Intip Yuk Resep Rahasia Bakso Boedjangan Yang Lumer Dimulut!

Ketika kita berkunjung kesebuah daerah, ada satu kuliner yang sangat mudah dijumpai dimanapun berada, kuliner ini adalah bakso. Bakso selain mengenyangkan juga menjadi kuliner merakyat yang banyak disukai, mulai dari orang tua hingga anak-anak banyak yang menyukainya. Membicarakan masalah bakso, kini memang banyak warung bakso berdiri dimana-mana, termasuk berdirinya kedai bakso Boedjangan. Warung bakso Boedjangan tersebut merupakan warung bakso yang dikemas dengan gaya resto dan berasal dari Bandung Jawa Barat.


Hingga saat ini resto bakso tersebut telah membuka banyak cabang diberbagai kota-kota besar lainnya. Rasa dan kenikmatannya membuat bakso bujangan ini ramai peminat. Menu yang banyak diminati disini adalah bakso keju-nya yang lumer dan lezat. Nah ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Baca: Resep Rahasia Cara Membuat Bakso Beranak Sendiri Di Rumah

Resep Rahasia Bakso Boejangan

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bakso
- 1 kg daging sapi
- 100 gram tepung kanji
- Es batu
- 6 siung bawang putih kupas, haluskan dan tumis hingga harum
- 1 sachet merica bubuk
- 1 butir telur ayam
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Isian bakso
- Keju mozarela yang sudah dipotong kotak-kotak kecil, dapat pula diganti dengan keju jenis lain.

Bahan untuk kuah bakso
- Tulang sapi sesuai selera
- 5 siung bawang putih kupas
- 6 siung bawang merah kupas
- 2 liter air
- 4 sdm gula pasir
- 3 sdm garam
- Penyedap rasa secukupnya
- 1 sachet merica bubuk

Baca: Resep Rahasia Dapur Nenek, Bakso Ayam Kenyal Dan Nikmat

Cara membuat bakso boejangan sendiri di rumah

1. Pertama-tama giling daging sapi bersama dengan es batu hingga halus. Bila sudah halus masukkan kedalam baskom atau wadah lainnya.

2. Adonan bakso tadi, tambahkan dengan tepung kanji, bumbu yang telah ditumis, merica, garam, penyedap rasa dan juga telur. Uleni adonan tersebut hingga tercampur merata dan kalis, akan lebih baik bila menguleni langsung menggunakan tangan.

3. Jika adonan telah tercampur merata, saatnya membentuk bakso. Akan tetapi sebelum membuat bakso, terlebih dahulu panaskan air kedalam panci. Lalu ambil adonan dan letakkan ditangan kiri, pipihkan dan masukkan satu potongan keju kedalamnya. Tutup adonan hingga membentuk bulat utuh bakso dan segera masukkan kedalam air panas yang telah disiapkan tadi.

4. Jangan lupa untuk memperhatikan bakso yang telah dimasukkan kedalam air panas tadi. Aduk sesekali agar bakso tidak rusak, jika bakso telah terangkat keatas permukaan air tandanya bakso telah matang. Angkat dan tiriskan. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan habis.

Cara membuat kuah bakso

1. Langkah awalnya adalah rebus air bersama dengan tulang sapi, sembari menunggu kaldu sapi benar-benar keluar persiapkan bawang merah dan bawang putih. Haluskan keduanya kemudian tumis hingga kecoklatan dan harum. Tunggu hingga mendidih dan sedikit berminyak, hal ini menandakan kaldu sapi telah keluar.

2. Air kaldu telah siap, masukkan bumbu yang telah ditumis tadi.

3. Tak lupa menambahkan gula, garam, merica bubuk serta penyedap rasa. Tes rasa dan matikan api.

Sebelum menyajikan bakso boedjangan, masukkan beberapa bakso yang telah dingin kedalam kuah bakso yang masih panas. Tunggu sebentar agar bakso panas dan keju didalamnya dapat lumer ketika dibuka nantinya. Ambil mangkok, taruh bakso kedalam mangkok beserta kuahnya. Tak lupa tambahkan bawang merah goreng serta irisan seledri. Akan lebih nikmat disajikan bersama kecap, saus tomat atau saus cabai serta sambal. Dijamin keju akan lumer ketika bakso digigit nantinya.

Menghasilkan : 30 mangkok
Porsi : 30 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Terbesar Dan Jumbo Yang Nikmat

0 komentar