Cara Membuat Pentol Bakso Untuk Camilan Keluarga

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan bakso? Apalagi jika dibuat dalam bentuk kecil - kecil, lebih dikenal sebagai pentol. Nah, buat ibunda atau ayah yang senang memasak dan khawatir putra - putri tercinta menjadi lebih suka jajan diluar maka lebih baik mempelajari tentang bagaimana cara membuat pentol bakso ini, deh. Dijamin, anak - anak akan betah dirumah dan jarang jajan diluar. Dilihat dari segi kesterilan dan kualitas, makanan buatan rumah pastinya lebih sehat dan bernutrisi. Kalau gitu, tanpa panjang lebar lagi, yuk, pelajari resep rahasia membuat makanan lezat pada ulasan berikut ini.


Baca: Cara Mudah Membuat Tahu Bakso Rumahan

Bahan - bahan:

- Daging ayam giling
- Tepung tapioka
- Tepung kanji
- Bawang putih
- Lada
- Merica
- Putih telur
- Air
- Penyedap rasa

Baca: Oleh - Oleh Tahu Bakso Semarang Lezat Yang Wajib Untuk Para Pelancong

Cara Pembuatan:

1. Pertama - tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Karena untuk porsi besar maka sediakan bahan utama dalam jumlah yang lumayan besar. Setelah menyiapkan bahan, olah terlebih dahulu daging sapi. Caranya, gunakan mesin penggiling. Bila tidak punya, bisa juga menggunakan blender atau melalui cara ditumbuk.

2. Jika sedikit kerepotan dalam proses menggiling maka bisa saja meminta tolong pada penjual daging untuk sekaligus menggiling bahan daging yang kamu beli. Nah, bila tertarik untuk tetap menggiling sendiri maka masukkan bahan ke mesin sedikit demi sedikit hingga semua selesai tergiling.

3. Setelah proses ini selesai, ambil potongan es juga bumbu - bumbu. Masukkan ke dalam blender dan haluskan secara perlahan hingga semua bahan merata. Setelah semua bumbu halus, tuangkan ke mangkok, singkirkan sebentar.

4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan tepung. Masukkan tapioka juga kanji ke wadah. Campur hingga merata. Masukkan bumbu tadi ke dalam wadah. Aduk semuanya hingga menyatu.

5. Lalu, saatnya daging sapi dimasukkan ke dalam wadah. Kamu perlu mengaduknya kembali, perlahan - lahan, hingga semua larut. Bila masih belum kalis maka tambahkan air dingin. Giling semua hingga merata. Ingat, pastikan selalu bahwa temperatur gilingan daging selalu berada pada suhu yang dingin.

6. Gunanya adalah agar adonan tetap kalis dan bisa kenyal ketika nanti dibuat. Ini sangat penting karena bila adonan menghangat maka ada kemungkinan bahwa adonan akan kembali mengeras. Setelah itu, lanjut ke proses pencetakan.

7. Proses mencetak bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan dan sendok atau melalui mesin pencetak khusus. Lakukan hingga semua bahan habis dicetak. Taruh ke wadah dan lanjut ke proses selanjutnya.

8. Tahap berikutnya adalah merebus bulatan bakso. Caranya, siapkan panci berisi air cukup penuh. Panaskan air pada api sedang. Tunggu hingga mulai mendidih. Lalu masukkan semua bulatan ke dalam panci tersebut secara pelan - pelan. Tunggu sampai air benar - benar mendidih.

9. Cara mengetahui bahwa bakso telah matang adalah melihat apakah ia telah mengambang atau belum. Jika belum 'mumbul' ke atas artinya belum matang. Bila sudah menemukan bakso yang matang maka segera angkat. Lakukan hingga semua selesai.

10. Setelah itu, matikan api kompor, dinginkan sejenak dan pentol sudah siap untuk dinikmati. Kamu bisa mengolah makanan ini menjadi aneka masakan lezat mulai dari sop, oseng, tumis, hingga sate.

Cara membuat pentol bakso ayam tidaklah sulit seperti dibayangkan sebelumnya. Selain itu, bahan utama tidak selalu harus daging ayam. Karena kamu bisa menggantinya dengan jenis lain seperti daging sapi, kerbau, atau ikan. Olahan aneka rasa dari berbagai daerah nusantara bisa dibuat secara mudah. Cukup perlu mengetahui cara membuat pentol bakso dan bagaimana mengolahnya maka kamu sudah bisa membuat puluhan masakan top untuk keluarga tercinta.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Gepeng Sederhana Nan Nikmat

0 komentar