Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Super Endess

Siapa yang tidak menyukai bakso? Kuliner legendaris ini sangat mudah ditemukan dimanapun berada. Bila dilihat dari sejarahnya, bakso merupakan makanan asli dari China yang telah mendarah daging dan melegenda di Indonesia. Kuliner bakso selain sedap dan lezat juga dapat dinikmati banyak kalangan masyarakat, dari orang berkantong tebal hingga orang berkantong tipis. mulai dari orang tua hingga anak-anak semua suka menikmati bakso. Nah bila kalian ingin membuat bakso sendiri di rumah, simak yuk cara membuat bakso yang kenyal dan super endess berikut ini.


Baca: Resep Bakso Tahu Ikan Goreng Dan Sambal Kecap

Bahan yang diperlukan untuk membuat bakso

- 1 kg daging sapi giling
- 1 ons tepung kanji
- 1 sdm garam
- ½ sdt merica bubuk atau merica yang sudah dihaluskan terlebih dahulu
- 6 siung bawang putih kupas
- Penyedap rasa secukupnya
- Blender atau tumbukan.

Cara membuat bakso kenyal
1.Langkah awal yang harus dilakukan adalah menghaluskan bawang putih, dan campurkan dengan daging sapi giling, tepung kanji, penyedap rasa, garam serta merica bubuk.

2.Agar benar-benar tercampur rata, ambil sarung tangan plastik dan aduk menggunakan tangan.

3.Bila sudah rata, siapkan air dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Bentuk adonan tadi menjadi bentuk bulat (tidak usah terlalu besar dan tidak terlalu kecil) masukkan kedalam air yang telah mendidih tadi, lakukan langkah ini terus menerus hingga adonan habis. Bila bakso telah terangkat keatas permukaan air tandanya bakso telah matang. Angkat dan sisihkan dalam wadah.

Bahan kuah bakso
- Tulang bakso sesuai selera
- Air 1 liter (bisa ditambah)
- 5 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm garam
- 1 sdt merica bubuk
- Daun bawang sesuai selera, cincang halus
- Penyedap rasa

Baca: Cara Membuat Bakso Tahu Dengan Sambal Tomat

Cara membuat kuah bakso

1. Pertama rebus air bersama tulang sapi, sementara menunggu mendidih haluskan bawang merah dan bawang putih kemudian tumis sebentar hingga harum dan matikan api.

2. Bila air telah mendidih dan tulang sapi matang, masukkan bumbu yang telah ditumis tadi kedalamnya.

3. Tambahkan gula, garam, merica bubuk serta penyedap rasa.

4. Langkah akhir tinggal memasukkan daun bawang yang telah diiris halus tadi kedalam kuah. Tes rasa dan matikan api, kuah bakso siap disajikan.

Penyajian bakso sedap dan kenyal
Selagi kuah masih panas, kita dapat sesegera mungkin menyantap bakso lezat ini. Akan tetapi ada bahan yang tidak boleh terlupakan dalam penyajian. Siapkan mie kuning yang telah matang atau bisa digantikan dengan ketupat, tak lupa irisan sayur caisim didalamnya. Tambahkan bakso yang telah ditiriskan tadi dan sempurnakan dengan siraman kuah panas. Akan semakin nikmat bila ditambah sambal, kecap dan juga saus. Sedikit tambahan info, sebaiknya bakso jangan dimasukkan kedalam kuahnya terlalu lama, karena kekenyalan bakso akan menghilang bila lama-lama berada didalam kuah. Nah lebih baik bakso berada dalam keadaan dingin tidak masalah, baru ketika akan menyantapnya kita memasukkan bakso dingin secukupnya kedalam kuah mendidih dan segera angkat.

Bagaimana? sangat mudah bukan cara membuat bakso yang lezat, kenyal dan endess ini? terlebih lagi sebentar lagi idul adha, daripada bingung daging sapinya mau dimasak apa, mending dibuat bakso yang super lezat ini. Yakin nggak ngiler nih? Semoga bermanfaat dan menambah informasi kalian mengenai bakso ya, terima kasih.

Menghasilkan : 25 mangkok
Porsi : 25 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama memasak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Barbel Ala Agung Hercules

0 komentar