Resep Membuat Camilan Lezat Bakso Tahu

Bakso merupakan kuliner nusantara yang sangat merakyat. Hidangan ini banyak digemari oleh masyarakat, baik anak kecil maupun orang dewasa. Banyak pedagang keliling yang menggantungkan penghasilannya dengan berjualan bakso. Rasanya yang lezat dengan kuah yang selalu menggugah selera membuat bakso tak pernah sepi peminat. Dengan demikian, bakso sangat identik dengan makanan berkuah. Namun, kini bakso dapat Anda nikmati dalam berbagai bentuk dan tampilan, tak melulu dalam bentuk mangkok yang berkuah. Bahkan bakso pun dapat dijumpai sebagai cemilan, salah satunya adalah bakso tahu atau yang sering dikenal dengan sebutan tahu bakso.


Bakso tahu merupakan makanan hasil kombinasi dari dua bahan dasar utama yaitu daging giling dan juga tahu. Tahu yang digunakan bisa tahu putih ataupun tahu kulit yang berwarna coklat. Adonan bakso yang dimaksud biasanya merupakan adonan yang dibuat dari daging giling (baik sapi atau ayam) yang kemudian dicampur dengan tepung untuk selanjutnya dibumbui. Adonan daging giling tersebut tidak dibentuk bulat-bulat seperti bakso, akan tetapi langsung dijadikan sebagai isian tahu, sehingga jadilah bakso tahu atau juga biasa dikenal tahu bakso. Mudahnya adalah tahu yang berisikan adonan bakso.

Baca: Resep Bumbu Bakso, Rahasia Kelezatan Semangkok Bakso

Bakso tahu, Mudah Untuk Dibuat
Sebenarnya cara membuat bakso tahu sangatlah mudah dan sederhana sehingga dapat Anda praktekkan di rumah. Pertama siapkanlah bahan-bahan sebagai berikut:

- 20 biji tahu kulit (tahu yang sudah goreng, biasanya berwarna kecoklatan)
- 500 gram daging sapi atau daging ayam
- 150 gram tepung kanji atau tepung tapioka
- Es batu secukupnya
- Sedangkan untuk bumbu adonan bakso, siapkan bahan-bahan seperti:
- 6 butir bawang putih
- ½ sendok teh merica bubuk
- Garam secukupnya

Siapkan pula bumbu untuk air rebusan yang terdiri dari:
- 3 siung bawang putih
- ½ sendok teh merica bubuk
- Garam secukupnya

Baca: Cara Membuat Bakso Kuah Enak dan Lezat

Cara Membuat Bakso Tahu

1. Giling daging sapi atau daging ayam dengan menggunakan food processor. Setelah daging halus, masukkan potongan es batu dan tepung kanji. Setelah adonan tercampur rata, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Giling hingga adonan benar-benar halus dan tercampur rata.

2. Siapkan tahu yang akan diisi dengan adonan daging. Tahu yang semula berbentuk kotak, dapat dibagi menjadi dua dengan cara dipotong secara menyerong. Lalu, buatlah sayatan pada salah satu sisi tahu. Masukkan adonan daging giling ke dalam tahu hingga tahu terisi penuh. Lakukan hingga tahu habis, kemudian sisihkan.

3. Rebuslah air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan.

4. Masukkan tahu isi ke dalam air rebusan tadi. Tunggu kira-kira 20 menit, atau hingga bakso tahu matang. Bakso tahu yang telah matang akan mengapung. Angkat bakso tahu lalu tiriskan.

5. Sajikan bakso tahu bersama dengan sambal atau cabe segar. Nikmati selagi hangat.

Tips Membuat Bakso Tahu
Setelah bakso tahu matang, Anda dapat menikmatinya sebagai cemilan di saat santai. Namun Anda juga dapat menambahkan kuah yang dapat dibuat dengan menggunakan kaldu ayam atau kaldu sapi. Apabila Anda menginginkan variasi yang lain dari tahu bakso, cobalah dengan menggoreng tahu bakso tersebut. Caranya, kocoklah telur lalu masukkan bakso tahu ke dalamnya. Balurkan tahu ke dalam telur hingga merata. Setelah semua selesai, panaskan minyak dan goreng hingga berwarna kuning keemasan. Untuk info tambahan, apabila Anda kurang menyukai daging sapi, maka gunakanlah daging ayam sebagai bahan dasar membuat adonan isian tahu.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Resep Bakso Goreng Kriuk Dan Gurih

0 komentar