Cara Mudah Untuk Membuat Bakso Daging Sendiri

Indonesia memang Negara yang kaya akan budaya dan juga hal lainnya salah satunya ialah kuliner lezat yang bisa anda temukan ketika anda berkunjung ke Indonesia. Jika berbicara mengenai kuliner Indonesia, anda akan menemukan banyak sekali kuliner khas Indonesia yang menyajikan berbagai jenis masakan. Dari Ujung barat hingga ujung timur Indonesia, masing-masing daerah tersebut mempunyai kekhasan masakan tersendiri. Misalnya, salah satu daerah yang mempunyai masakan yang khas ialah Palembang yang mana daerah tersebut merupakan daerah yang terkenal akan kuliner empek-empeknya. Itu baru satu daerah, banyak juga daerah lain yang menyediakan masakan yang khas yang bisa menggoyang lidah anda semua. Namun demikian, dalam kesempatan ini, saya tidak akan membahas masakan tradisional melainkan saya akan membahas masakan yang disukai banyak orang yakni bakso daging sapi. Masakan lezat ini memang sudah banyak yang jual namun demikian, dalam kesempatan ini saya akan memberikan cara buat bakso daging. Apa saja cara yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini? simak penjelasannya sebagai berikut.


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara buat bakso daging, masakan ini termasuk dalam masakan yang digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya warung bakso yang bisa anda temukan di berbagai pelosok negeri ini. baik di desa atau di kota, anda menemukan banyak warung bakso yang menawarkan bakso dengan berbagai rasa dan ukuran tentunya.

Baca: Sop Bakso Yang Menggugah Selera

Langkah Membuat Bakso Daging

Meskipun banyak warung yang sudah menjual dan menjajakan masakan berkuah ini, dalam kesempatan ini, saya akan memberikan resep atau cara yang bisa anda anda lakukan ketika anda ingin membuat sendiri. Membuat sendiri bisa menjadi pilihan yang pas ketika diluar sana kita tidak mengetahui kaitannya dengan daging dan kebersihan bakso yang dijual. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini? simak penjelasannya sebagai berikut.

Bahan-Bahan
Untuk membuat bakso bahan-bahan yang anda butuhkan tidaklah terlalu sulit untuk didapatkan. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut di pasar tradisional yang ada di daerah anda, bahkan bahan-bahan tersebut bisa anda dapatkan di warung kelontong dekat anda. apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ini? berikut ialah bahan-bahan yang dibutuhkan
- Daging sapi segar yang sudah dipisah dan usahakan tanpa lemak sebanyak 750 gr
- Sagu tani sebanyak 150 gr
- Putih telur 1 butir
- Bawang putih yang sudah ditumbuk sebanyak 3 siung
- Bawang putih yang sudah di goreng dan kemudian ditumbuk sebanyak 5 siung
- Esa batu kecil kurang lebih 200 gr
- Gula secukupnya
- Merica secukupnya
- Dan garam secukupnya

Baca: Bakso Iga Yang Lezat Dan Menggugah Selera Untuk Porsi Besar

Cara Membuat

Setelah anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, sekarang saatnya anda memasak masakan tersebut. Adapun cara yang bisa anda ikuti untuk memasak ialah sebagai berikut.

Pertama anda bisa menyiapkan daging sapi yang sudah dipisahkan dengan lemak jika ada. Setelah itu, anda bisa menghaluskan daging tersebut dengan menggunakan es batu. Setelah itu, anda akan melihat bahwa adonan tersebut akan terlihat lebih gelap warnanya daripada dengan daging sapi yang baru digiling. Menggunakan es batu merupakan salah satu langkah untuk menjaga kesegaran daging.

Setelah itu, anda bisa menambahkan sagu tani, putih telur, gula, bawang putih, merica ke daging dan anda juga bisa merebus air.
Langkah selanjutnya ialah anda bisa membentuk adonan tersebut menjadi bulat dan cemplungkan adonan tersebut ke dalam panci yang sudah dipanaskan. Tunggu hingga bakso mengapung dan matang. Itulah cara buat bakso daging yang bisa anda ketahui.

Menghasilkan : 10 mangkok
Porsi : 10 orang
Waktu persiapan : 1 jam
Lama masak : 2 jam

Baca: Bakso Super Jumbo Spesial Dan Mantap

0 komentar