Resep Bakso Bakar Pedas Dan Menggoda

Belakangan ini, bakso bakar menjadi salah satu jajanan yang sangat digemari tidak hanya bagi kalangan anak-anak tetapi juga beberapa orang dewasa. Ya, menikmati bakso bakar di sore hari sambil bercengkrama dengan teman merupakan waktu yang mengasyikkan. Namun, tidak jarang saat ingin membeli jajanan ini, kita harus antri lama karena pembeli yang sangat banyak. Selain itu, jajan setiap hari juga cenderung merupakan pemborosan bagi keuangan pribadi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kiranya membuat bakso bakar sendiri merupakan ide yang menarik. Pada kesempatan ini, kita akan membahas resep bakso bakar dengan rasa pedas yang khas yang pasti akan menggoda anda untuk membuatnya. Penasaran? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Baca: Resep Membuat Bakso Sederhana Yang Enak Dan Lezat

Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bakso bakar yang lezat, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Nah, pertama, anda harus membuat baksonya terlebih dahulu. Untuk membuat bakso, anda membutuhkan beberapa bahan, seperti:
- 250 gr daging ayam cincang
- 500 gr tepung terigu
- 1 butir telur
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa

Setelah bahan siap, mulailah membuat bakso. Langkah yang diperlukan untuk membuat bakso tersebut adalah mencampur daging yang sudah dicincang dengan tepung terigu dan semua bahan dalam panci yang besar. Setelah itu, aduk rata dan masukkan ke dalam mesin penggiling untuk membuatnya menjadi lembut. Setelah lembut, taruh di wadah lalu uleni dan tambahkan sedikit tepung terigu hingga kalis.

Bentuk bakso dengan bantuan sendok dengan ukuran yang tidak terlalu besar sesuai dengan selera. Masukkan bakso yang sudah berbentuk bulatan pada air hangat yang sebelumnya sudah disiapkan. Ulangi hingga adonan habis. Setelah adonan habis dan bakso terbentuk seluruhnya, panaskan bakso dalam wadah tersebut hingga mendidih dan matang. Bakso yang matang akan mengambang di permukaan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan bakso lalu tunggu hingga dingin.

Persiapan bakso bakar
Untuk membuat bakso bakar pedas istimewa, tentu anda membutuhkan bumbu yang lengkap. Nah, bumbu yang diperlukan dalam hal ini adalah:

- Bawang merah
- Kecap manis pedas
- Cabe rawit sesuai selera bergantung tingkat kepedasan
- Cabe merah dibuang bijinya
- Bawang putih
- Sedikit garam

Baca: Resep Membuat Bakso Dari Daging Sapi Yang Kenyal Dan Bebas Pengawet

Cara membuat bakso bakar

Setelah semua siap, termasuk bakso yang sudah di rebus dan matang, maka bakso bakar siap untuk dibuat. Nah, cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara:

1. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan hingga tercampur. Panaskan wajan dan berikan sedikit minyak. Api kompor jangan terlalu besar

2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan kecap manis pedas dan kecilkan api.

3. Siapkan bakso dan masukkan ke dalam wajan tersebut. Aduk perlahan dan pastikan seluruh bumbu meresap dengan sempurna

4. Angkat bakso dan tiriskan

5. Ambil tusuk sate dan tusuk bakso

6. Siapkan panggangan dan bakar bakso perlahan hingga kecokelatan. Anda juga bisa mencampurkannya dengan bumbu kembali ketika dirasa kurang pedas

7. Siap disajikan bersama dengan teh hangat.

Nah, bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat bakso bakar tersebut? Anda bisa menghidangkan menu bakso bakar ini dengan lebih cantik dengan menambahkan beberapa hiasan, seperti selada, kentang, dan lainnya. Untuk inovasi lain, anda bisa saja mencari resep bakso bakar lainnya dengan bumbu yang berbeda untuk cita rasa yang berbeda pula. Ajak rekan atau keluarga anda untuk mencoba resep ini dan menikmati bakso bakar sendiri tanpa harus antri.

Menghasilkan : 40 tusuk
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam
Deskripsi: resep bakso bakar memberikan inspirasi bagi anda untuk membuat jajanan yang sedang digemari oleh masyarakat di sekitar kita.

Baca: Resep Hidangan Bakso Urat Sederhana Yang Nikmat





0 komentar