Resep Bakso Tahu Ikan Goreng Dan Sambal Kecap

Bingung ingin membuat camilan yang enak dan sehat? Anda tidak perlu bingung karena bakso tahu dapat menjadi ide yang unik untuk dikerjakan. Ya, camilan ini merupakan salah satu camilan yang digemari oleh semua kalangan. Rasanya yang enak dengan aroma ikannya yang terasa tentu saja membuat lidah anda merasa dimanjakan. Tidak ada salahnya anda mencoba membuat resep ini di rumah bersama dengan rekan anda. Selain itu, cobalah menyajikan menu ini dengan sambal kecap. Pernahkah anda melihat menu ini sebelumnya? Jika belum, maka saatnya kita mencoba untuk inovasi yang unik!


Baca: Cara Membuat Bakso Tahu Dengan Sambal Tomat

Bahan yang diperlukan

Untuk membuat camilan ini, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut tentu saja akan mempengaruhi hasil dari masakan anda. Nah, dalam hal ini, anda tidak perlu khawatir karena bahan yang digunakan cenderung mudah ditemukan di sekitar kita. Untuk bahan yang dibutuhkan, kita akan membahas bahan untuk tahu terlebih dahulu. Untuk membuat menu tahu, beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

- 10 buah atau sesuai selera tahu pong goreng kotak. Potong serong dan keruk sedikit di bagian tengahnya
- 150 gr daging ikan tengiri yang sudah dibersihkan sebelumnya
- 50 gr daging ayam bagian kecil dan iris kecil-kecil
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 2 butir telur
- 1 sdm bawang merah goreng
- ½ sdt merica bubuk
- ½ sdt gula pasir
- 1 sdt garam atau kaldu ayam
- 100 gr tepung tapioca
- 2 batang daun bawang iris halus
- 1 buah wortel, iris halus atau serut

Setelah bahan bakso tahu ikan siap, maka selanjutnya kita menyiapkan bahan untuk sambal kecap. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat sambal kecap adalah:

- 5 sdm kecap manis
- 5 cabe rawit merah
- 4 cabe rawit hijau
- 3 siung bawang merah
- 1 buah tomat
- ½ sdt air jeruk nipis
Baca: Resep Bakso Barbel Ala Agung Hercules

Cara membuat menu bakso tahu ikan

Setelah semua bahan baik untuk menu tahu maupun sambal kecap sudah siap, langkah selanjutnya adalah cara pembuatan. Untuk cara pembuatan, pertama kita akan membahas cara untuk membuat menu tahu terlebih dahulu. Adapun cara pembuatannya adalah:

1. Masukkan daging ayam, ikan tengiri, bawang putih, bawang merah goreng, bumbu lain dan telur ke dalam food processor. Proses adonan hingga lembut dan tuang dalam wadah

2. Adonan yang sudah halus dan lembut ditambahkan tepung sambil di uleni perlahan. Tambahkan pula wortel dan juga daun bawang. Aduk kembali hingga kalis

3. Jika sudah kalis, ambil tahu lalu isikan adonan pada lubang tahu pong. Ulangi hingga tahu sudah terisi semua. Setelah itu, kukus selama 20an menit hingga matang

4. Ambil wajan dan panaskan minyak goreng dengan api sedang

5. Kocok telur atau buat adonan tepung untuk celupan

6. Celupkan tahu ke dalam adonan tersebut lalu goreng hingga keemasan

Nah, tahu yang sudah matang bisa ditirikan terlebih dahulu sembari membuat sambal kecap. Untuk membuat sambal kecap, cara yang perlu dilakukan cukup sederhana, yaitu:

1. Buang biji tomat dan potong kecil-kecil

2. Iris cabe dan bawang merah kecil-kecil

3. Campurkan kecap manis, tomat, bawang dan juga cabe tersebut ke dalam mangkuk atau wadah kecil

4. Tambahkan perasan air jeruk nipis

5. Sambal siap disajikan

Untuk penyajian bakso tahu ikan ini, ambil beberapa tahu dan tempatkan di piring dengan cawan kecil untuk sambal kecap. Selamat mencoba.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Solo Yang Menggugah Selera






0 komentar