Resep Masakan Kuliner Bakso Sapi Kenyal Yang Nikmat

Masakan kuliner nusantara bernama bakso merupakan sebuah hidangan yang sudah tidak asing lagi bagi warga Negara Indonesia. Hidangan yang satu ini banyak dimintai oleh masyarakat di daerah khatulistiwa tersebut. oleh karena itu, maka banyak warung makan dipinggir jalan yang menjual hidangan khas nusantara bernama bakso ini. Sebenarnya, anda sendiri juga bisa membuat kuliner ini di rumah. Di bawah ini terdapat ulasan tentang resep bakso sapi kenyal.

Baca: Cara Dan Bahan Untuk Membuat Bakso Ikan Tuna Lezat

Bahan Resep Bakso Sapi Kenyal

Sebagai sebuah masakan kuliner yang nikmat, bakso memiliki banyak penggemarnya. Pecinta masakan olahan daging sapi ini mulai dari pejabat sampai rakyat jelata. Hal ini lantaran harga dari kuliner ini yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Sebenarnya, membuat masakan ini sangatlah mudah asalkan tahu cara membuatnya. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk membuat masakan ini, alangkah baiknya anda mempersiapkan bahan resep bakso sapi kenyal terlebih dahulu.

Bahan bakso
- Daging sapi 1 kg
- Tepung kanji 100 gram
- Lada berbentuk bubuk 1 sendok teh
- Bawang putih yang telah digoreng 2 sendok makan
- Bawang merah yang digoreng 4 sendok makan
- Garam secukupnya
- Air 4000 ml
- Es batu sebanyak 80 gram

Bahan untuk bumbu bakso
- Bawang yang sudah digoreng dan dihaluskan sebanyak 14 siung
- Bawang merah yang digoreng dan dihaluskan 10 butir
- Kaldu rasa sapi sesuai selera
- Bawang goreng yang telah dihaluskan 1 sendok makan
- Garam dapur secukupnya
- Gula pasir 4 sendok teh atau sesuai selera
- Merica 1 sendok teh
- Daun bawang yang diiris tipis sebanyak 8 batang

Bumbu untuk kuah bakso
- Air 6000 ml
- Tulang iga sapi 400 gram

Langkah Mengolah Resep Bakso Sapi Kenyal

Apabila semua bahan untuk resep bakso sapi yang kenyal ini tersedia di dapur anda, tahapan berikutnya yaitu mengolah masakan tersebut. berikut ini proses pembuatan masakan kuliner yang terkenal ini.

Baca: Cara Mudah Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakso Kepala Sapi

Untuk Membuat Pentol Baksonya
1. Potonglah daging sapi dengan ukuran yang kecil dan cucilah dengan air sampai benar-benar bersih.

2. Siapkan wadah dan masukkan daging sapi, tepung kanji, bawang merah, bawang putih dan lada. Campurkanlah semua bahan tersebut sampai merata.

3. Masukkan daging sapi pada poin dua kedalam sebuah mesin penggilingan. Giling semua bahan tersebut sampai benar-benar halus dan semua bahan tercampur rata. Tambahkan es batu agar adonan tidak lembek.

4. Siapkanlah air dalam sebuah panci. Rebus air tersebut. masukkan adonan yang telah dibuat bualatan-bulatan. Tunggulah beberapa saat sampai mengambang.

5. Ambil dan tiriskan bulatan bakso yang telah mengambang. Letakkan pada sebuah wadah dan biarkan sampai dingin.

Untuk Membuat Kuah Bakso

1. Siapkanlah panci besar diatas kompor. Masukkan air sebanyak 6000 ml kedalamnya. Panaskan air tersebut sampai mendidih.

2. Tambahkanlah seluruh bumbu dan iga sapi kedalam panci tersebut. Aduklah dan tunggu sampai iga sapi benar-benar matang.

3. Tuangkan sisa kuah bakso kedalam panci tersebut dan campurkan sampai rata. Agar tetap panas, biarkanlah kuah ini berada diatas kompor dengan api yang menyala.

Untuk penyajiannya
1. Ambilah mangkok dan taruh pentol bakso kedalamnya. Tambahkan kuah sesuai selera anda.
2. Jika ada, anda juga bisa menambahkan bawang goreng, seledri yang telah diiris tipis, kecap, sambal dan saos. Dan hidangan bakso kenyal buatan sendiri siap untuk di santap.

Demikianlah cara membuat hidangan kuliner resep bakso sapi kenyal. Untuk mendapat rasa yang istimewa, perhatikanlah dalam penakaran semua bahannya. Selamat mencoba!.

Menghasilkan: 20 mangkok
Porsi: 20 orang
Waktu persiapan: 1 jam
Lama masak: 2 jam

Baca: Cara Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakso Kerikil

0 komentar