Resep Membuat Bakso Terbesar Dan Jumbo Yang Nikmat

Salah satu bakso yang sering menjadi favorite dari masyarakat adalah bakso jumbo. Ya, bakso yang memiliki ukuran yang relative besar ini sering menjadi pilihan karena dianggap memiliki rasa yang lebih mantap dibandingkan dengan variasi yang lain. Dewasa ini, banyak beberapa warung bakso terbesar yang muncul di beberapa ruas jalan yang menyajikan variasi bakso yang menggoda.


Namun, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat sendiri bakso berukuran besar ini di rumah. Dengan membuat bakso jumbo ini di rumah, tentu saja anda akan mendapatkan pengalaman yang baru dan rasa yang lebih puas untuk menikmatinya. Dalam kesempatan ini, kita akan membagikan resep bakso jumbo yang nikmat untuk dicoba di rumah. Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Baca: Resep Bakso Ikan Tenggiri Nikmat Dan Menggoda

Bahan bakso jumbo

Untuk membuat bakso jumbo ini, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat variasi bakso ini termasuk cukup mudah didapatkan di sekitar anda. Nah, dalam pembuatannya, anda bisa menggunakan beberapa jenis daging, seperti daging sapi atau daging sapi. Namun, kita akan menggunakan daging sapi dalam resep ini. Bahan yang dibutuhkan adalah:
- 2 kg daging sapi
- 500 gr tepung terigu
- 2 butir telur
- 6 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- Air es secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya

Bahan untuk kuah:
- 4 liter air
- 250 gr tulang sapi
- Lada secukupnya
- 3 butir kemiri
- 8 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 3 bungkus kaldu sachet

Bahan pelengkap:
- 200 gr mie kuning rebus
- 150 gr mie bihun rebus
- 150 gr tauge
- Sawi hijau secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Seledri secukupnya

Baca: Resep Bakso Kotak Dengan Daging Sapi

Cara membuat bakso

Setelah beragam bahan untuk pembuatan bakso terbesar istimewa sebagaimana di atas sudah siap, maka kita beralih ke cara pembuatan bakso. Cara pembuatan bakso sebenarnya cukup mudah dan juga sederhana. Untuk proses pembuatan, ikut beberapa langkah pembuatan di bawah ini:

1. Untuk membuat bakso, giling daging sapi hingga lembut. Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan tepung sagu serta air es secukupnya.

2. Setelah itu, giling lagi hingga lembut.

3. Tambahkan garam, lada dan penyebab. Tambahkan tepung jika kurang dan uleni hingga menjadi kalis

4. Setelah adonan kalis, adonan bakso siap untuk dicetak.

5. Karena kita akan membuat bakso jumbo, maka buatlah bulatan bakso dengan ukuran yang besar sesuai dengan keinginan anda

6. Masukkan bakso yang sudah terbentuk dalam air yang sudah mendidih. Lakukan hingga adonan habis dan didihkan bakso hingga matang dan bakso terlihat mengambang. Tiriskan bakso.

7. Untuk membuat kuah bakso, haluskan bawang merah, bawang putih dan juga kemiri.

8. Setelah itu, tumis bumbu halus tersebut hingga harum.

9. Masukkan bumbu halus dalam air yang sudah direbus di panci besar dengan api yang sedang.

10. Tambahkan tulang sapi dan juga penyedap secukupnya. Masak hingga mendidih dan matang.

Nah, dari proses tersebut, kita bisa melihat bahwa cara membuat bakso tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Setelah bakso dan kuah matang, maka langkah selanjutnya adalah penyajian. Untuk penyajian bakso jumbo ini, siapkan bahan pelengkap di dalam mangkuk dan berikan bakso jumbo dan guyur dengan kuah yang segar. Tambahkan pula kecap, sambal dan saos untuk sajian yang lebih nikmat. Selamat mencoba salah satu resep bakso terbesar ini.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Daging Sapi Yang Mantap
































0 komentar