Belum Banyak Yang Tahu Dengan Resep Rahasia Kelezatan Bakso Jawir

Berkuah kaldu yang sedap dan hangat, berpadu bersama mie, tahu, sayur dengan bola daging didalamnya. Yap! Inilah bakso. Makanan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia diberbagai sudut daerahnya. Bakso merupakan makanan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, yang berkantong tebal habis gajian atau yang berkantong tipis karena tanggal tua. Selalu diburu oleh pembeli dimanapun berada, membuat banyak pebisnis mengemas warung bakso menjadi kemasan kuliner kelas atas. Salah satunya bakso Jawir ini, menu istimewa dari outlet bakso yang satu ini adalah bakso dengan isian daging cincang didalamnya. Sebuah kenikmatan yang luar biasa, dimana ketika makan bakso ada bonus daging cincang lezat didalamnya. Daripada beli, mending buat sendiri yuk!


Baca: Resep Dan Cara Membuat Bakso Titoti Yang Melegenda

Resep Rahasia Bakso Jawir

Bahan yang diperlukan untuk bakso
- 500 gram daging sapi segar yang halus dan tanpa lemak
- 150 ml air es atau es batu
- 100 gram tepung tapioka
- ½ sdt baking powder
- 1 butir telur, ambil putihnya saja
- 5 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 sdt merica bubuk
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Bahan isian
- 250 gram daging sapi cincang
- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt merica
- 1 sdm gula pasir
- 2 sdm garam (dapat dirubah)

Baca: Step By Step Membuat Bakso Bakar Sendiri Di Rumah, Praktis Banget!

Cara membuat isian bakso
1. Tumis bawang merah dan putih yang telah dihaluskan hingga harum.

2. Masukkan daging cincang dan tumis kembali hingga tercampur rata dan daging matang.

3. Setelah daging berubah warna, tambahkan merica, garam, gula pasir, sedikit penyedap rasa kemudian masukkan sedikit air dan aduk kembali.

4. Biarkan daging matang sempurna dan air sedikit mengering.

5. Tes rasa, matikan api dan sisihkan.

Cara membuat bakso jawir lezat isi daging cincang

1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis bumbu ini hingga kecoklatan dan harum.

2. Giling daging bersama dengan es batu hingga halus.

3. Dalam wadah yang berbeda masukkan tepung tapioka, baking powder hingga tercampur. Masukkan daging sapi giling kedalamnya tak lupa bumbu yang telah ditumis tadi. Campur adonan ini hingga tercampur merata.

4. Tambahkan putih telur, garam, penyedap rasa serta merica bubuk. Uleni kembali hingga adonan tercampur rata dan kalis. Sedikit tambahan info, semakin lama adonan ini diuleni menggunakan tangan akan semakin kenyal bakso yang dihasilkan.

5. Setelah adonan jadi, saatnya membuat bakso isi daging. Persiapkan isian daging yang telah dibuat tadi. Ambil adonan dan taruh di telapak tangan sebelah kiri, pipihkan adonan bakso lalu masukkan isian daging tadi. Kemudian bulatkan adonan hingga tertutup sempurna dan berbentuk bulat bakso.

6. Didihkan air panas dan masukkan bakso tadi, tunggu hingga bakso mengapung. Ini menandakan bakso telah matang sempurna. Lakukan proses ini hingga adonan dan isian daging habis.

7. Bila ingin membuat bakso tanpa isi, yang perlu dilakukan adalah ambil adonan ditelapak tangan. Genggam adonan hingga keluar pentol bakso dari sela-sela jempol dan telunjuk. Ambil pentol bakso ini menggunakan sendok dan masukkan kedalam air yang mendidih.

Bakso isi daging yang menjadi andalan bakso jawir sudah siap disantap! Ternyata sangat mudah bukan membuatnya, baru membaca resepnya saja membuat perut keroncongan bukan? bakso isi daging memang memberikan cita rasa khas dan sangat nikmat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Menghasilkan : 30 mangkok
Porsi : 30 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Waktu memasak : 3 jam

Baca: Intip Yuk Resep Rahasia Bakso Boedjangan Yang Lumer Dimulut!



0 komentar