Resep Bakso Goreng Kriuk Dan Gurih

Nama bakso pasti sudah tidak asing di kepala anda atau mungkin anda salah satu orang yang selalu menikmati bakso. Makanan ini pertama kali dikenalkan sebagai kuliner tionghoa. Mereka menyebutnya dengan kata bak-So. Berasal dari kata hokkien yang artinya daging babi giling. Tapi karena di indonesia banyak orang islam, akhirnya mengganti daging babi dengan daging ayam, daging sapi, ikan, udang dan lainnya. olahan bakso semakin bermacam-macam, tidak hanya yang berkuah saja. tapi juga ada yang di goreng. Resep bakso goreng itu sangat mudah dibuat. Bahan yang bisa anda temukan di pasar tradisional.


Penggemar gorengan, memang selalu menemukan olahan makanan. Termasuk bakso, banyak pedagang yang menjual bakso goreng di pinggir jalan. Bahkan ada yang di bakar. Bakso ini tinggal di makan dengan saus dan dijadikan cemilan. Nikmat dan enak. Bisa memakai daging udang, ikan, daging sapi atau daging ayam. Bahkan tidak memakai daging pun tidak masalah. Tergantung dengan selera. Bakso goreng ini bisa dijadikan sajian cemilan sore hari untuk pelengkap minum kopi atau minum teh. Mari kita bahas cara membuat bakso goreng yang kriuk dan gurih.

Baca: Resep Membuat Bakso Raksasa Yang Mudah

Bahan Utama Membuat Bakso Goreng
- 500 gram daging ayam filet
- 750 gram tepung sagu
- 25 gram tepung terigu
- 5 butir telur ayam
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu Bakso Goreng
- ½ sendok teh lada bubuk
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan garam
- Baking powder secukupnya

Baca: Resep Tahu Bakso Ayam Kukus Yang Laris Manis

Cara Membuat Bakso Bakar
1. Giling daging ayam sampai halus, anda bisa menambahkan sedikit daging udang giling jika suka. Tambahkan semua bumbu dan campur sampai rata. Pada saat mencampurkan, pastikan tidak ada bagian yang masih berbentuk daging utuh. Semuanya harus tercampur dengan rata.

2. Tambahkan tepung terigu dan tepung tapioka menjadi satu, ayak sebentar. Lalu tambahkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan daging. Aduk sampai rata.

3. Masukan juga telur yang sudah di kocok lepas ke dalam adonan. Aduk terus searah jarum jam sampai tidak lengket dan kalis.

4. Didihkan air sampai mendidih, kemudian kecilkan api. Pastikan air sudah mendidih sampai 100 derajat celcius, supaya bakso lebih cepat matang.

5. Ambil adonan bakso sedikit, bentuk bulat dan masak di dalam api yang mendidih. Angkat dan sisihkan.

6. Panaskan minyak untuk menggoreng, goreng bakso sampai matang dan berubah warna kekuningan. Goreng sampai kering supaya lebih enak.

Kini bakso goreng anda sudah bisa disajikan. Makan dengan saus sambal atau mayones. Lebih enak jika dimakan saat panas. Untuk variasi lainnya, anda bisa menambahkan isi bakso lainnya. Misalnya di isi keju atau cabai di dalam bakso. Ini akan membuat bakso semakin enak. Jika anda tidak suka daging ayam, bisa menggantinya dengan daging sapi. Yang sederhana, tak perlu menambahkan daging. Tinggal campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Lalu di goreng. Mudah bukan? Sekarang anda bisa membuat resep bakso goreng sendiri di rumah. Atau mungkin anda bisa menjualnya sebagai ide bisnis yang menguntungkan. Tak perlu bingung lagi mencari bakso goreng untuk cemilan. Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. selamat mencoba.

Menghasilkan : 15 mangkok
Porsi : 15 orang
Waktu persiapan : 30 menit
Lama masak : 1 jam

Baca: Resep Membuat Bakso Solo Samrat Yang Super Enak

0 komentar