Resep Membuat Bakso Djingkrak Khas Kota Bandung

Kota bandung memang surganya kuliner. Ada banyak sekali makanan yang enak dan menggugah selera. Banyak orang bandung yang membuat makanan yang unik dan laris di pasaran. Ternyata kota bandung tidak hanya terkenal dengan siomay bandungnya saja. tapi ada makanan yang masih viral di bandung. Banyak diburu oleh semua orang dengan strategi marketing yang unik. Bakso tersebut bernama bakso djingkrak. Bagi orang bandung, pasti sudah tidak asing dengan kuliner yang sedang hits di kota bandung ini.


Sejak viral di sosial media, memang ada banyak sekali orang yang memburu makanan khas indonesia ini. apalagi jenis bakso ini berbeda dengan bakso pada umumnya. Ketika masuk ke dalam warungnya, anda akan dilayani oleh wanita-wanita yang berpakaian rapi dan seksi. Tidak seperti kedai warung bakso pada umumnya. Selain itu jenis baksonya juga bermacam. Ada bakso sapi, bakso isi keju, bakso pedas dan masih banyak lainnya. akan membuat anda semakin nikmat berada di kota bandung yang dingin. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membuat bakso sapi yang didalamnya isi keju.

Baca: Resep Bakso Sapi Kuah Yang Segar, Enak Dan Makyus

Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi Isi Keju

- 500 gram daging sapi, giling sampai halus
- 100 ml air es
- 150 gram tepung kanji
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1 sendok makan garam
- ½ sendok teh merica bubuk
- 150 gram keju, potong dadu

Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso Sapi Isi Keju
- 1 liter air bersih
- 250 gram tulang daging sapi
- Garam secukupnya
- Merica bubuk secukupnya
- 2 batang daun bawang ,iris

Baca: Macam-Macam Resep Kuah Bakso yang Enak Dan Segar

Cara Membuat Bakso Sapi Isi Keju

1. Campurkan daging giling dengan garam, bawang putih, garam dan merica bubuk. Uleni sampai halus dengan menambahkan air es sedikit demi sedikit. Usahakan rasa adonan baksonya sudah pas.

2. Panaskan air sampai mendidih, matikan kemudian masak dengan api kecil.

3. Ambil adonan bakso satu kepal, kemudian di dalamnya di isi dengan keju. Tutup kembali lalu masukan ke dalam air yang sudah di didihkan. Masak sampai matang. Jika sudah mengambang angkat.

4. Untuk membuat kuahnya, anda tinggal mendidihkan air yang ditambahkan dengan tulang sapi. Tambahkan garam dan irisan daun bawang.

Untuk penyajiannya, hampir sama dengan bakso pada umumnya. Bisa memakai mie kuning, mie putih. Kemudian ditambah dengan sayuran dan bumbu tambahan lainnya. ada yang ditambah dengan tahu dan pangsit. Untuk membuat bakso ayam isi telur, cara membuatnya hampir sama. Sebelum di rebus, anda memasukkan telur terlebih dahulu. lalu tutup dengan adonan daging sapi sampai tertutup dengan rapi.

Untuk telurnya juga harus direbus terlebih dahulu. jangan pakai yang mentah. Di rebus sedikit setengah matang. Jadi ketika di rebus bersama bakso akan semakin matang dengan sempurna. Mudah bukan? Bakso djingkrak ini memang sama dengan bakso pada umumnya. Hanya beda pada isi bakso dan cara penyajian. Apalagi ditambah dengan strategi pemasaran, membuat makanan ini semakin laris di pasaran. Bahkan warung makannya saat ini tidak hanya bisa ditemukan di bandung. Tapi di kota lain pun mulai anda. ingin mencobanya?kenapa tidak membuat sendiri di rumah. Selamat mencoba

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Lama persiapan : 1 jam
Waktu masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Daging Sapi Yang Kenyal Dan Enak

0 komentar