Resep Rahasia Dapur Nenek, Bakso Ayam Kenyal Dan Nikmat

Siapa yang tidak mengenal kuliner yang satu ini, kuliner ini mempunyai cita rasa lezat dan nikmat. Serta yang paling penting adalah kuliner tersebut dapat dinikmati kalangan manapun. Identik daging giling dibentuk bulat menjadi ciri khas yang dimilikinya, Yap! Tepat sekali inilah bakso. Kuliner ini memang paling juara dimanapun berada. Tapi usut punya usut ternyata kuliner tersebut sebenarnya makanan asli dari China. Meskipun demikian, bakso telah mendarah daging di Indonesia bukan? hampir disetiap daerah yang dikunjungi selalu terdapat penjual bakso.


Bila mendengar kata bakso, tentu terbayang akan daging sapi yang sudah digiling. Tapi kini daging sapi dapat digantikan menggunakan daging ayam. Dan rasanya sama-sama lezat, penasaran cara membuatnya? Intip resepnya berikut ini yuk.

Baca: Resep Membuat Bakso Terbesar Dan Jumbo Yang Nikmat

Resep Membuat Bakso Ayam Enak

Bahan yang diperlukan
- 1 kg daging ayam tanpa tulang
1 ons tepung kanji
- Es batu secukupnya

Bumbu bakso
- 5 siung bawang merah kupas dan haluskan
- 1 butir telur ayam
- 1 sachet kaldu ayam atau sapi
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- 1 sendok teh merica bubuk
- ¼ ons gula merah yang sudah dicairkan

Cara membuat bakso ayam
1. Pertama giling daging ayam bebas tulang tadi hingga kasar, setelah kasar masukkan es batu dan giling hingga halus. Bila sudah halus siapkan pindahkan kedalam wadah.
2. Campurkan daging ayam giling tersebut dengan tepung kanji dan semua bumbu. Agar bakso terlihat sedikit coklat seperti bakso sapi, dapat ditambahkan kecap manis sachet kecil kedalam adonan tersebut. Campur semua adonan tersebut hingga merata dan kalis, dan cek rasa.
3. Bila adonan telah jadi, siapkan air kedalam panci untuk merebus bakso. Tunggu air hingga panas dan cetak bakso. Cara mencetak bakso sangat mudah, pertama taruh adonan ditangan kiri, lalu remas adonan maka akan muncul pentol bakso dari ujung remasan tangan. Ambil pentol menggunakan sendok dan segera masukkan kedalam air panas tersebut. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.
4. Jangan lupa selain membuat pentol, pastikan semua bakso tidak pecah dengan cara mengaduknya sesekali. Bakso yang sudah terangkat keatas air tandanya bakso telah matang sempurna. Segera angkat dan tiriskan.

Baca: Resep Bakso Ikan Tenggiri Nikmat Dan Menggoda

Cara Membuat Kuah Bakso

Bahan yang diperlukan
- Tulang sapi secukupnya (dapat digantikan kaldu sapi sachet)
- 10 siung bawang putih kupas
- 8 siung bawang merah kupas
- 2 sdt merica bubuk
- Daun bawang yang sudah dicincang secukupnya
- Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat kuah bakso
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih hingga halus, kemudian sangrai hingga kecoklatan dan harum.

2. Masak air bersama dengan tulang sapi hingga mendidih, (tulang sapi ini hanya optional saja). Bila air telah mendidih, masukkan bumbu yang telah disangrai tadi tak lupa menambahkan merica bubuk, garam dan penyedap rasa. Dapat pula menambahkan 2 sdm gula pasir.

3. Langkah akhir adalah masukkan irisan daun bawang, tes rasa dan matikan api.

Siapkan mangkok berisi mie, irisan tahu, sayur, bakso ayam tadi dan akhir dengan siraman kuah panas. Tentu menjadi sebuah kesempurnaan yang nikmat bukan? aduh mendadak lapar ya, jadi kapan mau eksekusi resep lezat ini? Sedikit tambahan info bila ingin menyimpan bakso, sebaiknya simpan didalam freezer dengan menaruhnya didalam kantong plastik hingga 4 plastik dan ikat kuat-kuat untuk mencegah bau.

Menghasilkan : 30 mangkok
Porsi : 30 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 -2,5 jam

Baca: Resep Bakso Kotak Dengan Daging Sapi





0 komentar