Resep Bakso Barbel Ala Agung Hercules

Agung Hercules, salah satu artis Indonesia, baru-baru ini membuka usaha kuliner yang baru. Ya, Agung yang memiliki badan bak binaragawan ini membuat kedai bakso barbell. Cukup unik, bukan? Bakso memang menjadi menu andalan dan favorite bagi kebanyakan orang. Nah, Agung mencoba membuat inovasi yang nyentrik dengan membuat bakso berbentuk barbell yang tentu saja akan membuat anda merasa penasaran. Namun, anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk kemudahan. Dalam kesempatan ini, kita akan berbincang tentang resep dari bakso ala Agung Hercules ini. Penasaran? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Baca: Resep Bakso Solo Yang Menggugah Selera

Bahan bakso yang dibutuhkan

Untuk membuat menu ini, ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan. Bakso buatan Agung ini menggunakan daging sapi untuk bahan utamanya. Nah, bahan-bahan yang digunakan diantaranya adalah:

- 500 gr daging sapi
- 1 sdt lada bubuk
- 50 gr es batu
- 100 gr tepung sagu
- 1 butir telur
- 250 gr bawang putih
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya, opsional

Sedangkan bahan untuk membuat kuah adalah:
- 250 gr bawang putih potong halus
- Tulang sapi secukupnya
- 3 liter air
- Lada bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- 1 sdt pala bubuk

Baca: Resep Bakso Bakar Pedas Dan Menggoda

Cara membuat bakso

Hal yang khas dari menu bakso barbell adalah bentuk baksonya yang menyerupai barbell. Nah, untuk pembuatan bakso ini, ikuti beberapa langkah berikut:

1. Campur daging sapi dengan semua bahan yang disediakan kecuali tepung sagu. Aduk perlahan hingga tercampur lalu masukkan pada food processor atau mesin penggiling

2. Tunggu beberapa waktu sampai dirasa semua bahan sudah tercampur dengan sempurna

3. Ambil adonan yang masih basah dan tempatkan di wadah besar

4. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di uleni dengan sabar. Uleni hingga adonan benar-benar kalis sehingga siap dicetak

5. Ambil cetakan berbentuk barbell lalu masukkan adonan dengan cara di injek. Ada mesin khusus pemanas bakso untuk membuat bakso ini sehingga bakso tidak perlu direbus untuk dimatangkan

6. Ulangi cara ini hingga adonan bakso habis

7. Tiriskan bakso

Cara membuat kuah
Setelah adonan bakso sudah selesai, kita beranjak untuk membuat kuah. Nah, untuk membuat kuah ini, caranya cukup mudah. Pertama, siapkan 3 liter air di panci dan panaskan dengan api yang sedang dan masukkan tulang sapi ke dalamnya. Sembari menunggu mendidih, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan api kecil hingga harum. Masukkan bumbu tersebut ke dalam kuah yang direbus dan tunggu hingga mendidih. Beri penyedap untuk memperkuat rasa.

Nah, kini kita sudah punya bakso berbentuk barbell yang unik dengan kuahnya yang segar. Untuk penyajian, ada beberapa tambahan bahan yang diperlukan, seperti:

- Bihun, rebus sebentar
- Mie kuning, rendam dengan air panas lalu tiriskan
- Pangsit goreng
- Daun seledri
- Bawang goreng
- Saus, sambal dan kecap secukupnya

Jika semua bahan dan pelengkap sudah siap, maka saatnya kita menyajikan bakso ini. Ambil mie dan taruh di mangkuk yang sudah disediakan. Berikan garam dan penyedap lalu ambil bakso berbentuk barbell yang sudah ditiriskan. Guyur dengan kuah yang panas lalu taburi dengan bawang goreng, seledri dan tambahkan pangsit. Berikan saus, sambal dan kecap sesuai selera.

Agung Hercules menyajikan baksonya lengkap dengan piring dan sendok yang menyerupai barbell. Namun, anda tentu tidak perlu menirunya untuk hidangan di rumah anda. Sekian penjelasan bakso barbell ala Agung Hercules yang unik. Selamat mencoba!

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Sederhana Yang Enak Dan Lezat

0 komentar