Cara Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakso Kerikil

Anda suka makan bakso? Yuph, makanan ini merupakan salah satu masakan yang bisa dikatakan sebagai masakan selera rakyat yang mana hampir semua orang khususnya di Indonesia yang suka dengan santapan berkuah ini. mengenai asal mula dari masakan lezat ini, memang belum ada yang mengetahui secara pasti dari mana dan kapan bakso ini mulai menjadi selera dan pilihan bagi masyarakat Indonesia. Namun yang jelas, bakso merupakan salah satu masakan yang paling banyak diburu oleh para pecintanya. Ketika anda ingin menikmati masakan bakso ini, memang anda tidak perlu kesulitan. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan karena banyak warung bakso yang menjajakan menu andalan yang bisa anda temukan di pinggir jalan. Dewasa ini, memang begitu banyak jenis bakso yang bisa menjadi pilihan anda dan salah satu jenisnya ialah bakso kerikil.


bakso kerikil? Maksudnya bakso dicampur dengan kerikil? Tentunya bukan. Penyebutan tersebut bukan berarti bahwa masakan berkuah tersebut berisikan campuran bakso dan juga kerikil. Maksud dari penyebutan tersebut ialah bahwa bakso tersebut merupakan bakso yang berukuran kecil-kecil layaknya kerikil. Dengan demikian, ketika anda membeli masakan berkuah ini, anda akan menemukan banyak bakso yang menyerupai kerikil yang ada di dalam masakan anda. bakso ini muncul memang akhir-akhir ini yang mana sebelumnya juga muncul istilah bakso jumbo atau bakso raksasa yang mana, masakan tersebut banyak berisikan bakso yang cukup besar dan bisa jadi anda tidak akan habis untuk memakannya sendiri.

Baca: Resep Mudah Membuat Bakso Kuah

Cara Membuat Bakso Kerikil

Jika anda ingin menikmati masakan berkuah ini, memang anda bisa membelinya di warung-warung bakso yang mana anda akan mendapatkan antara 15 - 20 bakso kecil dalam mangkok anda, namun demikian, jika anda ingin membuat sendiri masakan berkuah ini, cara yang anda lakukan cukup mudah dan bahannya juga tidak sulit untuk didapatkan. Bagaimana caranya dan apa saja yang dibutuhkan? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Bahan-bahan
Untuk membuat masakan ini, bahan yang anda butuhkan sebenarnya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa anda dapatkan di pasar tradisional terdekat anda. apa saja bahan yang dibutuhkan? Berikut ialah bahan yang dibutuhkan.
- Daging sapi 750 gr
- Sagu tani 150 gr
- Putih telur 1 butir
- Bawang putih 3 siung yang sudah ditumbuk
- Bawang putih 5 siung sudah digoreng dan ditumbuk
- Esa batu secukupnya
- Gula, merica dan garam secukupnya

Baca: Cara Mudah Untuk Membuat Bakso Daging Sendiri

Cara Membuat Bakso kerikil
Untuk membuat bakso jenis ini sebenarnya sama dengan bakso yang lain, hal yang membedakan ialah ukuran bakso yang anda buat lebih kecil dibandingkan dengan ukuran yang standard.

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah dengan memisahkan daging sapi dengan lemaknya. Kemudian, anda bisa menambahkan es batu pada bakso yang sudah digiling. Setelah itu, semua bahan di atas ditambahkan ke dalam adonan tersebut. Setelah semua bahan merata, anda bisa membentuk bakso yang menyerupai bentuk kerikil. Anda bisa menggunakan tangan anda atau anda bisa juga menggunakan sendok untuk membentuk bakso tersebut.

Setelah itu, anda bisa merebus air pada panci dan tunggu sampai mendidih dan masukkan bakso yang telah dibentuk tersebut ke dalam panci. Setelah itu, anda bisa menunggu bakso tersebut matang dengan melihat apakah bakso tersebut sudah mengapung atau belum. Itulah cara membuat bakso kerikil.

Menghasilkan : 15 mangkok
Porsi : 10 - 15 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Sop Bakso Yang Menggugah Selera


0 komentar