Cara Membuat Bakso Tahu Dengan Sambal Tomat

Bakso tahu adalah salah satu camilan yang menjadi kegemaran berbagai kalangan, terutama untuk menemani waktu santai di sore hari dengan cuaca yang cukup dingin. Dengan bakso tahu yang menggoda, tentu sore hari anda akan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. Nah, tidak ada salahnya anda mencoba untuk membuat menu ini sendiri di rumah. Tentu, akan ada pengalaman yang baru yang akan anda dapatkan. Nah, kita akan membahas salah satu cara membuat bakso tahu yang nikmat lengkap dengan saos tomat yang juga menggoda. Berikut resep selengkapnya.



Baca: Resep Bakso Barbel Ala Agung Hercules

Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat menu ini, tentu saja ada beberapa bahan yang harus anda persiapkan sebelumnya. Bahan yang digunakan cenderung mudah untuk ditemukan di sekitar anda sehingga anda tidak perlu repot untuk mencarinya. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat bakso tahu adalah sebagai berikut:

- 250 gr daging sapi giling
- 4 kotak tahu putih berukuran besar
- 1 atau 2 butir telur ayam
- 50 gr tepung kanji
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- ¼ sdm bubuk kaldu sapi

Sedangkan untuk saos tomat, beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

- 12 buah cabe rawit
- 4 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1 buah tomat segar
- 1 buah terasi udang
- 1 sdm gula merah
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa, opsional
- Minyak goreng untuk menumis

Baca: Resep Bakso Solo Yang Menggugah Selera

Cara membuat

Setelah beragam bahan tersebut sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan. Untuk langkah pertama, kita akan membuat bakso tahunya terlebih dahulu. Untuk membuatnya, ikuti langkah berikut:

1. Belah tahu menjadi empat bagian secara diagonal. Kemudian, keruk bagian dalam tahu dengan sendok, kemudian sisihkan.

2. Campur daging giling yang sudah ditempatkan di wadah dengan telur dan beberapa bahan yang sudah dihaluskan

3. Masukkan tepung kanji perlahan untuk membentuk adonan. Aduk hingga merata dengan sempurna

4. Ambil tahu dan isikan lubang tahu dengan adonan yang baru saja dibuat secukupnya sesuai dengan selera. Lakukan berulang hingga tahu habis.

5. Setelah itu, panaskan alat pengukus dan kukus bakso tahu tersebut selama 30an menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Setelah menu tahu siap, kita beranjak ke menu setelahnya, yaitu saos tomat. Ini merupakan opsi yang bisa anda pilih terutama bagi anda yang ingin membuat tahu tersebut sebagai camilan di sore hari. Untuk membuat saos tomat, caranya adalah sebagai berikut:

a. Ambil wajan lalu berikan sedikit minyak dan panaskan dengan api yang sedang

b. Tumis seluruh bahan yang sudah disediakan sebelumnya, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, terasi dan cabe rawit. Tumis kesemua bahan hingga layu.

c. Setelah itu, haluskan dengan cara di uleg hingga halus dan taruh di piring.

Nah, untuk penyajian, anda bisa menempatkan beberapa buah bakso tahu istimewa pada sebuah piring dan mencocolnya dengan sambal tomat yang anda buat tadi. Meskipun resep ini nampak sederhana, namun rasanya sungguh sangat menggoda dan dapat membuat sore hari anda menjadi lebih menyenangkan.

Untuk variasi lain, anda juga bisa menggoreng tahu bakso tersebut hingga matang. Lalu, mencocolnya dengan sambal tomat. Ide ini dapat menjadi alternative jika anda ingin tahu yang kering dan nikmat. Sajikan bersama teh hangat untuk teman berbincang dengan kawan. Demikian cara membuat bakso tahu yang cukup mudah dan sederhana untuk dibuat. Lakukan beberapa inovasi dengan tambahan pelengkap yang membuatnya lebih nikmat. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Bakar Pedas Dan Menggoda


0 komentar