dengan berbagai pilihan menu bakso, yaitu bakso berbahan dasar daging sapi dan ada juga bakso campuran dengan bakso ikan. Selain itu kuah bakso juga terkenal karena kelezatan rasanya. Maklum saja kuah bakso terasa nikmat di lidah karena berasal dari kaldu sapi sehingga begitu terasa aroma dan rasa daging khas dalam. Ketika memesan bakso akiaw ini, pelanggan juga dapat memesan menu ekstra berupa daging sengkel, babat, ataupun potongan daging sapi.

Bagi Anda pecinta bakso dan kebetulan sangat suka dengan bakso berbahan dasar daging sapi, sebaiknya Anda mencoba mencicipi salah satu jenis bakso ini. Untuk daerah ibukota Jakarta, tepatnya di Jalan Mangga Besar Raya No. 2 B, Tamansari, terdapat warung bakso terkenal bernama bakso akiaw 99. Di warung tersebut, Anda dapat memesan bakso akiaw dan juga menu-menu lain seperti sup sapi, kwetiaw dan juga bihun. Sebenarnya cara membuat bakso sangatlah mudah dan sederhana. Berikut akan disajikan resep membuat bakso enak dan lezat.

Baca: Resep Membuat Camilan Lezat Bakso Tahu

Untuk membuat bakso akiaw atau bakso yang berbahan dasar daging sapi, bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:
- 300 gram daging sapi (daging bagian paha atas, potong-potong)
- 75 gram tepung kanjia atau tepung tapioka
- 2 siung bawang putih (haluskan)
- ½ sendok teh merica bubuk
- Garam secukupnya
- 100 gram es batu (memarkan kasar)

Selain bahan untuk membuat adonan bakso, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kuah bakso. Kuah bakso merupakan komponen pokok yang dapat membangkitkan cita rasa bakso. Oleh karena itu pembuatannya harus diperhatikan agar kuah bakso terasa gurih dan lezat. Bahan-bahan untuk membuat kuah bakso antara lain:
- 3 siung bawang putih (cincang halus, lalu tumis sampai layu dan harum)
- 1 liter kaldu sapi
- 2 buah kaldu rasa sapi
- ½ sendok teh merica bubuk
- Garam secukupnya
- 2 batang daun bawang (iris halus)
- 2 batang seledri (iris halus)
- Bawang goreng secukupnya

Baca: Resep Bumbu Bakso, Rahasia Kelezatan Semangkok Bakso

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan bakso.

1. Gilinglah daging menggunakan food processor. Setelah halus, masukkan tepung kanji, bumbu halus, merica bubuk, dan juga garam. Aduk adonan hingga semua tercampur rata. Sambil menunggu adonan halus, panaskan air di dalam panci, kira-kira satu liter.

2. Adonan bakso yang telah halus lalu dibentuk bulat-bulat. Caranya, ambil adonan menggunakan tangan, genggam lalu pencet hingga adonan keluar. Ambil bulatan adonan dengan menggunakan sendok. Masukkan bulatan tadi ke dalam air yang telah mendidih.

3. Biarkan adonan bakso matang. Ketika bulatan bakso telah mengapung, angkat lalu masukkan ke dalam air dingin (air es) selama kurang lebih 5 menit, kemudian tiriskan. Lakukan proses ini hingga adonan habis, sisihkan.

Sedangkan langkah untuk membuat kuah bakso antara lain:
1. Didihkan air secukupnya. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, garam dan juga merica bubuk.

2. Untuk menambah rasa gurih pada kuah, Anda dapat menambahkan tulang sapi ke dalam air rebusan tadi.

Setelah bakso dan kuah selesai dibuat, siapkanlah mangkok yang telah diisi dengan mie bihun dan juga tahu. Tuangkan kuah bakso, taburi dengan bawang goreng, irisan daun bawang dan juga seledri. Sajikan bakso dalam keadaan panas ditemani bumbu pelengkap seperti kecap dan sambal.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Cara Membuat Bakso Kuah Enak dan Lezat




0 komentar