Cara Membuat Bakso Kuah Enak dan Lezat

Tahukah Anda lagu anak mengenai abang tukang bakso? “Bakso bulat seperti bola pingpong, kalau lewat membikin perut kosong.” Kurang lebih demikianlah, potongan lirik lagu anak yang populer pada masanya itu. Anda tentunya setuju dengan sebaris potongan lirik lagu anak tersebut. Faktanya, setiap kali abang bakso lewat, pasti yang tadinya kenyang pun mendadak menjadi lapar. Apalagi yang lewat adalah abang bakso langganan yang sudah dikenal enaknya. Anda pasti langsung ingin memesan semangkok bakso tanpa pertimbangan lagi. Hal ini wajar terjadi karena kelezatan bakso tersebut. Namun pernahkah Anda berpikir untuk mencoba membuat sendiri bakso kuah yang menjadi kegemaran Anda? Berikut akan disajikan resep membuat bakso kuah yang enak dan lezat.


Baca: Resep Bakso Goreng Kriuk Dan Gurih

Resep Praktis dan Mudah Membuat Bakso Kuah

Sebagaimana resep-resep masakan lainnya, bakso merupakan menu makanan yang dapat Anda buat sendiri. Asalkan Anda tahu bahan-bahan dan cara membuatnya, tentu akan sangat menyenangkan dapat membuat bakso sendiri. Apalagi ketika aktivitas memasak ini dilakukan di waktu senggang bersama orang-orang tersayang. Untuk membuat bakso kuah yang enak dan lezat, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan berkualitas yang dibutuhkan. Bahan-bahan untuk membuat bakso antara lain:
- 300 gram daging sapi (ambil daging bagian paha atas, lalu potong-potong daging menjadi kecil)
- 2 siung bawang putih
- 100 gram wortel (parut halus, lalu diperas)
- 75 gram tepung kanji
- ½ sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam halus
- 100 gram es batu (diblender kasar)

Selain bahan untuk membuat bakso, persiapkan pula bahan dan bumbu untuk membuat kuah bakso. Bahan dan bumbu tersebut antara lain:
- 3 siung bawang putih (cincang halus, lalu tumis sampai harum)
- 1 liter kaldu sapi
- 2 buah kaldu dadu instan rasa ayam
- ½ sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 batang daun bawang (iris halus)

Baca: Resep Membuat Bakso Raksasa Yang Mudah

Setelah bahan-bahan siap, saatnya memulai proses pembuatan bakso.

1. Masukkan semua bahan-bahan untuk membuat bakso ke dalam food processor. Lakukan proses ini hingga semua bahan halus dan tercampur rata.

2. Sementara proses penggilingan berlangsung, panaskanlah air (kurang lebih 2 liter) di dalam panci hingga mendidih.
3. Setelah adonan bakso selesai, bentuk adonan menjadi bulat-bulat dengan menggunakan tangan.

4. Masukkan adonan bakso yang telah berbentuk bulat ke dalam air mendidih. Rebus hingga matang, yang ditandai dengan bakso yang telah mengapung.

5. Angkat bakso, tiriskan dan biarkan dingin.

Sembari menunggu bulatan bakso matang, Anda dapat mempersiapkan untuk membuat kuah bakso. Langkah membuat kuah bakso antara lain:
1. Rebuslah air yang telah disiapkan.

2. Masukkan semua bumbu ke dalam air rebusan.

3. Setelah air mendidih sempurna, kuah bakso pun sudah matang dan siap untuk disajikan.

Untuk menambah kelezatan, tambahkanlah irisan daun bawang, irisan daun seledri, dan juga bawang goreng ke dalam mangkok bakso Anda. Dijamin kuah bakso akan terasa lebih harum dan sedap. Jangan lupa, tambahkan kecap, saos atau sambal sebagai bumbu pelengkap kuah bakso. Apabila Anda menyukai sayuran, dapat pula ditambahkan sawi hijau. Dan yang paling penting, untuk menambah sensasi gurih dan renyah, makanlah bakso kuah dengan ditemani pangsit ataupun kerupuk. Sajikan bakso kuah selagi masih panas. Makanan berkuah ini sangat cocok dihidangkan untuk menghangatkan tubuh, apalagi ketika turun hujan dan ditemani segelas teh hangat.

Menghasilkan : 20 mangkok
Porsi : 20 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak :2 jam

Baca: Resep Tahu Bakso Ayam Kukus Yang Laris Manis

0 komentar