Resep Rahasia Cara Membuat Bakso Beranak Sendiri Di Rumah

Negara kita sangat dikenal akan keberagamannya yang banyak, termasuk jajaran kuliner sedapnya. Bakso menjadi salah satu kuliner yang legendaris, namun tahukah kalian ternyata bakso bukan makanan asli Indonesia loh, melainkan datang dari China. Meskipun demikian, bakso tetap menjadi kuliner legendaris serta sangat mudah dijumpai dimanapun. Dizaman yang kini serba modern, baksopun ikut berinovasi jadi lebih modern atau meminjam dari istilah anak gaul biasa dikenal dengan 'kekinian'. Salah satu contohnya yakni bakso beranak. Bakso ini lazim juga dikenal dengan bakso hamil, dimana bakso berukuran besar tersebut bila dibuka akan keluar anak bakso alias pentol yang berukuran banyak serta beragam isian lainnya. Bila kalian tertarik dan penasaran bagaimana cara membuatnya, jangan berpindah chanel ya.


Baca: Resep Rahasia Dapur Nenek, Bakso Ayam Kenyal Dan Nikmat

Resep Rahasia Bakso Beranak

Bahan yang diperlukan
- 500 kg daging sapi
- 100 gr tepung sagu
- 100 gr es batu / es serut / hancurkan
- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt lada bubuk
- 1 sdt kaldu sapi bubuk
- 1 sdm garam
- 1 sdm penyedap rasa
- 6 butir telur puyuh rebus (optional)

Bahan kuah
- 250 gr tulang sapi
- 5 siung bawang putih, haluskan dan sangrai
- 2 liter air
- 2 sdt lada bubuk
- Gula, garam, penyedap rasa secukupnya

Baca: Resep Membuat Bakso Terbesar Dan Jumbo Yang Nikmat

Cara membuat bakso beranak sendiri di rumah

1. Pertama tumis bawang putih dan merah yang telah dihaluskan. Tumis hingga kecoklatan dan harum, lalu sisihkan.

2. Kemudian giling daging sapi dengan es batu hingga halus, dan tambahkan tumisan bawang yang telah disisihkan tadi.

3. Setelah halus dan tercampur rata, masukkan kedalam wadah, tambahkan semua bahan lain seperti tepung sagu, bubuk kaldu, lada, garam dan penyedap rasa. Uleni menggunakan tangan hingga merata dan kalis.

4. Masukkan air kedalam panci, usahakan panci ukuran besar agar dapat menampung semua bakso beranak. Bila air telah panas, ambil adonan letakkan pada tangan kiri, genggam tangan maka akan keluar pentol dari sela jempol dan telunjuk. Ambil menggunakan sendok dan masukkan kedalam air, lakukan step ini hingga pentol terasa cukup banyak. ingat jangan sampai habis karena kita harus membuat induk bakso.

5. Ambil bakso pentol yang sudah terangkat keatas air dan sisihkan.

6. Adapun cara membuat induk bakso dengan membentuknya menggunakan mangkok. Ambil 2 mangkok dan olesi menggunakan sedikit minyak. Beri 2-3 sendok adonan dan ratakan hingga menutupi bagian mangkok, masukkan beberapa pentol bakso dan telur puyuh kedalamnya.

7. Lalu ambil adonan bakso dari mangkok yang belum diisi, satukan kedua nya hingga terbentuk bakso induk besar. Masukkan kedalam air yang telah mendidih tadi, Lakukan hingga semua adonan habis. Bila induk bakso telah terangkat, tandanya bakso induk telah matang, angkat dan sisihkan.

Cara membuat kuahnya sangat mudah

1. Didihkan air bersama tulang sapi hingga kaldunya sapi keluar.

2. Tambahkan bawang putih yang sudah disangrai tadi, tak lupa lada kedalamnya.

3. Untuk menyedapkan kuah, masukkan pula garam, gula dan penyedap rasa. Terakhir tes rasa dan matikan api.

Ternyata membuat bakso beranak tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Kini menu bakso beranak yang kekinian itu dapat dibuat sendiri di rumah. satu porsi bakso beranak dapat dikonsumsi untuk dua orang ya, karena porsinya besar dan mengenyangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 3 jam

Baca: Resep Bakso Ikan Tenggiri Nikmat Dan Menggoda

0 komentar