Resep Bakso Ayam Istimewa

Bakso ayam merupakan hidangan ala Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Rasanya enak, aromanya khas, pastinya sangat pas dinikmati oleh semua kalangan maupun warga Negara manapun. Bikin sendiri lebih nikmat dan puas serta lebih aman. Bakso dapat dicampur dengan ayam atau ikan, tergantung selera. Resep berikut dibuat dengan campuran ayam. Berikut bahan yang perlu dipersiapkan.


Baca: Cara Membuat Bakso Mangkok Sendiri Di Rumah Anti Ribet!

Bahan-bahan:

- Daging ikan 500 gram
- Air es 125 ml atau secukupnya
- kecap ikan 1 sendok makan
- tepung maizena 2 sdm
- garam secukupnya (1 - 3 sdt)
- gula pasir setengah sdm
- baking powder 1/4 sendok teh
- baking soda setengah sendok teh
- merica bubuk 1/2 sdt
- kaldu bubuk (opsional) 1/2 sdt
- minyak goreng setengah sendok makan

Baca: Belum Banyak Yang Tahu Dengan Resep Rahasia Kelezatan Bakso Jawir

Cara Membuat

1. Siapkan daging ayam, potong kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam blender. Tambahkan 5 sendok makan air es sedikit demi sedikit hingga cincangan daging membentuk gumpalan.

2. Angkat lalu tuangkan ke dalam mangkuk besar. Masukkan sisa air es, kecap, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng serta tepung maizena dalam mangkok lain.

3. Tambahkan larutan tepung ke permukaan adonan ikan, campur perlahan. Biarkan cairan terserap. Setelah itu aduk hingga merata.

4. Sediakan mangkok yang didalamnya berisi air es. Ambil adonan dan bantingkan, jangan lupa basahi dulu tangan anda supaya tidak lengket. Lakukan smp 10x atau sampai gumpalan adonan terlihat lembut dan kenyal.

5. Permukaan mangkuk dialasi dengan plastik, taruh adonan dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.

6. Setelah 30 menit, keluarkan adonan. Ambil 1 sdm dengan menggunakan sendok lainnya, kemudian bentuk menjadi bulatan berdiameter kira-kira 1,5 cm. Setelah itu tuangkan ke dalam air panas. Lakukan sampai semua selesai.

7. Sesudah panci dipenuhi oleh adonan, kompor dihidupkan lagi. Rebus menggunakan api kecil. Air dimasak sampai mengeluarkan letupan-letupan kecil saja. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk hingga matang.

8. Jika anda belum tahu tingkat kematangannya, coba ambil satu baso kemudian belah. Jika masih berwarna pink, berarti belum matang.

9. Sediakan mangkok yang isinya air dan es batu, baso ditiriskan menggunakan saringan kawat, air disisihkan untuk kuahnya.

10. Bakso kemudian dimasukkan ke dalam air berisi es, rendam sampai dingin.

11. Bakso pun siap disantap.

Mudah bukan? Menyiapkan bakso untuk keluarga tidak usah beli di luar, hanya perlu memasak di rumah dengan memakan waktu tidak terlalu lama. Bakso adalah makanan ringan dan sederhana. Enak disantap dalam keadaan hangat, apalagi waktu hujan atau cuaca dingin. Dalam memasak memang diperlukan kesabaran dan taste yang bagus untuk menghasilkan hidangan mantap. Tidak harus memakai bahan yang sulit didapat, cukup menggunakan bahan di sekitar kita, bisa menghasilkan masakan istimewa. Indonesia kaya akan rempah-rempah. Rempah inilah yang diperlukan agar hasil hidangan terasa enak.

Kandungan protein ataupun vitamin ini sangat diperlukan sebagai asupan gizi bagi tubuh, khususnya d pagi hari agar bisa beraktivitas sebaik mungkin. Kandungan protein pada daging ayam bisa membangun sel-sel tubuh serta sangat baik bagi pertumbuhan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat makanan nikmat di pagi maupun siang hari. Caranya praktis dilakukan, bahannya ada di sekitar kita, rasanya pun mantap. Selamat mencoba resep bakso ayam.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Dan Cara Membuat Bakso Titoti Yang Melegenda

0 komentar